Cara Kerja Virtual Account & Manfaatnya Untuk Bisnis

Duitku Admin on Sep 23, 2022 in Information
Dalam beberapa tahun ke belakang, perkembangan teknologi semakin berkembang dan juga membawa banyak pengaruh dalam segala aspek kehidupan seperti salah satunya dalam bidang ekonomi. Beberapa tahun terakhir ini banyak sekali usaha yang dilakukan secara online, belanja dan melakukan pembayaran secara online. Semua dilakukan dengan mudah, lebih efektif dan cepat.
Begitu juga jenis pembayaran banyak yang berkembang dengan majunya bisnis berbasis website atau aplikasi yang ada. Pembeli dapat melakukan transaksi pembayaran atau transfer antar bank melalui internet & mobile banking, hingga menggunakan aplikasi e-wallet seperti OVO, DANA, Go-pay & Virtual Account.
Semua ini mempermudah dan mempersingkat banyak waktu kita karena kita tidak perlu lagi mengantri di bank atau di atm untuk transfer.

Mengenal Apa itu Virtual Account?

Virtual Account (VA) adalah sebuah metode pembayaran otomatis lewat akun yang dibuat khusus untuk tiap pelanggan melakukan pembayaran dengan rekening bank yang bersifat virtual atau rekening yang sementara. Virtual account atau rekening sementara ini diterbitkan oleh sistem secara otomatis setiap sistem mendapatkan perintah (inquiry) transaksi. Saat melakukan transaksi, perusahaan akan memberikan VA kepada pelanggan berupa nomor ID. Nomor tersebutlah yang akan digunakan pelanggan untuk menyelesaikan transaksi. Pada setiap transaksi pelanggan akan diberikan virtual account yang unik dan berbeda.
Secara umum terdapat berbagai jenis virtual account, kita akan membahas macam-macam Virtual Account berdasarkan klasifikasinya.

Jenis Virtual Account Berdasarkan Nomor yang Diterbitkan

  1. Static Virtual Account (Fixed)
  2. Jenis akun ini biasanya dikaitkan dengan satu user/pengguna. Dengan jenis ini, pengguna dapat melakukan pembayaran secara berulang untuk melakukan transaksi tanpa harus memasukkan nomor ID. Singkatnya, nomor Virtual Account tidak akan berubah.
    Jenis Virtual Account ini cocok digunakan dalam model bisnis yang mengharuskan pelanggan membayar produk atau jasa kamu secara berulang kali. Contohnya untuk membayar cicilan barang atau berlangganan jasa pada platform pilihan kamu, ataupun untuk melakukan top up di e-wallet atau platform online kamu.
    Untuk fixed VA number, merchant akan memberikan nomor tersendiri yang dikaitkan dengan masing-masing anggotanya. Kemudian merchant dapat memilih untuk menggunakan nominal Closed Amount ataupun Open Amount. Perbedaan dari Closed Amount dan Open Amount terdapat pada nominal transaksi. VA jenis closed amount akan langsung menampilkan nominal transaksi dan VA jenis open amount tidak menampilkan nominal transaksi. Nominal transaksi akan dimasukkan secara mandiri oleh customer, misalkan untuk transaksi top up e-wallet.

  3. Dynamic Virtual Account (Non Fixed)
  4. Jika jenis Fixed Virtual Account dikaitkan dengan akun user, Non-fixed Virtual Account dikaitkan dengan setiap transaksi pembayaran. Hal ini ditandai dengan nomor akun virtual yang unik dan acak. Hanya dapat digunakan untuk satu kali transaksi dan memiliki expired date. Biasanya dynamic virtual account memiliki masa berlaku maksimal 24 jam.
    Misalnya, ketika pelanggan ingin melakukan pembayaran produk kamu melalui Virtual Account pada e-commerce, nomor ID yang diperoleh pelanggan tersebut tidak dapat digunakan kembali untuk melakukan transaksi lainnya. Jika pelanggan memutuskan untuk membeli kembali, sistem akan memberikan tujuan nomor virtual akun baru.

