Terima Pembayaran di Platform ODOO, ERP Gratis Open Source

Duitku Admin on Sep 23, 2022 in Information
Berbisnis di era digital tak lengkap jika tidak menggunakan setiap kemajuan teknologi untuk menunjang kebutuhan perusahaan. Salah satunya adalah teknologi ERP dan CRM. Odoo adalah teknologi software manajemen bisnis ERP dari Belgia dan banyak digunakan oleh berbagai perusahaan di berbagai negara. Salah satu alasan mengapa Odoo sangat populer adalah dikarenakan Odoo dapat digunakan secara gratis. Odoo merupakan software open-source, sehingga perusahaan atau pebisnis dapat mengunduh Odoo langsung dari website resmi Odoo tanpa membayarkan biaya pemakaian atau biaya lisensi / perizinan. Untuk mengenal Odoo lebih jauh, mari kita ketahui lebih dahulu apa itu ERP dan CRM.
ERP dan CRM adalah teknologi dan sistem yang memudahkan perusahaan untuk mengelola segala aspek bisnis dan proses bisnis perusahaan. Software ERP dan CRM perusahaan memungkinkan setiap pengelola perusahaan untuk berinteraksi dalam satu platform, berbagi informasi, dan memungkinkan kolaborasi lintas divisi.
ERP (Enterprise Resource Planning) adalah aplikasi Perencanaan sumber daya perusahaan yang dapat mengotomatisasi proses bisnis. Dengan menggunakan ERP, pengguna akan diberikan wawasan dan kontrol internal, pendataan database pusat yang mengumpulkan masukan dari departemen termasuk akuntansi, manufaktur, rantai pasokan, penjualan, pemasaran dan sumber daya manusia (SDM). Dengan kata lain, ERP adalah sistem yang membantu mengelola bisnis mulai dari keuangan, SDM, produksi, hingga pemasaran.
Sedangkan, CRM (Customer Relationship Management) adalah sebuah strategi bisnis yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan, tapi menggunakan teknologi. Mengingat, banyak hal yang harus diurus dalam berbisnis, maka ERP dan CRM adalah teknologi yang akan sangat membantu kelangsungan perusahaan.

Pengertian ODOO

Setelah memahami apa itu ERP dan CRM, kali ini yang menjadi pertanyaan adalah, apa itu ODOO? Maka dari itu, kami akan mengulas mengenai pengertian ODOO dan juga beberapa fitur yang terdapat di platform ODOO.
ODOO adalah sebuah aplikasi atau software bisnis yang menawarkan banyak kemudahan bagi para pelaku bisnis untuk mengelola kebutuhan perusahaan. ODOO dikenal sebagai OpenERP atau ERP Open Source, yakni software yang berfungsi untuk melakukan perencanaan Sumber Daya Perusahaan atau Enterprise Resource Planning (ERP). ODOO kemudian berkembang semakin pesat dengan menawarkan berbagai fitur, mulai dari segi keuangan, penjualan, SDM, pemasaran, website, inventory, produktivitas, hingga layanan lainnya.
Yang menarik, fitur-fitur dan layanan dari ODOO dapat didapatkan oleh para pelaku bisnis secara gratis. Apa saja fitur-fitur utama dari ODOO?

Fitur – Fitur Utama ODOO

  1. Akuntansi
  2. ODOO menawarkan fitur Akuntansi yang akan membantu mengelola keuangan perusahaan menjadi lebih produktif dan dalam waktu yang lebih singkat.
    Melalui fitur ini, pengguna dapat melakukan sinkronisasi bank yang memungkinkan laporan bank yang disinkronisasikan ke bank penggunanya. Tak hanya itu, terdapat layanan faktur, pengelolaan tagihan dan pengeluaran, serta rekonsiliasi yang mudah.

