FAQ

Temukan jawaban semua pertanyaanmu

Umum

Duitku Payment Gateway memfasilitasi bisnis Anda agar Customer dapat melakukan pembayaran secara otomatis langsung di website atau aplikasi Anda.
Sebagai perusahaan PJSP atau Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran, Duitku dapat melayani pembayaran melalui kartu kredit, transfer antar bank, internet banking, e-wallet, gerai retail langsung ke toko online anda dengan biaya layanan terbaik.

Setelah anda terdaftar di situs Duitku, anda akan mendapatkan akses ke dashboard Duitku anda dimana anda akan diarahkan ke akun test (sandbox) anda.

  1. Konfirmasi alamat email dan nomor telepon anda. Untuk dapat melakukan transaksi perbankan, sangatlah penting jika kami memiliki detil informasi anda yang benar dan akurat sehingga kami dapat dengan cepat memverifikasi akun Duitku anda.
  2. Sandbox (mode test) memungkinkan anda untuk mencoba menggunakan Duitku tanpa menggunakan uang yg riil. Anda dapat mengintegrasikan situs atau aplikasi anda menggunakan fitur checkout di sandbox dan gunakan API key testing dalam project anda untuk memastikan semuanya bekerja dengan baik. Dapatkan API key (merchant key) dari dashboard > Project Saya > Tambah Project
  3. Mode Live Production (akun merchant) dapat diakses setelah data identitas dan website Anda diverifikasi oleh team Duitku. Setelah akun Anda aktif, anda dapat membuat project baru di mode production, dan menggantikan API key (merchant key) yang didapat dari mode sandbox untuk dapat mulai menerima pembayaran yang sebenarnya.

Dokumen legal yang dibutuhkan akan berbeda sesuai dengan jenis legalitas usaha Anda. Untuk merchant personal, Anda akan diminta untuk menyertakan KTP, NPWP dan bukti nomor rekening. Untuk merchant personal, KTP, NPWP, dan Akun Bank harus menggunakan nama yang sama. sedangkan untuk merchant perusahaan, Anda akan diminta menyertakan dokumen legalitas yang lebih menyeluruh,

Untuk detil dokumen yang harus disertakan dapat dilihat di https://docs.duitku.com/account/#aktivasi-akun

  1. Apabila masih berstatus Mahasiswa atau Pelajar, dapat memberikan Kartu Tanda Mahasiswa
  2. Untuk Ibu Rumah Tangga, dapat melampirkan NPWP Suaminya dan Kartu keluarga
  3. Apabila seisi rumah tidak memiliki NPWP, pendaftaran NPWP dapat dilakukan secara Online pada link berikut: https://ereg.pajak.go.id/login
    Pendaftaran akan memakan waktu + 30 menit. Anda dapat menyertakan tanda bukti/screenshot pendaftaran/pembuatan NPWP pada saat pendaftaran.
    ( tutorial )

Selain perbedaan dokumen yang dibutuhkan, proses registrasi untuk perusahaan mewajibkan penandatanganan perjanjian kerjasama yang akan dikirimkan oleh team Duitku.

Untuk panduan lengkap mengenai dokumen yang dibutuhkan, dapat dilihat di https://docs.duitku.com/account#aktivasi-akun

Pendaftaran yayasan mengikuti prosedur untuk pendaftaran perusahaan, dan menyertakan akta yayasan. Proses registrasi untuk yayasan mewajibkan penandatangan perjanjian kerjasama yang akan dikirimkan oleh team Duitku.

Merchant dapat mengunduh dokumen legalitas terbaru melalui portal OSS <oss.go.id>

Merchant dapat mengajukan permintaan via email ke [email protected]

Tim verifikasi kami akan melakukan proses verifikasi dengan menghubungi anda ke nomor telepon yang terdaftar. Verifikasi dan pengaktifan akun akan dilakukan paling lama 3 x 24 jam. Mohon pastikan nomor telepon yang anda daftarkan aktif dan diangkat saat tim verifikasi kami menghubungi.

Anda dapat membuat akun testing di website Duitku, namun proses verifikasi akun Duitku tetap mewajibkan merchant untuk memiliki website yang dapat diakses.

  • Memiliki informasi resmi terkait perusahaan (contoh: produk yang dijual jelas dan sesuai dengan izin usaha.
  • Memiliki contact info (contoh: nomor telepon, alamat dan email) yang dapat dihubungi.
  • Menerima pembayaran dalam atau dapat dikonversikan kedalam kurs Rupiah.

Merchant dapat menambahkan user sesuai dengan role yang diberikan pada fitur “User Team” yang terdapat di dalam dashboard merchant

Untuk login sebagai User Team yang berfungsi untuk pemisahan hak akses tergantung dari fungsi dari masing-masing anggota team anda, antara lain: Admin, Finance, Technical dan Monitor/Analis.

Tidak, Payment Gateway Duitku bukan platform pinjaman online.

Saat ini Duitku tidak menawarkan pinjaman pribadi atau produktif untuk bisnis.

