Apa Itu Chargeback dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

Dalam hal pembayaran menggunakan kartu kredit, seringkali terjadi kendala saat proses pembayaran. Salah satu kendala yang sering terjadi adalah chargeback. Apa itu chargeback? Istilah chargeback memiliki arti penahanan uang yang dilakukan oleh bank akibat adanya perselisihan saat ada transaksi kartu. Bagi pengusaha online, tentu saja kondisi ini bisa menghambat proses pembayaran.

1. Mengenal Chargeback

Saat berbelanja online, tak jarang pembeli melakukan transaksi menggunakan sistem pembayaran melalui bank, baik transfer tunai ataupun melalui kartu kredit. Sayangnya, metode pembayaran yang kerap dilakukan melalui bank atau dengan sistem transfer tunai seringkali mengalami kendala, seperti chargeback yang merugikan bagi pengusaha atau penjual. Kondisi chargeback ini bisa terjadi akibat unsur ketidaksengajaan saat proses transfer berlangsung.

transaksi pembayaran online

Ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya chargeback, diantaranya ialah kesalahan transaksi, seperti perbedaan tanda tangan pada struk dengan tanda tangan yang ada di kartu kredit.

Bank akan menghentikan proses transaksi apabila ada perbedaan tanda tangan, karena dikhawatirkan transaksi pada struk dilakukan bukan oleh pemegang kartu kredit. Terjadinya chargeback juga bisa dikarenakan kesalahan tanggal atau nominal, atau transaksi berulang (ganda). Selain itu, chargeback juga bisa terjadi akibat pemegang kartu kredit merasa tidak puas akan kualitas barang yang mereka beli dan mengajukan komplain kepada pihak bank.

Kondisi ini sebenarnya dapat diatasi dengan memberikan laporan ke pihak bank, supaya uang tidak ditahan lagi oleh pihak bank, namun kadang proses pelaporan ini memakan waktu sehingga ada beberapa kerugian yang dapat dialami pembeli maupun penjual.

cara pembayaran online

2. Kerugian Chargeback

Kondisi penahanan dana oleh pihak bank ini mengakibatkan pembayaran yang semestinya masuk ke akun rekening bank Anda akhirnya batal akibat terkena chargeback. Alhasil pencatatan keuangan Anda menjadi kacau, karena uang tertahan dan parahnya lagi membuat bisnis Anda mandek. Hal ini tentu saja tidak hanya bisa mengurangi keuntungan, tetapi juga penghasilan Anda. Oleh karena itu, penting sekali untuk menghindari terjadinya chargeback yang dilaporkan oleh pihak pembeli yang bisa mengganggu kelancaran bisnis Anda.

cara mengindari chargeback

3. Cara Menghindari Chargeback

Untuk menghindari terjadinya chargeback yang merugikan Anda sebagai pihak penjual atau pengusaha, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan :

  1. Untuk meminimalisir complain pembeli, pembeli harus mengetahui informasi yang muncul dalam tagihannya. Seperti nominal, sumber penarikan dana serta tanggal transaksi yang terjadi sebelum melanjutkan proses pembayaran. Pembeli dapat memastikan bahwa informasi yang ditampilkan saat checkout bersifat transparan dan jelas.
  2. Pastikan penjual memberikan keterangan detail terkait produk yang dijual. Deskripsi, gambar, dan fitur produk harus sesuai ekspektasi. Penjual juga harus bersifat responsif melayani pembeli terkait pertanyaan informasi produk.
  3. Menjelaskan ketentuan dan syarat apa saja yang berlaku jika ingin melakukan pengembalian barang atau refund kepada pembeli di invoice dan website Anda.
  4. Mengenali dan waspada terhadap tanda-tanda aksi penipuan credit card dengan mengecek alamat asal kartu yang didaftarkan pembeli khususnya jika melakukan pesanan berjumlah besar. Sebaiknya kirim email untuk melakukan konfirmasi terkait status order.
  5. Simpan semua histori transaksi serta komunikasi yang terjadi bersama pembeli, jadi jika laporannya telah diterima, Anda memiliki bukti kuat untuk melakukan perlindungan terhadap chargeback credit card.
  6. Sebaiknya berikan waktu perkiraan pengiriman secara aman dan realistis. Pakai jasa ekspedisi yang bisa dipercaya dan mempunyai layanan online tracking. Selanjutnya tambahkan asuransi jika ingin menambah sistem keamanan ekstra. Sehingga pembeli merasa lebih yakin terhadap pembeliannya.
  7. Apabila terjadinya perselisihan disebabkan oleh kesalahpahaman pembeli, pastikan penjual mengerti permasalahannya. Anda juga harus menawarkan solusi yang dapat diterima oleh kedua pihak agar terhindar dari laporan chargeback credit card.
  8. Pakai fraud detection system, Anda bisa memastikan bahwa kartu kredit yang diterima telah menggunakan kode autentikasi 3D secure untuk memastikan pengguna kartu sesuai dengan pemilik kartu yang didaftarkan. Bank memakai sistem keamanan tersebut sebagai bukti perlindungan chargeback terhadap kartu kredit.

Untuk dapat menerima pembayaran kartu kredit secara aman langsung di website atau aplikasi online Anda, Anda dapat menggunakan layanan payment gateway. Namun, pastikan payment gateway yang Anda gunakan sudah memiliki sertifikat PCI-DSS (standar keamanan internasional untuk mengelola transaksi kartu kredit), dan dilengkapi dengan fraud detection system (FDS). Dengan FDS yang baik, Anda dapat melindungi bisnis online Anda dari pencurian/fraud dengan mengatur nominal batas transaksi, memilih region transaksi yang diizinkan dan memblokir nomor kartu yang mencurigakan.

pengertian chargeback

Salah satu layanan payment gateway terbaik yang sudah memiliki izin dari Bank Indonesia dan memiliki sertifikat PCI-DSS adalah Duitku. Selain menerima sistem pembayaran menggunakan kartu kredit, Duitku juga memfasilitasi pelanggan untuk membayar dengan berbagai metode lainnya seperti e-wallet, transfer bank, gerai retail (Indomaret, Pos Indonesia, Pegadaian, Alfamart), cicilan tanpa kartu, ataupun metode pembayaran lainnya. Pilihan metode pembayaran ini dapat dipilih melalui dashboard Duitku.

Dengan menambahkan fitur payment gateway ke dalam website, Anda dapat memproses pembayaran secara otomatis dan real time. Proses pembayaran transaksi yang aman, cepat dan mudah memberikan pengalaman berbelanja online yang menyenangkan bagi pelanggan, dan oleh karenanya dapat mendorong pelanggan melakukan pembelian produk.

Mulai terima pembayaran melalui kartu kredit dengan menggunakan payment gateway Duitku sekarang. Urusan transaksimu, biar Duitku yang urus!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.