Tips Transaksi Digital di Masa Pandemi

Melakukan digitalisasi di industri jasa keuangan sangatlah penting dalam menjaga pertumbuhan ekonomi negara selama pandemi. Sebab, digitalisasi dapat memberikan kontribusi positif pada masyarakat dan UMKM di Indonesia.

Untuk itu, melalui Peraturan Bank Indonesia No.23/6/PBI/2021 tentang Penyedia Jasa Pembayaran (PBI PJP), Bank Indonesia berupaya untuk memperkuat ekosistem digital di Indonesia dengan menciptakan sistem pembayaran yang cepat, mudah, dan aman, namun tetap memprioritaskan perlindungan konsumen. Dengan begitu, Bank Indonesia berharap dapat mewujudkan akselerasi ekonomi dan keuangan digital yang inklusif.

Walaupun Bank Indonesia telah menerapkan regulasi terkait penyedia jasa pembayaran, bukan berarti Anda dapat lengah saat melakukan pembayaran digital. Anda perlu menerapkan 3 tips hadirkan transaksi digital online yang aman bagi pembeli yang telah Duitku rangkum pada artikel berikut.

1. Pilih Server Hosting Tepercaya

Saat membangun website khusus bisnis, memilih server hosting tepercaya merupakan suatu keharusan. Sebab, hosting mempengaruhi kemudahan pelanggan dalam mengakses website.

Pilihlah server hosting tepercaya yang memiliki tim teknis yang siap membantu selama 24/7, termasuk di hari libur. Sebab, server website harus dipantau setiap saat. Selain itu, pastikan mitra hosting yang dipilih juga menyediakan layanan back up data, sehingga bila terjadi hal tak terduga, data pada website dapat dipulihkan kembali.

2. Gunakan Sertifikat SSL

Untuk meningkatkan keamanan transaksi pelanggan, pastikan website Anda dilengkapi dengan sertifikat SSL. Penggunaan sertifikat tersebut sangatlah penting, sebab dapat melindungi website dari kebocoran informasi pelanggan, seperti data pribadi, informasi dan transaksi kartu kredit, hingga riwayat transfer.

3. Cek Bukti Pembayaran

Periksa ulang bukti pembayaran yang diberikan pelanggan sebelum mengirim produk. Sebab, saat ini marak terjadi pemalsuan bukti transfer yang merugikan pebisnis. Bila bisnis Anda masih menerima pembayaran secara manual, segera gunakan sistem pembayaran online yang dapat melakukan automasi pembayaran 24/7 dan mampu mencatat riwayat transaksi pemasukan dan pengeluaran bisnis dengan detail guna meminimalisir tindakan penipuan.

Itu dia tiga tips hadirkan transaksi digital yang aman selama pandemi. Untuk meyakinkan pembeli dalam melakukan pembayaran online pada bisnis Anda, gunakan Payment Gateway Duitku dalam setiap transaksi/pembayaran online pada bisnis. Sebab, Payment Gateway Duitku dilengkapi dengan Fraud Detection System dan sudah memenuhi standar keamanan PCI-DSS untuk melindungi data sensitif transaksi kartu kredit pembeli. Selain itu, segala transaksi di Duitku diawasi oleh Bank Indonesia sehingga proses pembayaran digital menjadi aman dan nyaman.

Yuk, bersama kita awali satu transaksi dengan Duitku.

 

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.