Cara Pakai

Mayoritas model bisnis dapat kami layani, tetapi ada beberapa pengecualian. Kami tidak menerima layanan dengan konten yang memiliki kriteria berikut:

  • Situs dengan konten ‘XXX’
  • Situs perjudian
  • Persenjataan
  • Narkoba dan segala perlengkapannya
  • Produk atau jasa ilegal atau terlarang lainnya
  • Perusahaan telemarketing beresiko tinggi (horoskop, prediksi atau ramalan dan sejenisnya)
  • Replika

Silahkan kunjungi halaman Daftar Harga untuk metode pembayaran yang tersedia dan biaya transaksi masing-masing metode pembayaran.

Untuk memenuhi syarat regulasi dari Bank Indonesia, Duitku hanya dapat memproses transaksi menggunakan Rupiah (IDR). Anda perlu untuk mengkonversi nilai mata uang anda ke Rupiah jika anda menggunakan mata uang lain untuk bertransaksi di Duitku.

Kami menyarankan anda untuk TIDAK menggunakan format desimal untuk bertransaksi. Hal ini bertujuan untuk menghindari pending transaksi dari pihak bank.

Untuk proses pencairan, anda dapat membuka menu Withdraw di dashboard kemudian memilih sub menu Withdraw atau Instant Withdraw. Silahkan masukkan nominal dan pilih nomor rekening tujuan penarikan anda, kemudian tekan tombol request withdraw. Withdraw hanya dapat dilakukan untuk menarik dana ke nomor rekening yang telah didaftarkan sebelumnya. 

Setiap transaksi memiliki settlement time yang berbeda sesuai metode pembayaran yang digunakan. Uang yang masuk akan tercatat secara real time di dashboard, namun Anda harus menunggu waktu settlement time sebelum dapat melakukan proses withdraw.

Detail mengenai settlement time dapat dilihat di https://docs.duitku.com/dashboard-feature/withdraw/

Untuk menambahkan rekening bank yang terdaftar, Anda dapat mengirim email ke [email protected] dengan foto atau tangkapan layar rekening bank Anda terlampir pada surat. Rekening bank baru Anda akan ditambahkan sebagai rekening tujuan di menu drop down dalam waktu 1×24 jam (di hari kerja).

API Key dapat dilihat di dashboard, di dalam menu ‘Proyek Saya’. Klik tombol ‘edit proyek’ di bagian kanan proyek yang dimaksud untuk melihat detail proyek. Untuk meningkatkan keamanan akun Anda, API key dapat dilihat setelah memasukan password akun Duitku Anda.

Instant Withdraw: Pengiriman dana akan dilakukan secara real time, nominal maksimum: Rp. 25.000.000 – Rp. 50.000.000 tergantung batasan dari bank penerima. Dikenakan biaya Rp. 6.500 per transaksi.

Withdraw: Pengiriman dana akan dilakukan maksimal 1×24 jam pada hari kerja, maksimum Rp. 5.000.000.000/penarikan. Tidak dikenakan biaya transfer antar bank.

Karena ada selisih waktu settlement dimana dana yang sudah diterima di saldo anda namun belum dapat di withdraw karena masih dalam periode settlement.

Detail mengenai settlement time dapat dilihat di https://docs.duitku.com/dashboard-feature/withdraw/

Tidak perlu, status pembayaran akan terupdate secara sistem dan tidak perlu melakukan konfirmasi kembali.

Sampai saat ini Duitku belum menyediakan layanan refund transaksi. Seluruh proses refund akan ditangani oleh pihak merchant.

Mohon segera hubungi kami melalui live chat, email ke [email protected] atau anda dapat menelepon kami di 021-5303977 / 021-53652738 dan staff kami akan segera membantu anda.

Login ke akun Duitku anda dan menu Laporan dapat dibuka di daftar menu sebelah kiri. Masukkan filter laporan yang ingin anda lihat.

Lebih detail mengenai fitur laporan di dashboard Duitku di https://docs.duitku.com/dashboard-feature/report/

Mengintegrasikan pembayaran online dengan Duitku sangatlah mudah. Anda dapat melakukan integrasi web dan aplikasi mobile menggunakan API kami, atau menggunakan plugin untuk website berbasis platform CMS (content management system).

Cek lebih lengkapnya mengenai panduan integrasi di https://docs.duitku.com/payment-gateway/overview/

Duitku menyediakan plugin-plugin untuk platform e-commerce berikut:

  • JoomShopping
  • Magento
  • Prestashop
  • Woo Commerce
  • OpenCart
  • VirtueMart
  • WHMCS
  • Berdu
  • Mixradius

Jika anda menemui kesulitan untuk berintegrasi dengan kami, jangan ragu-ragu untuk menghubungi kami melalui live chat, telepon ataupun email. Staff kami akan membantu anda dalam 24 jam.

Jumlah minimum per transaksi Rp. 10.000 (sepuluh ribu rupiah) dan jumlah maksimum yang berbeda-beda untuk masing-masing jalur pembayaran.

Keamanan

3-D Secure (3 Domain Secure), juga dikenal sebagai otentikasi pembayaran adalah sebuah protokol keamanan untuk mengurangi penipuan dalam transaksi kredit dan debit online. Saat ini, jasa ini ditawarkan oleh Visa dan Mastercard dengan istilah Verified by Visa and MasterCard SecureCode.