Jenis Virtual Account Berdasarkan Jumlah Nominal Pembayarannya

  1. Open Amount Virtual Account
  2. Untuk Akun virtual terbuka, user akan memasukan nominal pembayaran secara mandiri. Virtual akun terbuka biasanya dikaitkan dengan Static Virtual Account. Penggunaan yang paling sering adalah untuk aktivitas top up saldo ewallet, dimana virtual account dikaitkan dengan akun/nomor telepon pengguna.

  3. Closed Amount Virtual Account
  4. Akun virtual close ini hanya dapat menerima pembayaran dalam jumlah tertentu yang bisa diterima oleh akun virtual (hingga digit terakhir). Jenis akun virtual ini biasanya digunakan oleh e-commerce atau penjualan produk/jasa supaya transaksi dapat dilacak atau dikaitkan dengan transaksi tertentu dengan mudah dan mengurangi kesalahan input nominal.

Virtual Account Berdasarkan Tipe Penggunaannya

  1. Single-Use Virtual Account
  2. Single virtual account memiliki jangka waktu penggunaan (biasanya hanya sampai 24 jam) dan hanya dapat digunakan satu kali transaksi saja (satu kali penggunaan).

  3. Multiple-Use Virtual Account
  4. Multiple virtual account bisa digunakan berulang-ulang sebelum kadaluarsa (expired). Virtual account jenis ini dapat mentransfer sejumlah nominal ke akun virtual yang sama hanya dengan menggunakan nomor telepon pengguna. Multiple use virtual account biasanya merupakan Static Virtual Account.

Apa Perbedaan Virtual Account dengan Transfer Bank Biasa?

Transfer bank dilakukan ke rekening tujuan perseorangan/perusahaan tertentu. Nominal akan ditentukan oleh pengirim dan biasanya pengirim akan melakukan konfirmasi setiap setelah selesai melakukan transfer.
Virtual account biasanya dibuat untuk automasi konfirmasi pembayaran. Dimana biasanya perusahaan akan membuat satu rekening virtual khusus untuk melakukan transaksi pembayaran yang terkait. Virtual account ini dapat juga mengandung informasi nominal saldo yang harus dibayarkan, sehingga mengurangi kesalahan pembayaran (human error) dari pihak pelanggan. Rekening khusus ini memungkinkan sistem untuk melakukan pengecekan secara otomatis setiap kali ada dana yang masuk, sehingga status transaksi dapat langsung terupdate secara real time.
Berbeda pula dengan transfer ke bank biasa yang rekeningnya bisa kita proses transaksi pengiriman uang kapan saja, virtual account memiliki waktu kadaluarsa. Expiry date di virtual account adalah jangka waktu masa berlaku virtual account yang telah diciptakan. Biasanya tiap nomor dynamic VA akan memiliki masa berlaku maksimal 24 jam.
Dalam aspek lainnya, transfer virtual account bekerja seperti layaknya transfer bank biasa. Misalkan dalam situasi transfer ke virtual account dari bank berbeda. Cara pembayaran akan sama seperti transfer antar bank, dimana customer harus memasukan kode bank dan nominal pembayaran secara mandiri. Namun, transaksi biasanya akan otomatis gagal jika terjadi kesalahan pemasukan nominal. Selain itu, tagihan virtual account juga dapat dibayarkan dari luar negeri selama customer memiliki akses ke rekening bank pembayaran.

Bagaimana Cara Membayarkan Virtual Account?

Prosesnya pembayaran virtual account antar bank bisa dilakukan dimanapun. Bisa via ATM, m-banking maupun internet banking. Berikut panduan yang bisa kamu ikuti. Kali ini kita ambil contoh pembayaran dari akun bank yang sama dengan bank penerbit Virtual Account secara general.

