FAQ

Temukan jawaban semua pertanyaanmu
Informasi Seputar Duitku
Umum
Apa itu Duitku?

Duitku adalah sebuah jasa Solusi Pembayaran dengan biaya MDR (Merchant Discount Rate) terbaik dari banyak Jalur Pembayaran di Indonesia. Kami adalah salah satu perusahaan pengelola pembayaran terkemuka di Indonesia. Sebagai penyedia jasa pembayaran anda, duitku dapat melayani pembayaran melalui kartu kredit, transfer antar bank dan internet banking langsung ke toko online anda.

Solusi Pembayaran adalah sebuah fitur dalam duitku yang memungkin anda mengurangi beban per transaksi dengan mengakumulasikan transaksi-transaksi dari merchant lain yang tergabung di duitku. Dengan bergabung dengan kami, kami dapat menyediakan MDR (Merchant Discount Rate) terbaik yang mungkin didapatkan dari banyak jalur pembayaran di Indonesia. Singkatnya, semakin banyak merchant yang bergabung dengan kami, semakin baik pula tarif per transaksinya.

Setelah anda terdaftar di situs Duitku, anda akan mendapatkan akses ke akun Duitku anda dimana anda akan di arahkan ke akun test (sandbox) anda.

1. Konfirmasi alamat email dan nomor telepon anda. Untuk dapat melakukan transaksi perbankan, sangatlah penting jika kami memiliki detil kontak anda yang benar dan akurat sehingga kami dapat dengan cepat mengaktifkan akun Duitku anda.

2. Sandbox (mode test) memungkinkan anda untuk mencoba menggunakan Duitku tanpa menggunakan uang yg riil. Anda dapat mengintegrasikan situs atau aplikasi anda menggunakan fitur checkout di sandbox dan gunakan kunci percobaan dalam project anda untuk memastikan semuanya bekerja dengan baik.

3. Mode Live Production (akun merchant) sebelum anda melakukan transaksi yang sesungguhnya, bisnis anda perlu persetujuan terlebih dahulu dari pihak duitku untuk keperluan transaksi perbankan dan informasi merchant. Sangat penting bahwa kami memiliki detil kontak yang akurat agar kami dapat dengan cepat mengaktifkan akun Duitku anda.

Untuk memastikan apakah bisnis anda memenuhi syarat untuk mendaftar, pertama-tama kami membutuhkan informasi pada form aktivasi merchant. Mohon unggah KTP dan NPWP anda dalam bentuk gambar. Informasi harus akurat seusai dengan data yang paling aktual untuk dapat mengaktifkan akun anda.

Personal : cukup dengan melampirkan foto KTP dan NPWP.

Perusahaan : memerlukan dokumen-dokumen legalitas perusahaan (Akta pendirian, NPWP, NIB/TDP, SIUP/Izin Usaha, SK Kemenkumham, dsb).

Merchant dapat mengajukan permintaan via email ke [email protected].

Tim verifikasi kami akan melakukan proses verifikasi dengan menghubungi anda ke nomor telepon yang terdaftar. Verifikasi dan pengaktifan akun akan di lakukan paling lama 3 x 24 jam. (Mohon pastikan nomor telepon yang anda daftarkan aktif dan diangkat saat tim verifikasi kami menghubungi.).

Memungkinkan (jika bisnis proses disetujui oleh Duitku).

Memiliki situs web yang aktif, up to date dan setidaknya memuat informasi mengenai profil perusahaan, alamat, nomor telepon dan produk.

Untuk login sebagai User Team yang berfungsi untuk pemisahan hak akses tergantung dari fungsi dari masing-masing personil anda, antara lain: Admin, Finance, Technical dan Approval.

Cara Pakai
Bisnis apa saja yang Duitku layani?