Otentikasi Pembayaran adalah proses tiga pihak. Pihak-pihak yang terlibat adalah: vendor, pengakuisisi (bank yang memproses pembayaran) dan penerbit kartu (contoh: Visa atau MasterCard).

Duitku juga menyediakan FDS (Fraud Detection System) untuk mencegah transaksi penipuan. Sistem kami menggunakan teknologi termutakhir untuk mempelajari transaksi terdahulu dan menggunakannya untuk menyaring permintaan transaksi baru.

SSL dan HTTPS
Kami menggunakan sertifikasi HTTPS di semua situs kami. Sebagai tambahan, kami secara rutin memperbarui sertifikat keamanan dan algoritma enkripsi kami. Sebagai merchant Duitku, anda tidak perlu memiliki sertifikasi HTTPS di situs anda. Tetapi bagaimanapun, kami menyarankan anda untuk menggunakannya.

E-Wallet

E-wallet atau dompet elektronik adalah saldo yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran yang terintegrasi. Secara umum, E-Wallet adalah suatu sistem yang dikembangkan atau dibuat untuk bisa memudahkan setiap penggunanya untuk bisa melakukan transaksi.

Saat ini, Duitku dapat menerima pembayaran melalui e-wallet OVO, ShopeePay, Dana dan LinkAja. 

Setelah formulir pendaftaran merchant diverifikasi, dan merchant membuat project di mode production, team Duitku akan langsung mendaftarkan project merchant untuk jalur pembayaran QRIS dan E-wallet.

Merchant harus membuat project terlebih dahulu sebelum dapat membukakan jalur pembayaran e-wallet. 

Setelah formulir pendaftaran merchant diverifikasi, dan merchant membuat project di mode production, team Duitku akan langsung mendaftarkan proyek merchant untuk jalur pembayaran OVO.
Merchant harus membuat project terlebih dahulu sebelum dapat membukakan jalur pembayaran OVO.

Setelah akun pembayaran merchant OVO diverifikasi, Anda langsung dapat mengatur aktivasi metode pembayaran OVO melalui dashboard > ‘Proyek saya’ > tombol ‘Metode Pembayaran’

Integrasi jalur pembayaran OVO dapat dilakukan melalui plugins, atau melalui kode integrasi ‘OV’. Panduan lengkap integrasi API dapat dilihat disini

Biaya layanan kanal pembayaran OVO akan berbeda sesuai dengan produk yang dijual oleh merchant. Jika merchant menjual produk berbentuk fisik (pakaian, makanan, furniture, penyewaan kendaraan, dll), maka akan dikenakan biaya layanan OVO standard. Namun jika merchant menjual produk berbentuk digital (kelas online, pulsa, voucher, dll), maka akan dikenakan biaya layanan OVO (digital).

Saat tagihan dikirimkan, Duitku akan mengirimkan push notification ke aplikasi OVO customer. Saat membayarkan, OVO akan memberikan pilihan kepada customer jika customer ingin menggunakan OVO points. Dana yang masuk ke saldo dashboard merchant akan tetap mengikuti jumlah nominal tagihan.

Untuk melakukan testing pembayaran e-wallet OVO di mode sandbox, anda dapat menghubungi team Duitku melalui email [email protected] atau melalui live chat untuk mengajukan permintaan testing. Duitku akan mengatur jadwal testing bersama merchant.

Setelah formulir pendaftaran merchant diverifikasi, dan merchant membuat project di mode production, team Duitku akan langsung mendaftarkan akun merchant untuk jalur pembayaran ShopeePay.

Setelah akun pembayaran merchant ShopeePay diverifikasi, Anda langsung dapat mengatur aktivasi metode pembayaran ShopeePay melalui dashboard > ‘Proyek saya’ > tombol ‘Metode Pembayaran’

Integrasi jalur pembayaran ShopeePay dapat dilakukan melalui plugins, atau melalui kode integrasi ‘SA’. Panduan lengkap integrasi API dapat dilihat disini 

Biaya layanan kanal pembayaran ShopeePay akan berbeda sesuai dengan produk yang dijual oleh merchant. Jika merchant menjual produk berbentuk fisik (pakaian, makanan, furniture, penyewaan kendaraan, dll), maka akan dikenakan biaya layanan ShopeePay standard. Namun jika merchant menjual produk berbentuk digital (kelas online, pulsa, voucher, dll), maka akan dikenakan biaya layanan ShopeePay (digital).

Saat tagihan dibuat, Duitku akan membuka aplikasi Shopeepay customer untuk menyelesaikan tagihan. Saat membayarkan, ShopeePay akan memberikan pilihan kepada customer jika customer ingin menggunakan Shopee Koin. Dana yang masuk ke saldo dashboard merchant akan tetap mengikuti jumlah nominal tagihan. 

Informasi mengenai promo akan langsung disampaikan oleh provider penyedia e-wallet. Merchant akan langsung menerima dana secara penuh di dashboard (kecuali dalam promo co-funding)

Untuk melakukan testing pembayaran e-wallet ShopeePay di mode sandbox, anda dapat mendownload dan menggunakan aplikasi berikut untuk melakukan simulasi pembayaran. 

