Tips Bangun Merek Sendiri

Support on Jan 14, 2022 in Information

Membangun bisnis dari awal tentu menjadi hal yang tidak mudah, tetapi ingatlah bahwa tidak ada yang mustahil. Langkah awal dalam rangka membangun bisnis bisa dimulai dengan membuat brand atau merek terlebih dahulu.
Perlu diingat bahwa brand tidak sekadar logo atau nama bisnis saja. Lebih dari itu, brand merupakan reputasi yang akan merepresentasikan citra bisnis Anda untuk jangka waktu yang panjang.
Membangun brand tidak akan menjadi tugas yang mudah, terlebih pada masa awal membangun bisnis. Untuk bisa membangun brand yang tepat, Anda selaku pelaku bisnis perlu melakukan sejumlah taktik.
Berikut ini tips untuk Anda yang hendak membangun brand atau merek secara mandiri:

Lakukan Riset Pasar

Apabila Anda tengah membangun sebuah brand, maka sangat penting untuk melakukan riset pasar terlebih dahulu. Riset pasar dilakukan dengan tujuan mengamati kondisi pasar saat ini dan juga brand lain yang menjadi kompetitor. Selain itu, dengan melakukan riset pasar, Anda akan dapat lebih memahami siapa target potensial dari bisnis yang Anda geluti.

Kenali Target Konsumen

Jika riset pasar sudah dilakukan, tentunya Anda sudah mendapat gambaran tentang siapa target konsumen yang hendak dituju. Namun, sekadar mengetahuinya saja tidak cukup. Anda perlu mengetahui lebih dalam karakter dari target konsumen melalui pendapat mereka tentang hal yang sebenarnya diinginkan.
Setelah mendengar apa-apa saja yang diinginkan konsumen, Anda bisa mempelajarinya. Untuk bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat, coba lakukan survei kecil-kecilan meliputi berbagai hal tentang brand. Lalu, opsi lainnya adalah dengan memposisikan diri sebagai konsumen. Coba berbelanja dan pelajari brand dari produk yang Anda beli itu.

Bangun Citra dan Nilai Produk

Citra dan nilai produk menjadi poin yang sangat penting saat tengah membangun brand. Jika dua poin sebelumnya dilihat dan dipertimbangkan dari sisi pebisnis saja, tetapi berbeda dengan yang satu ini. Citra dan nilai produk merupakan bagian dari brand yang dilihat dan dirasakan langsung oleh konsumen.
Perlu diingat bahwa keunikan produk tidak melulu berhubungan dengan proses produksinya, tetapi bisa juga dari bentuk pengemasan produknya. Selain itu, citra dan nilai produk dimaksudkan untuk membedakan produk dari bisnis Anda dengan milik orang lain. Oleh karena itu, pastikan untuk menciptakan produk yang menarik, unik, dan serbaguna. Artikel ini untuk lebih perihal pembahasan membangun brand identity untuk bisnis kamu.

Gencarkan Kegiatan Promosi

Jika Anda telah melakukan langkah-langkah di atas dan memastikan brand Anda sudah siap untuk dipasarkan, maka jangan segan untuk melakukan kegiatan pemasaran atau branding produk. Saat ini ada berbagai jenis kegiatan promosi, mulai dari offline hingga online.
Pemasaran online cenderung memiliki jangkauan yang luas dan variatif. Anda bisa melakukan branding pada berbagai macam channel, mulai dari media sosial, website resmi, sampai dengan aplikasi-aplikasi yang berkaitan dengan produk tersebut. Ada 4 strategi efektif pemasaran online yang telah dirangkum dan bisa kamu pelajari juga. )

Itu tadi sejumlah tips yang dapat diterapkan saat Anda hendak membangun brand sendiri. Selain empat cara di atas, untuk dapat meningkatkan profit, kamu tentu harus mempermudah akses konsumen saat berbelanja di toko Anda. Salah satunya dengan menyediakan layanan checkout yang dapat diakses selama 24/7. Semakin mudah konsumen membeli produk Anda, semakin besar kemungkinan untuk membelinya. Lalu, bagaimana caranya? Mudah saja, cukup integrasikan website bisnis Anda dengan payment gateway.

Dengan payment gateway, Anda juga dapat menyediakan berbagai metode pembayaran untuk permudah transaksi konsumen. Satu payment gateway yang dapat mendukung seluruh proses transaksi pada bisnis online adalah Payment Gateway Duitku. Metode pembayaran Payment Gateway Duitku menjadi win-win solution untuk kedua belah pihak, baik konsumen dan juga Anda selaku pemilik bisnis. Sistem transaksi yang transparansi dan aman akan membuat Anda dapat fokus pada bisnis tanpa perlu khawatir akan jalannya proses pembayaran.

Duitku juga menyediakan berbagai macam channel pembayaran, mulai dari e-Wallet, QRIS, kartu kredit, virtual account, sampai dengan gerai retail. Yuk, segera integrasikan bisnis online-mu dengan Payment Gateway Duitku.

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.