  1. Cara Pembayaran Virtual Account via ATM
    • Pergi ke mesin ATM yang ada di wilayahmu
    • Masukkan kartu ATM dan Masukkan PIN ATM
    • Pilih menu “Transfer” dan pilih rekening sumber dana
    • Pilih transfer ke rekening virtual account atau transfer ke sesama bank (intra-bank).
    • Masukan 12-16 digit nomor virtual akun yang harus dibayarkan
    • Biasanya nominal VA yang harus dibayarkan akan muncul. Konfirmasi detail tagihan. Jika tidak, Ketik nominal jumlah yang akan dibayarkan sesuai tagihan
    • Cek kembali di halaman informasi tagihan. Pastikan detail pembayaran kamu seperti tujuan bank, nama dan nominal sudah sesuai dengan transaksi kamu.Konfirmasi transaksi. Masukan kembali PIN jika dibutuhkan
    • Jika transaksi berhasil, simpan bukti pembayaran yang dikeluarkan oleh mesin ATM.

  2. Cara Pembayaran Virtual Account via M-Banking
    • Login aplikasi Mobile Banking
    • Pilih menu “Transfer” kemudian pilih tujuan ke Bank yang sama
    • Jika pilihan transfer VA tidak muncul, cari pilihan di menu pembayaran
    • (jika ada) Pilih rekening yang akan digunakan untuk membayarkan tagihan VA
    • Masukan 12-16 digit nomor virtual akun yang harus dibayarkan
    • Biasanya nominal VA yang harus dibayarkan akan muncul. Konfirmasi detail tagihan. Jika tidak, Ketik nominal jumlah yang akan dibayarkan sesuai tagihan
    • Cek kembali di halaman informasi tagihan. Pastikan detail pembayaran kamu seperti tujuan bank, nama dan nominal sudah sesuai dengan transaksi kamu.Konfirmasi transaksi. Masukan kembali PIN jika dibutuhkan
    • Transaksi berhasil dan jangan lupa simpan bukti bayar kamu.

Apakah Pembayaran Virtual Account Bisa Dilakukan Antar Bank?

Jangan khawatir, tentu saja kamu bisa melakukan pembayaran virtual account antar bank terkecuali bank BCA. Untuk virtual account BCA hanya dapat dibayarkan dari akun BCA saja. Prosesnya pembayaran virtual account antar bank sama seperti transfer antar bank menggunakan nomor rekening biasa. Yang membedakan adalah, nomor rekening bank tujuan yang dimasukkan akan digantikan dengan nomor virtual account yang telah diberikan. Dengan cara ini, setiap transaksi yang masuk dapat dilakukan pengecekan secara otomatis, bukan secara manual lagi.
Untuk langkah-langkah pembayaran virtual account antar bank dari bank lainnya, cek selengkapnya disini

Bagaimana Cara Kerja Virtual Account?

Berikut ini cara penerbitan dan pembayaran Virtual Account :
  1. Merchant menyambungkan website atau aplikasi online mereka dengan bank atau aggregator pembayaran payment gateway.
  2. Pembeli melakukan pembelian/transaksi di website/aplikasi (platform) merchant dan memilih metode pembayaran virtual account dari bank pilihan.
  3. Merchant mengirimkan inquiry transaksi ke sistem payment gateway.
  4. Payment gateway menerbitkan virtual account terkait di bank yang telah dipilih oleh user dan meneruskan nomor virtual account ke sistem merchant.
  5. Merchant meneruskan nomor virtual account ke pembeli/user untuk dibayarkan.
  6. Payment gateway melakukan pengecekan berkala (setiap beberapa detik) ke rekening virtual bank untuk memastikan jika uang telah masuk ke rekening virtual.
  7. Jika sistem mendeteksi bahwa akun virtual telah terisi / terbayarkan, payment gateway akan mengirimkan notifikasi bahwa tagihan VA telah dibayarkan kepada Merchant.
  8. Merchant dapat meneruskan proses pendistribusian barang/jasa kepada pelanggan/user.