Setelah formulir pendaftaran merchant diverifikasi dan merchant membuat project pada mode produksi, merchant dapat menghubungi [email protected] untuk membuka channel pembayaran Dana.

Setelah formulir pendaftaran merchant diverifikasi, dan merchant membuat project di mode production, team Duitku akan langsung mendaftarkan proyek merchant untuk jalur pembayaran Dana.
Merchant harus membuat project terlebih dahulu sebelum dapat membukakan jalur pembayaran Dana.

Setelah akun pembayaran merchant Dana diverifikasi, Anda langsung dapat mengatur aktivasi metode pembayaran Dana melalui dashboard > ‘Proyek saya’ > tombol ‘Metode Pembayaran’

Integrasi jalur pembayaran Dana dapat dilakukan melalui plugins, atau melalui kode integrasi ‘DA’. Panduan lengkap integrasi API dapat dilihat disini

Setelah formulir pendaftaran merchant diverifikasi, dan merchant membuat project di mode production, team Duitku akan langsung mendaftarkan akun merchant untuk jalur pembayaran LinkAja.

Setelah akun pembayaran merchant LinkAja diverifikasi, Anda langsung dapat mengatur aktivasi metode pembayaran LinkAja melalui dashboard > ‘Proyek saya’ > tombol ‘Metode Pembayaran’

Integrasi jalur pembayaran LinkAja dapat dilakukan melalui plugins, atau melalui kode integrasi ‘LA’. Panduan lengkap integrasi API dapat dilihat disini 

Setiap akun hanya dapat mendaftarkan 1 project yang menggunakan jalur pembayaran OVO dan Dana.

Namun, untuk jalur pembayaran e-wallet lainnya atau QRIS, merchant dapat membukakan metode pembayaran berikut untuk lebih dari satu project di akun yang sama

Limit nominal transaksi yang dapat dibayarkan akan disesuaikan dengan limit pembayaran akun e-money yang dimiliki oleh user/customer. Dimana jika user memiliki premium account, user dapat membayarkan nominal sampai dengan 10-20 juta rupiah dan jika user hanya memiliki basic account, user hanya akan dapat membayarkan nominal sampai dengan 2 juta rupiah

Waktu settlement dana dari transaksi E-wallet adalah H+2 transaksi.

Customer tetap akan mendapatkan notifikasi dari e-wallet yang digunakan, namun mereka akan diminta untuk melakukan top up terlebih dahulu sebelum dapat menyelesaikan pembayaran. Apabila customer tidak menyelesaikan pembayaran dalam jangka waktu yang ditentukan, transaksi akan dianggap tidak berhasil.

Anda dapat menghubungi customer service kami melalui live chat atau mengirimkan email ke [email protected] dengan screenshot bukti transaksi. Team kami akan langsung melakukan pengecekan transaksi terkait.

Untuk saat ini, proses refund dilakukan oleh pihak Merchant. Apabila dana telah masuk  ke dashboard, Anda dapat mengirimkan dana kembali secara manual atau melalui fitur disbursement Duitku (harga dan ketentuan berlaku).

 

Semua transaksi akan tercatat di dashboard, di menu “Laporan Proyek Merchant”. Anda dapat menyaring transaksi berdasarkan metode pembayaran (kolom ke-3, semua PG), untuk melihat transaksi yang dibayarkan melalui e-wallet.

Virtual Account

Virtual account (VA) adalah salah satu cara pembayaran dengan rekening bank yang bersifat virtual atau rekening yang sementara. Virtual account terdapat nomor ID yang dibuat oleh bank khusus untuk melakukan satu proses transaksi pembayaran yang terkait.

Transfer bank dilakukan ke rekening tujuan perseorangan/perusahaan tertentu. Nominal akan ditentukan oleh pengirim dan biasanya pengirim akan melakukan konfirmasi setiap setelah selesai melakukan transfer.

Virtual account biasanya dibuat untuk automasi konfirmasi pembayaran. Dimana biasanya perusahaan akan membuat satu rekening virtual khusus untuk melakukan transaksi pembayaran yang terkait. Virtual account ini dapat juga mengandung informasi nominal saldo yang harus dibayarkan, sehingga mengurangi kesalahan pembayaran (human error) dari pihak customer. Rekening khusus ini memungkinkan sistem untuk melakukan pengecekan secara otomatis setiap kali ada dana yang masuk, sehingga status transaksi dapat langsung terupdate secara real time.

Untuk daftar bank yang telah bekerjasama dengan Duitku untuk menyediakan pembayaran virtual account dapat dilihat disini 

Nama yang tertera di tagihan ATM/Mobile Banking/Internet Banking merchant dapat diatur saat melakukan integrasi melalui parameter ‘customerVaName’ 

Apabila merchant tidak mengatur parameter ini, nama yang tertera akan secara langsung merupakan nama toko di project merchant.