  3. CRM
  4. Layanan CRM yang disediakan ODOO dapat melacak prospek hingga merealisasikan peluang dengan forecast yang akurat. Dengan begitu, pengguna akan mendapatkan data yang tepat agar dapat ditindaklanjuti untuk membuat keputusan perusahaan yang lebih baik.

  5. E-Commerce
  6. Dengan ODOO, pengguna dapat mewujudkan toko online open source yang modern atau e-commerce. ODOO juga menawarkan solusi All-in-One yang terintegrasi, terinventarisasi, dan penjualan pun dapat mudah dikelola melalui penyesuaian dan pelaporan stok otomatis.

  7. Manufaktur
  8. Dengan menggunakan ODOO, pengguna dapat mengelola semua perakitan dan operasi manufaktur mereka dan secara otomatis memicu pemeriksaan kualitas untuk departemen manufaktur sehingga ini akan mempersingkat pekerjaan.

  9. Karyawan
  10. ODOO memungkinkan penggunanya untuk mengelola SDM atau karyawan secara All-in-one, mulai dari rekrutmen, penilaian, pengeluaran, cuti, kehadiran, dan sebagainya.

  11. Inventaris
  12. Dalam berbisnis, mengelola inventaris adalah hal yang pokok. Karena itu, ODOO memberikan layanan inventaris untuk memaksimalkan efisiensi gudang dengan software online yang menunjang manajemen gudang secara modern.

Keuntungan ODOO untuk Bisnis

Seperti yang telah disebutkan di atas, ODOO menawarkan banyak fitur yang bisa menunjang bisnis. Berbagai pilihan aplikasi sesuai dengan kebutuhan dan industri tersedia dan pengguna cukup membayar aplikasi sesuai yang mereka butuhkan.
Berikut beberapa keuntungan menggunakan ODOO untuk bisnis:

  1. Solusi lengkap untuk menjalankan bisnis.
  2. Odoo adalah rangkaian software bisnis yang mencakup modul seperti Inventaris, Penjualan, CRM, Akuntansi, Manufaktur, SDM, dan banyak lagi. ODOO memiliki lebih dari 10.000 aplikasi sehingga kebutuhan industri khusus pun terpenuhi.

  3. Menghemat dengan biaya implementasi yang rendah.
  4. ODOO memiliki biaya implementasi yang relatif rendah. ODOO dengan versi komunitas tidak memiliki biaya lisensi meskipun fitur yang ditawarkan tidak selengkap versi enterprise. Sedangkan, ODOO versi enterprise masih berada di tarif terjangkau jika dibandingkan dengan brand lain dengan jenis serupa.

  5. Mudah diintegrasikan dan dioperasikan.
  6. ODOO merupakan perangkat yang API-friendly dan mudah diintegrasikan. Jika pengguna sebelumnya telah menggunakan perangkat lunak lain, maka dengan ODOO pengguna tetap dapat mengintegrasikannya dengan sistem ERP baru.
    Tak hanya mudah diintegrasikan, tapi ODOO juga mudah dioperasikan. Sebab, ODOO memiliki struktur modular (penjualan, akuntansi, inventaris, dll. yang dibagi menjadi beberapa bagian, atau modul) sehingga ODOO dapat diimplementasikan dalam pendekatan bertahap. Dengan begitu, pengerjaan menjadi lebih praktis dan cepat.

Tipe Bisnis yang Cocok Menggunakan ODOO

Hingga kini, sudah lebih dari 7 juta pengguna yang mengembangkan bisnis mereka menggunakan ODOO. ODOO adalah solusi ERP yang cukup baik untuk bisnis kecil dan beberapa perusahaan menengah.
Berikut tipe bisnis yang cocok menggunakan ODOO:
  • Pengecer, termasuk e-Commerce online dan bisnis fisik
  • Perusahaan dengan operasi layanan lapangan
  • Perusahaan R&D
  • Perusahaan jasa
  • Perusahaan pemasaran
  • Perusahaan manufaktur
  • Perusahaan distribusi
  • Perusahaan pelatihan
  • Konsultan dan Mitra Odoo
  • Perusahaan IT dengan pengembang terlatih
  • Kantor akuntan.

