Cara Membuat Bisnis PPOB Agar Cepat Cuan!

Support on Jan 10, 2022 in Information

Setiap bulan seseorang harus membayar berbagai tagihan untuk rumahnya, seperti tagihan listrik, internet, telepon, air, dan tagihan lain secara rutin. Syarat pembayaran tersebut tidak boleh melebihi batas waktu yang ditentukan karena bisa mengakibatkan pembayaran denda dari keterlambatan tersebut.

Tidak sedikit orang yang sering membayar denda karena merasa repot untuk pergi ke tempat pembayaran masing-masing tagihan dan menunggu antrian. Belum lagi jika mereka memiliki tanggungan beberapa kredit sekaligus yang harus dibayarkan.

Untuk mengatasi hal ini, kini muncul peluang bisnis online untuk pembayaran semua jenis tagihan dalam satu tempat. Anda bisa membuka tempat pembayaran online atau yang biasa disebut dengan PPOB.

Apa itu PPOB?

PPOB atau yang dikenal juga dengan Payment Point Online Bank adalah usaha layanan keuangan yang membantu pelanggan untuk membayarkan tagihan yang harus mereka bayar setiap bulannnya.
Pembayaran tagihan di PPOB terhubung dengan sistem perbankan sehingga dapat dipercaya dan Anda bisa meraih calon pelanggan yang rutin menjadikan Anda sebagai tempat untuk bayar tagihan. Untuk pembayaran, semuanya dilakukan secara online, jadi Anda perlu memiliki koneksi internet yang memadai.

Apa saja jenis transaksi PPOB?

Jenis transaksi PPOB yaitu :

  • Transfer Uang Semua Bank
  • Produk Listrik PLN
  • Pembayaran Tagihan Telepon
  • Bayar dan Cek Tagihan PDAM
  • Cek dan Bayar Kredit Cicilan Motor
  • Bayar Tagihan TV Berlangganan
  • Pesan Tiket Bus Online
  • Agen Pulsa dan Kuota Internet
  • Tagihan iuran BPJS Kesehatan
  • Jual Voucher Game Online
  • Top Up Saldo Uang Elektronik
  • Beli Asuransi

Cara Memulai Bisnis PPOB

Berikut adalah beberapa tips & cara yang bisa Anda lakukan untuk memulai dan menjalankan bisnis PPOB:

Persiapkan Modal

Modal utama yang diperlukan untuk menjalankan peluang bisnis online ini adalah sebuah komputer beserta printer pendukungnya. Anda juga harus memiliki koneksi internet setiap saat dan kertas untuk bukti pembayaran.
Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan saldo untuk deposit dengan batas minimal yang tidak terlalu tinggi. Biasanya saldo awal ini cukup memerlukan uang sebesar seratus ribu rupiah.

Mencari Vendor

Banyak vendor penyedia PPOB yang mau memberikan kerja sama dengan pebisnis baru. Masing-masing vendor tersebut memiliki pelayanan dan cara penggunaan yang berbeda. Oleh karena itu, Anda harus pandai-pandai memilihnya. Usahakan mencari vendor dengan layanan yang lengkap dan mudah digunakan.
Mengenai keuntungan, Anda bisa mempertimbangkannya di akhir karena pelayanan lebih penting dibandingkan dengan harga. Dengan menyediakan pelayanan yang menyenangkan dan disukai pelanggan, tentunya akan lebih memudahkan bisnis Anda berjalan dengan lancar dan bisnis anda bisa lebih berkembang ke depannya.
Untuk Anda yang ingin membuat bisnis PPOB secara online, anda dapat membuatnya dengan mudah tanpa harus mengerti koding, misalnya dengan menggunakan jasa platform website PPOB siap operasional seperti W38S atau MixRadius. Anda cukup fokus untuk aspek pemasaran Anda!

Lokasi Yang Strategis

Bisnis ini memang seperti bisnis kebanyakan yang membutuhkan lokasi strategis. Meski bisnis ini memiliki tingkat permintaan yang tinggi, namun tetap saja bisnis ini membutuhkan lokasi yang mudah dijangkau. Maka untuk bisa menarik banyak konsumen, lokasi bisnis PPOB Anda harus mudah untuk dijangkau. Lokasi-lokasi seperti di daerah perumahan atau permukiman kelas menengah ke bawah merupakan salah satu tempat strategis yang bisa Anda pilih.

Saat ini, banyak PPOB yang dibayarkan secara online, Anda juga dapat memulai bisnis ini dengan modal sedikit. Buat website penerima tagihan/pembayaran Anda dan langsung mulai bisnis PPOB Anda.
Anda juga dapat menggabung model bisnis PPOB online dan offline. misalkan anda membayarkan tagihan secara online untuk customer-customer yang datang secara offline ke gerai Anda.

Pemasaran & Perluasan Usaha

Hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis PPOB adalah pemasaran dan perluasan usaha. Anda bisa melakukan pemasaran bisnis ini dengan gencar menyebar brosur ke rumah-rumah penduduk. Jangan lupa juga untuk memprioritaskan kepuasan konsumen supaya promosi bisnis PPOB Anda tersebar dari mulut ke mulut.
Anda dapat pula memanfaatkan sosial media untuk mendorong pertumbuhan bisnis yang Anda jalankan. Anda bisa memulai dengan membuat akun khusus untuk bisnis Anda. Jika sudah membuat akun bisnis, selanjutnya Anda bisa upload berbagai konten menarik mengenai bisnis Anda untuk menjaring lebih banyak pelanggan. Bangunlah engagement pelanggan terhadap usaha Anda melalui sosial media sekarang juga.

Cek tips lainnya melakukan pemasaran online disini.

Dengan hal ini selain Anda akan lebih bisa menarik peluang untung, Anda juga akan berpeluang memperkenalkan bisnis PPOB Anda dengan lebih luas kepada para pembeli produk atau voucher yang datang.

Fasilitasi Pelanggan untuk membayar di PPOB Anda

Mempermudah customer Anda dalam melakukan pembayaran tagihan. Automasikan bisnis Anda dengan payment gateway. Customer Anda bisa melakukan pembayaran selama 24/7 dimanapun kapanpun. Anda hanya cukup fokus mempromosikan bisnis Anda. Membuat customer menjadi nyaman & puas karena proses pembayaran berlangsung dengan cepat & real-time processing.

Demikian beberapa strategi meningkatkan keuntungan usaha PPOB kita. Bagi yang usaha PPOBnya masih berjalan lambat maka beberapa strategi diatas bisa menjadi acuan untuk mempercepat usaha PPOBnya supaya lancar.

Selain itu, kamu juga bisa mengintegrasikan bisnis PPOB-mu dengan payment gateway agar semakin mudah & cepat saat melakukan transaksi.

Tentu saja pelanggan kamu akan semakin puas jika pelayanan yang kamu berikan sangat cepat. Pastikan Payment Gateway yang kamu pilih telat mengantongi izin Bank Indonesia dan bersertifikat PCI-DSS seperti DUITKU, agar transaksi kamu berjalan dengan aman!

Urusan transaksi-mu aman bersama DUITKU!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.