Untuk saat ini, virtual account BCA hanya dapat dibukakan oleh merchant dengan legalitas bisnis perusahaan. Merchant yang ingin membukakan jalur pembayaran VA BCA akan diminta untuk melampirkan rekening BCA atas nama perusahaan merchant.

Bagi Merchant individu yang ingin membukakan pembayaran melalui bank BCA, Anda dapat menggunakan pembayaran melalui QRIS. QRIS dapat dibayarkan oleh customer melalui m-banking BCA dan berbagai aplikasi perbankan lainnya

Ada 2 jenis virtual account yang dapat dipilih dalam menggunakan virtual account, yaitu fixed dan dynamic virtual account number. 

Untuk fixed VA number, merchant akan memberikan nomor tersendiri yang dikaitkan dengan masing-masing anggotanya. Untuk fixed VA number, merchant dapat memilih untuk menggunakan nominal closed amount ataupun open amount

Untuk dynamic VA number, nomor transaksi akan selalu berubah setiap kali customer melakukan checkout, karena virtual account ini akan dikaitkan dengan transaksi yang terkait tersebut.

Fixed virtual account hanya dapat digunakan oleh merchant yang terdaftar sebagai perusahaan. Untuk menggunakan fitur ini, merchant dapat langsung menghubungi team Duitku atau mengirimkan email ke [email protected]

Team Duitku akan memberikan awalan prefix virtual account (5-6 nomor di awal VA). 

Integrasi untuk fixed VA akan berbeda dari dynamic VA, baik di mode sandbox ataupun production. Team merchant dan Duitku akan menetapkan jadwal testing sebelum VA dapat berjalan live.

Ya, dalam hal ini, Anda dapat menggunakan fixed virtual account. Fixed virtual account hanya dapat digunakan oleh merchant yang terdaftar sebagai perusahaan. Untuk menggunakan fitur ini, merchant dapat langsung menghubungi team Duitku atau mengirimkan email ke [email protected].

Duitku akan menerbitkan 5-6 nomor di awal fixed virtual account. Merchant dapat mengecek sistem internal merchant untuk melihat daftar seluruh fixed virtual account yang telah diterbitkan.

Untuk VA closed amount, nominal transaksi akan langsung ditampilkan saat customer membayarkan tagihan virtual account.

Untuk VA open amount, customer memasukkan sendiri nominal yang ingin dibayarkan. Biasanya sistem open amount digunakan untuk transaksi top up.

Open amount VA hanya dapat digunakan untuk fixed VA number untuk mengurangi kesalahan transaksi.

Ya, Anda dapat menggunakan virtual account dengan open amount. Untuk VA open amount, customer memasukkan sendiri nominal yang ingin dibayarkan. Biasanya sistem open amount digunakan untuk transaksi top up.

Open amount VA hanya dapat digunakan untuk fixed virtual account number (hanya dapat digunakan oleh merchant berlegalitas perusahaan) untuk mengurangi kesalahan transaksi.

Untuk dynamic virtual account, nominal akan langsung tertera di layar tagihan.

Dalam beberapa situasi dimana merchant memasukan sendiri nominal yang harus dibayarkan (misalkan dalam kasus transfer antar bank), transaksi akan ditolak jika nominal yang dibayarkan berbeda.

Jika transaksi berhasil namun dengan nominal yang salah, Duitku menganjurkan untuk melakukan refund transaksi.

Limit maximum pembayaran akan bergantung pada limit yang ditentukan oleh bank untuk tiap customer sebagai nasabah banknya. Sedangkan limit minimum adalah limit transfer yang ditentukan oleh bank, biasanya berkisar di 10.000,- IDR. 

Sistem Duitku dapat menerima pembayaran virtual account hingga lebih dari 1.000.000.000,- IDR

Ya, customer Anda dapat melakukan pembayaran virtual account dari bank yang berbeda. Namun, customer akan dikenai biaya transfer antar bank. Dalam hal ini, virtual account berfungsi untuk otomasi pengecekan transaksi.

Ya, selama customer memiliki akses ke rekening bank pembayaran mereka.

Untuk saat ini Duitku belum dapat melakukan pembayaran recurring, namun, Anda dapat mengatur sistem di website Anda untuk mengirimkan notifikasi untuk melakukan pembayaran ulang virtual account setiap bulan/jangka waktu yang ditentukan. 

Untuk daftar bank yang telah bekerjasama dengan Duitku untuk menyediakan pembayaran virtual account dapat dilihat disini

Tidak, Anda dapat Anda dapat langsung mendaftar di Duitku untuk membuka akses ke berbagai jalur virtual account bank di Indonesia. Uang akan langsung terkumpul di dashboard Duitku Anda. Cek daftar bank yang telah terintegrasi dengan duitku disini. 

Dalam mode Sandbox, Anda dapat melakukan testing pembayaran virtual account melalui halaman ini

Expiry date di virtual account adalah jangka waktu masa berlaku virtual account yang telah diciptakan. Biasanya tiap nomor dynamic VA akan memiliki masa berlaku maksimal 24 jam. Anda juga dapat mengatur jangka waktu ini melalui parameter ‘Expiry Period’ (int) saat melakukan integrasi API, atau mengatur waktu yang diinginkan di bagian konfigurasi plugins (hanya untuk plugins versi terbaru).