Mayoritas model bisnis dapat kami layani, tetapi ada beberapa pengecualian. Kami tidak menerima layanan dengan kontek yang memilki kriteria berikut:

  • Situs dengan konten ‘XXX’
  • Situs perjudian
  • Persenjataan
  • Narkoba dan segala perlengkapannya
  • Produk atau jasa ilegal atau terlarang lainnya
  • Perusahaan telemarketing beresiko tinggi (horoskop, prediksi atau ramalan dan sejenisnya)
  • Replika

Silahkan kunjungi halaman Daftar Harga untuk metode pembayaran yang tersedia.

Untuk memenuhi syarat regulasi dari Bank Indonesia, Duitku hanya dapat memproses transaksi menggunakan Rupiah (IDR). Anda perlu untuk mengkonversi nilai mata uang anda ke Rupiah jika anda menggunakan mata uang lain untuk bertransaksi di Duitku.

Kami menyarankan anda untuk TIDAK menggunakan format desimal untuk bertransaksi. Hal ini bertujuan untuk menghindari pending transaksi dari pihak bank.

Transaksi menggunakan kartu kredit dan gerai retail akan diselesaikan dalam waktu 4 (empat) hari kerja, sementara transaksi melalui jalur pembayaran lain (Virtual Account, Ewallet dan Pembayaran Kredit) akan diselesaikan dalam 2 (dua) hari setelah transaksi.

Untuk proses pencairan, anda dapat membuka menu Withdraw kemudian memilih sub menu Withdraw atau Instant Withdraw. Silahkan masukkan nominal dan pilih nomor rekening tujuan penarikan anda, kemudian tekan tombol request withdraw. Sistem Duitku secara otomatis melakukan validasi pada nomor rekening tujuan dan memunculkan Nama Penerima rekening, mohon pastikan nama yang muncul telah sesuai. Apabila telah sesuai maka anda dapat menekan tombol transfer dan melihat status penarikan.

Instant Withdraw: Pengiriman dana akan dilakukan secara real time, nominal maksimum: Rp. 25.000.000 – Rp. 50.000.000 tergantung batasan dari bank penerima. Dikenakan biaya Rp. 6.500 per transaksi.

Withdraw: Pengiriman dana akan dilakukan maksimal 1×24 jam pada hari kerja, maksimum Rp. 5.000.000.000/penarikan. Tidak dikenakan biaya transfer antar bank.

Karena ada selisih waktu settlement dimana dana yang sudah diterima di saldo anda namun belom dapat di withdraw karena masih dalam periode settlement.

Tidak perlu, status pembayaran akan terupdate secara sistem dan tidak perlu melakukan konfirmasi kembali.

Sampai saat ini Duitku belum menyediakan layanan refund transaksi. Seluruh proses refund akan ditangani oleh pihak merchant.

Mohon segera hubungi kami melalui live chat, email ke [email protected] atau anda dapat menelepon kami di 021-5303977 / 021-53652738 dan staff kami akan segera membantu anda.

Login ke akun Duitku anda dan menu Laporan dapat dibuka di daftar menu sebelah kiri. Masukkan filter laporan yang ingin anda lihat.

Mengintegrasikan pembayaran online dengan Duitku sangatlah mudah, integrasi web menggunakan API kami. (API doc: http://docs.duitku.com/docs-api.html) atau menggunakan plugin untuk e-commerce.

Duitku menyediakan plugin-plugin untuk platform e-commerce berikut:

  • JoomShopping
  • Magento
  • Prestashop
  • Woo Commerce
  • OpenCart
  • VirtueMart
  • WHMCS

Jika anda menemui kesulitan untuk berintegrasi dengan kami, jangan ragu-ragu untuk menghubungi kami melalui live chat, telepon ataupun email. Staff kami akan membantu anda dalam 24 jam.

Jumlah minimum per transaksi Rp. 10.000 (sepuluh ribu rupiah) dan jumlah maksimum yang berbeda-beda untuk masing-masing jalur pembayaran.

Jaminan Duitku
Keamanan
Bagaimana saya melindungi diri dari penipuan?