Virtual Account memiliki banyak manfaat untuk bisnis dan pelanggan kamu. Ini merupakan salah satu metode pembayaran yang praktis, cepat dan mudah tanpa harus melakukan konfirmasi pembayaran secara manual. Selain praktis dan mudah, menggunakan Virtual Account juga membuat transaksi lebih aman dikarenakan konfirmasi dari sistem yang real-time dan benar.

Apa Saja Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Virtual Account?

  1. Mendeteksi pembayaran secara otomatis.
  2. Riwayat transaksi beserta detail yang jelas untuk pencatatan perusahan dengan laporan bank atau biasa disebut rekonsiliasi.
  3. Bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
  4. Jenis virtual account sesuai kebutuhan transaksi.
  5. Pada tipe dynamic virtual account, nominal tagihan akan langsung tertera. Sehingga menghindari kesalahan transfer nominal tagihan tidak sesuai dengan total tagihan sebenarnya.

Cara Membuat Virtual Account untuk Menerima Pembayaran Online

Apabila kalian tertarik untuk menerima pembayaran menggunakan virtual account, kamu dapat menggunakan layanan payment gateway untuk memfasilitasi transaksi kamu. Payment Gateway telah terhubung dengan bank dan institusi keuangan untuk menerbitkan (generate) nomor Virtual Account sesuai pilihan pembayaran. Sistem payment gateway juga akan melakukan pengecekan secara berkala setiap beberapa detik untuk memastikan apakah virtual account yang diterbitkan dan dikaitkan dengan transaksi tertentu telah dibayarkan.
Sistem payment gateway akan membantu mencatat setiap transaksi yang berjalan pada website atau aplikasi toko online kamu, sehingga semua transaksi menjadi lebih rapi. Pengecekan pembayaran yang masuk akan terkonfirmasi secara otomatis, sehingga kamu bisa lebih mudah mengetahui transaksi mana yang telah terbayarkan (selesai).
Salah satu payment gateway yang telah berizin dari Bank Indonesia adalah Duitku. Duitku menerima pembayaran melalui transfer bank ke virtual account langsung di website atau aplikasi online bekerjasama dengan berbagai bank besar Indonesia, seperti bank BCA, BNI, Mandiri, BRI, CIMB Niaga, Permata, dan banyak lainnya.

Merchant juga dapat membuat nomor virtual accountnya sendiri berdasarkan ID customer. Dalam hal ini kamu akan dibuatkan fixed virtual account. Untuk menggunakan fitur ini, merchant dapat langsung menghubungi team Duitku. Nantinya team Duitku akan memberikan awalan prefix virtual account (5-6 nomor di awal va merupakan milik institusi yang mengeluarkan).
Tak hanya mampu menerima pembayaran virtual account, dengan bergabung dengan Duitku memungkinkan website atau aplikasi toko online kamu menerima 26+ metode pembayaran lainnya. Seperti e-wallet, QRIS, kartu kredit, gerai retail (Alfamart, Indomaret, Pegadaian, Pos Indonesia), dan masih banyak lainnya. Dangan service 24/7, pelangganmu akan lebih nyaman dan dapat melakukan transaksi pembayaran kapan pun tanpa harus menunggu respon dari pihak penjual.

Kelebihan Duitku Sebagai Payment Gateway Dalam Menerima Pembayaran Virtual Account di Website / Aplikasi Bisnis Anda.

Integrasikan bisnis kamu sekarang. Duitku juga menyediakan DUITKU POP untuk solusi integrasi lebih mudah dan cepat. Sambungkan API atau berbagai macam plugin yang telah disediakan oleh Duitku sesuai kebutuhan kamu.
Daftarkan sekarang dan coba demo gratis sekarang. Jadikan bisnismu semakin cuan dan efisien Bersama DUITKU!
Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami 24/7 atau daftar untuk mulai saat ini juga.