Untuk dynamic VA : Merchant dapat mengubah status VA menjadi expired

Untuk fixed VA : Merchant dapat mengubah status VA menjadi inactive

Anda dapat menghubungi customer service kami melalui live chat atau mengirimkan email ke [email protected] dengan screenshot bukti transaksi. Team kami akan langsung melakukan pengecekan transaksi terkait.

QRIS

Setelah formulir pendaftaran merchant diverifikasi, dan merchant membuat project di mode production, team Duitku akan langsung mendaftarkan akun merchant untuk jalur pembayaran QRIS.

Setelah akun pembayaran merchant QRIS diverifikasi, Anda langsung dapat mengatur aktivasi metode pembayaran QRIS melalui dashboard > ‘Proyek saya’ > tombol ‘Metode Pembayaran’

Untuk QRIS offline, customer melakukan transaksi dengan memindai QR yang tertera di gerai retail merchant, dan memasukkan nominal sesuai dengan jumlah harga di kasir. Biasanya customer akan menunjukan layar bukti pembayaran ke pegawai kasir untuk mengkonfirmasi pembayaran.

Sedangkan untuk QRIS online, merchant menampilkan QRIS yang berbeda untuk setiap transaksi, dimana didalamnya mengandung informasi nominal transaksi dan detail pembayaran lainnya. Detail pembayaran ini memungkinkan sistem melakukan pengecekan otomatis, sehingga merchant akan langsung mendapatkan notifikasi setelah tagihan dibayarkan tanpa harus melakukan pengecekan manual. 

QRIS online cocok dipakai oleh merchant atau pebisnis online dimana proses checkout dilakukan secara mandiri oleh customer.

Tidak, Anda cukup membuka akun di duitku.com.

QRIS dapat dibayarkan melalui aplikasi e-wallet ternama di Indonesia seperti OVO, Gopay, ShopeePay, Dana, LinkAja, dan melalui internet / m-banking bank yang memiliki pembayaran QR code, seperti BCA (m-BCA), Mandiri (living by Mandiri), CIMB Niaga (Octo Click), BRI, BNI, Mega, Permata, Nobu, UOB, Danamon, Maybank, Sinarmas, BJB, dan banyak lainnya.

Waktu settlement dana dari transaksi QRIS adalah H+2 transaksi.

Untuk melakukan testing pembayaran QRIS di mode sandbox, anda dapat mendownload dan menggunakan aplikasi berikut untuk melakukan simulasi pembayaran. Jika jalur pembayaran QRIS belum tersedia di pilihan pembayaran sandbox, Anda dapat mengirimkan email permintaan pembukaan ke [email protected]

PayLater

Indodana PayLater adalah layanan kredit digital yang bisa digunakan untuk membeli barang atau jasa secara kredit di berbagai merchant yang sudah bekerjasama dengan Indodana. Customer diharuskan memiliki akun di Indodana untuk dapat menggunakan jalur pembayaran ini. 

Jalur pembayaran Indodana Paylater dapat dibuka untuk merchant perseorangan maupun merchant perusahaan. Untuk membuka jalur pembayaran ini, Anda dapat mengajukan permintaan ke [email protected]. Untuk persetujuan akan dilakukan oleh pihak Indodana

Merchant yang dapat membukakan jalur pembayaran Indodana adalah merchant dengan produk berupa barang fisik (bukan berupa produk digital seperti saldo, pulsa, dll). 

Tidak, dana dari pembayaran melalui Indodana paylater akan terkumpul di dashboard Merchant bersama dana dari metode pembayaran lainnya.

Customer akan diarahkan ke halaman baru untuk log in akun Indodana mereka. Untuk melakukan ujicoba pembayaran dengan Indodana, merchant akan mengatur jadwal user acceptance testing (UAT) bersama team Indodana.

1% dari jumlah total nominal transaksi

Settlement time untuk Indodana adalah di H+2

Anda dapat mengintegrasikan metode pembayaran Indodana Paylater melalui API dan plugins. Cek halaman integrasi Duitku untuk melihat daftar plugins yang tersedia. 

Dalam mode Sandbox, Anda dapat melakukan testing pembayaran Indodana Paylater dengan akun testing berikut 

Nomor telepon :  081282325566

Pin : 000000

Retail Outlets

Dengan Duitku, Anda dapat membuka jalur pembayaran retail melalui Alfamart, Pos Indonesia, Pegadaian, dan melalui Indomaret. 

*Pembayaran Indomaret hanya dapat dibukakan untuk merchant berstatus perusahaan

Jalur pembayaran Alfamart, Pos Indonesia dan Pegadaian dapat langsung dibukakan dan akan langsung aktif setelah akun Duitku Anda diverifikasi.

Untuk saat ini, jalur pembayaran Indomaret hanya dapat dibukakan oleh merchant dengan legalitas bisnis perusahaan. Merchant yang ingin membukakan jalur pembayaran retail Indomaret dapat mengirimkan permintaan ke email [email protected] untuk mendapatkan MID (Merchant ID) Indomaret. Keputusan sepenuhnya diambil oleh pihak Indomaret. Proses pengajuan merchant akan memakan waktu 1-2 bulan.