Bagaimana cara Menggunakan ODOO?

Jika belum pernah menggunakan ODOO, tidak perlu khawatir, ODOO menyiapkan video Getting Started yang berisi panduan dan tata cara untuk mempelajari sistem ERP dan CRM dari ODOO. Untuk menginstalnya, kamu dapat menggunakan mitra ODOO bersertifikat sehingga berbagai layanan dari ODOO dapat kamu nikmati dengan mudah.

Payment Gateway untuk Menerima Pendapatan dan Mengirim Pembayaran yang Terintegrasi di E-commerce ODOO

Supaya proses operasional bisnis kamu semakin otomatis, Odoo juga dapat disambungkan dengan payment gateway, sehingga arus kas dan penerimaan pembayaran / pendapatan kamu dapat berjalan otomatis secara real. Payment Gateway merupakan teknologi keuangan gerbang pembayaran yang dapat menyambungkan platform kamu dengan berbagai bank atau institusi keuangan lainnya untuk menerima dan mengirim pembayaran.
Salah satu payment gateway yang memberikan fasilitas untuk menyambungkan bisnis berbasis ODOO kamu dengan pembayaran online adalah Duitku. Duitku menyediakan plugins yang dapat diinstall untuk platform Odoo melalui dashboard Odoo kamu, untuk integrasi yang lebih cepat dan praktis.
Duitku sendiri merupakan payment gateway yang telah berizin dari bank Indonesia, yang menawarkan berbagai metode pembayaran (transfer bank, e-wallet, retail, kartu kredit, etc) dengan harga yang kompetitif. Sistem disbursement Duitku juga dapat digunakan untuk mengirimkan pembayaran ke mitra maupun pemasok bisnis hingga karyawan dengan mudah.

Langkah-langkah Integrasi e-Commerce Odoo dengan Plugins Duitku POP

  • Download plugin Duitku untuk Odoo pada link berikut
  • Untuk instalasi plugin pada Odoo, kamu harus menyimpan plugin pada Odoo Addons Path
  • Kemudian setelah menyimpan plugin payment_duitku pada addons path kamu, buka Odoo administrator kamu.
  • Pada bagian Odoo Apps List, temukan Duitku Payment Acquire, lalu klik install (Pastikan kamu telah menginstall aplikasi wajib lainnya seperti Invoicing, Website dan eCommerce)

  • Masuk ke halaman Website
  • Di menu bagian atas, kamu bisa menemukan Configuration ➜ eCommerce ➜ Payment Acquirers

  • Pada daftar Payment Acquirers klik Duitku Payment
  • Edit payment tersebut dan masukkan dengan Duitku credentials. (Jika kamu belum memiliki credentials, kamu dapat memulai dengan membuat project pada Dashboard Duitku

  • Kemudian klik save, dan kamu telah berhasil memasang Duitku pada Odoo kamu. Kamu dapat melihat payment Duitku pada halaman checkout seperti berikut

Duitku adalah layanan payment gateway dan disbursement yang sudah berizin dari Bank Indonesia. dengan menyambungkan situs kamu ke payment gateway Duitku, kamu dapat membuka jalur penerimaan pembayaran melalui 26+ metode pembayaran seperti transfer bank, e-wallet, gerai retail, kartu kredit, hingga layanan paylater!
Lakukan instalasi ODOO dengan cepat dan mudah hanya melalui DUITKU serta nikmati kemudahan bertransaksi dan mengelola bisnis kamu. Pastikan proses bisnis kamu semakin efisien dengan pencatatan yang aktual dan real-time untuk dapat fokus bersaing mendapatkan pasar yang lebih luas!
Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami 24/7 atau daftar untuk mulai saat ini juga.