3-D Secure (3 Domain Secure), juga dikenal sebagai otentikasi pembayaran adalah sebuah protokol keamanan untuk mengurangi penipuan dalam transaksi kredit dan debit online. Saat ini, jasa ini ditawarkan oleh Visa dan Mastercard dengan istilah Verified by Visa and MasterCard SecureCode.

Otentikasi Pembayaran adalah proses tiga pihak. Pihak-pihak yang terlibat adalah: vendor, pengakuisisi (bank yang memproses pembayaran) dan penerbit kartu (contoh: Visa atau MasterCard).

Duitku juga menyediakan FDS (Fraud Detection System) untuk mencegah transaksi penipuan. Sistem kami menggunkan teknologi termutakhir untuk mempelajari transaksi terdahulu dan menggunakannya untuk menyaring permintaan transaksi baru.

SSL dan HTTPS
Kami menggunakan sertifikasi HTTPS di semua situs kami. Sebagai tambahan, kami secara rutin memperbarui sertifikat keamanan dan algoritma enkripsi kami. Sebagai merchant Duitku, anda tidak perlu memiliki sertifikasi HTTPS di situs anda. Tetapi bagaimanapun, kami menyarankan anda untuk menggunakannya.

OVO
Bagaimana cara mendaftar OVO di Duitku ?

Terdaftar sebagai merchant Duitku dan disetujui oleh pihak OVO sebagai merchant dari OVO

Jika pengajuan Merchant anda sudah disetujui oleh pihak OVO, tim kami akan membantu anda dalam proses integrasi dan uji coba transaksi OVO untuk akun anda

1 akun hanya diizinkan untuk menggunakan 1 project OVO.

Waktu settlement dana dari transaksi OVO adalah H+2 transaksi.

Bank
Bagaimana cara menambah atau merubah rekening bank ?

Untuk penambahan atau perubahan nomor rekening silakan mengirimkan permintaan ke email [email protected] menggunakan email anda yang terdaftar dengan melampirkan nomor rekening lama dan yang baru. Mohon pastikan nama pemilik rekening harus sesuai dengan nama perusahaan/individu yang terdaftar.

Transaksi akan di refund melalui bank penerima.

Tim verifikasi akan menghubungi nomor telepon yang terdaftar dalam maksimal 3 hari kerja setelah pendaftaran dan proses legalitas memerlukan waktu antara 1 hingga 2 minggu hari kerja.

Beberapa sebab proses verifikasi akun tidak disetujui:

  1. Merchant tidak bisa dihubungi melalui nomor telepon yang terdaftar.
  2. Merchant tidak menyertakan dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan wajib.
  3. Situs atau aplikasi Merchant belum aktif atau kontennya belum memenuhi syarat atau belum live.
Disbursement
Apa itu Disbursement ?

Disbursement adalah fitur Duitku yang berfungsi untuk pengiriman dana ke rekening bank dan e-wallet di Indonesia.

Dengan menghubungi tim Duitku via telepon, email ataupun sales representatif Duitku dan mengajukan permintaan penggunaan fitur Disbursement.

Untuk menggunakan layanan disbursement merchant di wajibkan registrasi menggunakan akun atas nama perusahaan dan di approve oleh pihak Duitku.

Batas nominal per transaksi disbursement:

  1. RTOL (Real Time Online Transfer): Min: Rp. 10.000, Max: 50.000.000, kecuali Bank Permata dan CIMB max: Rp. 25.000.000.
  2. SKN/LLG: Min Rp. 10.000, Max Rp. 500.000.000.
  3. RTGS Min Rp. 100.000.000, Max Tidak terbatas.

Dengan melakukan transfer ke rekening penampungan kami yang akan diinformasikan oleh tim operasional kami setelah akun anda aktif dan bisa melakukan transaksi.

Switching atas nama Perusahaan Merchant yang terdaftar di Duitku contoh: PT Kharisma Catur Mandala/[Nama Pelanggan].

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.