Setelah pengajuan diterima, merchant akan mengatur jadwal user acceptance testing (UAT) bersama team Indomaret.

Untuk pembayaran melalui Pos Indonesia, Alfamart dan Pegadaian, minimum 10.000,- IDR dan maksimum 2.500.000,- IDR

Tidak, nomor pembayaran gerai retail akan diciptakan secara acak.

Untuk pembayaran melalui gerai Alfamart, Pos Indonesia dan Pegadaian, tagihan akan masuk kedalam kategori Pembayaran Telkom atas nama Duitku.

Untuk pembayaran melalui gerai Indomaret, nama di tagihan yang tercetak adalah nama Merchant.

Ya, Anda dapat mengajukan permintaan pergantian nama melalui email [email protected]. Proses pergantian nama akan memakan waktu 1-2 bulan.

Sistem Duitku akan memberikan notifikasi ke pihak Merchant. Untuk notifikasi kepada customer akan dilakukan oleh pihak Merchant.

Dalam mode Sandbox, Anda dapat melakukan testing pembayaran gerai retail melalui halaman ini 

Kartu Kredit

Ada 2 jenis bentuk layanan untuk menerima pembayaran kartu kredit, yaitu sistem aggregator dan fasilitator. Berikut perbedaannya.

 

Aggregator Fasilator
Tidak terhubung langsung dengan bank Harus memiliki rekening penampung di bank pemroses transaksi
Uang akan terkumpul di dashboard bersama jalur pembayaran lainnya Dana akan langsung masuk ke rekening settlement merchant di bank pemroses
Settlement time dana di H+4  Settlement time dana di H+1
Tidak ada pendaftaran ulang ke pihak ketiga Duitku akan mengajukan permohonan merchant ke bank pemroses. Persetujuan sepenuhnya dilakukan oleh pihak bank
Hanya dapat menerima kartu dalam negeri Dapat menerima kartu luar negeri.

Sebagai aggregator, Duitku dapat menerima kartu kredit berlogo Visa, Mastercard dan JCB

Sebagai Fasilitator, Duitku dapat menerima kartu kredit berlogo Visa, Mastercard, JCB dan American Express.

Sesuai dengan peraturan Bank Indonesia, Duitku hanya menerima pembayaran dalam mata uang IDR / Rupiah. Semua produk dengan mata uang luar harus dikonversikan ke rupiah. Dalam hal ini, merchant dapat melakukan konversi harga sebelum membuat tagihan akhir.

Sesuai dengan peraturan Bank Indonesia, Duitku hanya menerima pembayaran dalam mata uang IDR / Rupiah. Semua produk dengan mata uang luar harus dikonversikan ke rupiah. Dalam hal ini, merchant dapat melakukan konversi harga sebelum membuat tagihan akhir.

Merchant akan tetap menerima pembayaran dalam rupiah. Customer akan ditagih sesuai kebijakan rate konversi bank kartu kredit yang mereka gunakan.

Tidak bisa

Tidak, customer harus memasukkan nomor dan CVV kartu kreditnya untuk setiap transaksi.

3D Secure adalah standar keamanan dari Bank Indonesia untuk transaksi kartu kredit, dimana pembayar harus memasukan nomor OTP yang dikirim ke nomor HP pemegang kartu kredit. 

Tidak. Proses ini wajib untuk menjamin keamanan transaksi Anda.

Expiration date OTP akan ditentukan oleh pihak bank penyedia kartu kredit. Biasanya, masa kadaluarsa OTP adalah 5 menit.

Tidak. Customer akan dibawa langsung ke halaman yang disediakan dari bank pemegang kartu kredit.

Nama merchant akan bergantung jenis layanan kartu kredit yang digunakan.

Jika menggunakan fasilitator, maka nama yang tertera di tagihan merchant hanyalah nama perusahaan / brand Merchant.

Chargeback adalah penahanan uang yang dilakukan oleh bank akibat adanya perselisihan saat ada transaksi kartu. Lebih detail mengenai chargeback dapat dilihat di halaman ini.

Jika Anda membuka jalur pembayaran fasilitator, Ya, waktu cut off time akan berbeda untuk setiap bank. 

BCA : jam 9 malam

CIMB : jam 5 sore & jam 8 malam

BRI : jam 9 malam

Contoh : dana transaksi dengan bank pemroses BCA tanggal 01/01 di jam 10 malam akan masuk di tanggal 03/01.

Settlement time jalur pembayaran kartu kredit akan bergantung pada jenis jalur yang dibukakan.

Fasilitator : H+1 mengikuti cut off time

Aggregator : H+4

Void Refund
Transaksi dibatalkan dalam waktu 24 jam setelah transaksi terjadi Transaksi dibatalkan dalam waktu lebih dari 24 jam setelah transaksi terjadi
Dana akan langsung dikembalikan ke limit kartu kredit pengguna Dana akan dikembalikan ke kartu kredit pengguna dalam waktu 14 hari

Tidak, Duitku hanya akan memotong biaya layanan dari transaksi yang berhasil (tidak termasuk void dan refund).

