Website vs Marketplace, Apa Kelebihan dan Kekurangannya?

Era industri 4.0 menawarkan beragam kemudahan bagi masyarakat. Perkembangan teknologi digital yang pesat memicu perubahan perilaku pembeli, terlebih saat pandemi COVID-19 seperti sekarang.

Sejak pemberlakuan kebijakan pembatasan aktivitas, masyarakat yang dahulu leluasa berbelanja ke pasar, sekarang cenderung melakukan transaksi online. Akibatnya, pemenuhan kebutuhan rumah tangga dilakukan melalui gadget dan platform digital yang berdampak pada lonjakan aktivitas transaksi bisnis. Tentunya hal ini menimbulkan tantangan dan peluang tersendiri bagi para pebisnis. Pebisnis yang terbiasa mengandalkan penjualan di toko fisik perlu melakukan penyesuaian dengan cara memulai bisnis online agar mampu bersaing.

Saat memulai bisnis online, terdapat dua platform yang dapat kamu pilih, yakni Website vs Marketplace. Website menunjukkan profesionalitas, sedangkan marketplace menawarkan kemudahan. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Lantas, manakah yang lebih baik untuk bisnismu? Simak informasi selengkapnya pada artikel berikut.

Kelebihan Website Dibanding Marketplace

1. Otoritas Penuh

Dengan website, kamu memiliki kendali penuh atas toko online-mu. Kamu bisa mendesain toko sesuai dengan keperluan dan perilaku konsumen, mulai dari menentukan tata letak, warna dominan, hingga metode pembayaran.

Selain itu, website juga membantumu dalam membangun branding, bukan merek. Merek hanyalah sekedar nama, sedangkan brand merupakan identitas produk. Ciptakan produk dengan brand yang kuat agar konsumen paham apa yang membedakan brand milikmu dan kompetitor.

Philip Kotler : Tanpa brand produkmu adalah komoditas dan harus bersaing harga untuk mendapatkan pembeli

Tawarkan pengalaman belanja yang unik dan ciptakan identitas yang kuat bagi target konsumen agar pembeli tertarik untuk berbelanja di tokomu. Dengan branding yang kuat, peluang bisnis berkembang pun terbuka lebar.

2. Kemudahan dalam Mengakses Informasi Konsumen

Bila di marketplace kamu tidak dapat mengakses kebiasaan berbelanja konsumen, maka hal tersebut tidak berlaku pada website. Di website, kamu dapat mengetahui informasi terkait produk yang paling laris terjual hingga produk yang kurang digemari. Nantinya, data tersebut bisa kamu gunakan untuk merencanakan strategi yang tepat demi perkembangan bisnismu.

Kekurangan Website Dibanding Marketplace

1. Harus Aktif Mencari Pasar

Saat awal membangun website, kamu akan kesulitan dalam mendapatkan traffic original. Hal ini wajar, sebab membuat website membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan kepercayaan pelanggan dan mempertahankan agar kredibilitasnya tetap terjaga.

Maka dari itu, yang perlu kamu lakukan adalah memaksimalkan branding pada website dan melakukan optimasi dengan benar. Jangan sampai website buatanmu kalah bersaing dengan kompetitor sejenis.

2. Membutuhkan Modal

Dalam membangun website, kamu membutuhkan modal yang cukup besar. Mulai dari sewa hosting dan domain per tahun, pemasaran website, hingga biaya untuk maintenance website secara berkala. Biaya tersebut dibutuhkan agar performa website lebih optimal sehingga pembeli nyaman saat bertransaksi di bisnis online-mu.

Kelebihan Marketplace Dibanding Website

1. Tidak Membutuhkan Banyak Modal di awal

Berbeda dengan website, berjualan di marketplace tidak membutuhkan modal besar. Kamu bisa langsung membuka toko online untuk berjualan, sebab pembeli dapat menemukan produk yang kamu jual dengan mudah.

Sedangkan, saat berjualan melalui website tersendiri, kamu perlu mengeluarkan biaya untuk membuat toko online dan melakukan promosi agar pembeli tertarik untuk mengunjungi situs website-mu.

Meski tidak mengeluarkan modal besar di awal, marketplace memberikan opsi iklan agar bisnismu dapat bersaing dengan kompetitor. Caranya adalah dengan membayar sejumlah biaya promosi ke pihak Marketplace agar produkmu dapat naik di kolom pencarian. Hal ini juga harus masuk sebagai pertimbangan biayamu di kemudian hari untuk dapat terus bersaing yah!

2. Pengelolaan Lebih Mudah

Bagi pelaku bisnis yang belum pernah menggunakan situs jual beli online, kamu tak perlu panik. Saat ini sudah banyak marketplace yang dilengkapi dengan panduan penggunaan sehingga mudah digunakan oleh user (user friendly). Pengelolaannya pun jauh lebih mudah dan praktis sehingga mudah digunakan bagi pebisnis pemula.

Kekurangan Marketplace Dibanding Website

1. Persaingan Ketat

Hadir sebagai wadah bagi para penjual, marketplace menawarkan kemudahan untuk membangun relasi melalui komunitas antara penjual dan pembeli. Namun sayangnya, hal ini juga membuat pesaingan bisnis di marketplace sangat ketat. Mulai dari persaingan harga, kualitas, hingga layanan yang diberikan sehingga kamu perlu mengatur strategi yang cermat agar bisnismu tak gulung tikar.

2. Sulit Mendapatkan Kepercayaan

Meskipun segmentasi pasar luas, salah satu tantangan terbesar saat berjualan di marketplace adalah kepercayaan pembeli. Akibat banyaknya kejahatan online yang ada di marketplace, seperti penipuan, kualitas produk yang buruk, dan scamming, pembeli jadi jauh lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi.

Di sini dibutuhkan usaha untuk meyakinkan kepada pembeli bahwa kamu merupakan penjual bertanggung jawab. Selalu jual produk dengan kualitas terbaik dan pastikan testimoni yang baik dari pembeli.

Marketplace vs Website, Mana yang Lebih Baik?

Sekarang, kamu sudah memahami kelebihan dan kekurangan website vs marketplace, bukan? Apa pun pilihanmu, semuanya kembali lagi pada kebutuhan bisnismu.



Untuk kamu yang memilih untuk membangun toko online, coba cek e-book yang dapat kamu download secara gratis berikut untuk tips memaksimalkan performa toko online kamu supaya meningkatkan kredibilitas bisnismu dan bisa bersaing dengan kompetitor!

Selain memperhatikan platform yang akan digunakan, kamu juga perlu menaruh perhatian khusus pada kemudahan pembayaran demi kepuasan pelanggan. Integrasikan bisnismu dengan payment gateway yang telah mengantongi izin dari Bank Indonesia dan memenuhi standar keamanan internasional seperti Duitku.

Ingat, Apapun transaksinya, Duitku jawabannya!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.