Status failed dapat terjadi jika kartu ditolak. Alasan penolakan kartu antara lain kesalahan OTP, limit di kartu tidak mencukupi, dan lainnya, 

Detail alasan penolakan dapat dilihat di dashboard merchant, di bagian detail laporan transaksi.

Untuk transaksi kartu kredit fasilitator, proses refund dapat dilakukan melalui dashboard Duitku, di bagian menu ‘Laporan Fasilitator’.

Klik transaksi kartu kredit yang ingin di-refund. Tombol refund akan muncul 24 jam setelah jam cut off transaksi. Sebelum 24 jam, transaksi akan dianggap void.

Untuk transaksi kartu kredit fasilitator, proses refund dapat dilakukan dengan mengajukan permintaan refund ke [email protected] atau melalui live chat di dashboard merchant.

Untuk proses refund, dana biasanya akan dikembalikan ke limit kartu kredit customer dalam waktu 14 hari kerja.

Permintaan refund untuk transaksi tanpa otentikasi 3D Secure hanya dapat dilakukan 3 hari setelah transaksi terjadi.

Dalam mode Sandbox, Anda dapat melakukan testing pembayaran kartu kredit dengan memasukkan nomor kartu berikut

 

Visa: 4000 0000 0000 0044 / Valid through : 03/33 / CVV : 123

Mastercard : 5500 0000 0000 0004 / Valid through : 03/33 / CVV : 123

 

Lebih lanjut di halaman API Docs 

Duitku dapat menerima pembayaran melalui kartu debit selama kartu memiliki logo Mastercard/JCB/Visa. Jalur pembayaran ini akan langsung dapat digunakan setelah akun merchant diverifikasi, dan termasuk ke dalam jalur pembayaran kartu kredit.

Untuk jalur pembayaran kartu kredit fasilitator CIMB tidak dapat menerima kartu debit bank BCA.

Akun Bank Merchant

Tim verifikasi akan menghubungi nomor telepon yang terdaftar dalam maksimal 3 hari kerja setelah pendaftaran dan proses legalitas memerlukan waktu antara 1 hingga 2 minggu hari kerja.

Beberapa sebab proses verifikasi akun tidak disetujui:

  • Merchant tidak bisa dihubungi melalui nomor telepon yang terdaftar.
  • Merchant tidak menyertakan dokumen-dokumen yang menjadi persyaratan wajib.
  • Situs atau aplikasi Merchant belum aktif atau kontennya belum memenuhi syarat atau belum live.

Untuk penambahan atau perubahan nomor rekening, silahkan mengirimkan permintaan ke email [email protected] menggunakan email anda yang terdaftar dengan melampirkan nomor rekening lama dan yang baru. Mohon pastikan nama pemilik rekening harus sesuai dengan nama perusahaan/individu yang terdaftar.

Semua dana yang masuk ke website merchant akan terupdate secara real time di saldo dashboard. Namun, saldo ini tidak dapat langsung ditarik ke rekening merchant. Dibutuhkan waktu sebelum dana ini dapat ditarik. Waktu menunggu inilah yang disebut settlement time.

Setiap channel pembayaran memiliki waktu penyelesaian yang berbeda. Waktu penyelesaian setiap jalur pembayaran dapat dilihat di halaman ini

Disbursement

Disbursement adalah fitur Duitku yang berfungsi untuk pengiriman dana ke rekening bank dan e-wallet, atau mengirimkan dana secara tunai melalui gerai retail di Indonesia.

Untuk menggunakan layanan disbursement merchant diwajibkan registrasi menggunakan akun atas nama perusahaan dan di approve oleh pihak Duitku. Proses approval akan dilakukan dengan melakukan verifikasi dan pengecekan produk/model bisnis perusahaan.

Dengan menghubungi tim Duitku via telepon, email ataupun sales representatif Duitku dan mengajukan permintaan penggunaan fitur Disbursement. API key (merchant key) disbursement akan dikirimkan melalui email dari team Duitku. 

Untuk saat ini hanya  merchant dengan status legalitas perusahaan yang dapat menggunakan fitur disbursement ini. 

Ya, dana yang diterima di website (baik 1 website atau lebih) dan dana yang dikirimkan dari website Anda akan terkumpul menjadi satu di Dashboard Duitku Anda.

Jika Anda ingin memisahkan dana masuk dan keluar atau memisahkan berdasarkan sumber website Anda, Anda dapat membuat akun terpisah di Duitku

Untuk limit dan settlement time masing-masing jalur layanan disbursement dapat dilihat di halaman ini.  

Dengan melakukan transfer ke rekening penampungan kami yang akan diinformasikan oleh tim operasional kami setelah akun anda aktif dan bisa melakukan transaksi.

Switching atas nama Perusahaan Merchant yang terdaftar di Duitku contoh: PT Kharisma Catur Mandala/[Nama Pelanggan]. Merchant dapat mengatur nama yang ingin ditampilkan melalui parameter ‘SenderName’ dan menghubungi tim Duitku terlebih dahulu.

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.