Terima Pembayaran di Platform e-Learning Moodle Dengan Plugins Duitku Payment Gateway

Duitku Admin on Jul 6, 2022 in Information

Saat ini aktifitas sudah mulai kembali normal, tetapi ada beberapa hal yang terbentuk pada masa pandemi dan masih kita terapkan hingga saat ini. Salah satunya adalah E-learning atau pembelajaran online, dimana banyak sekali orang yang mengembangkan platform pembelajaran berbasis online untuk menunjang kebutuhan dalam bidang pendidikan. Dengan seiringnya perkembangan teknologi, membuat kelas pembelajaran online atau E-learning bukan lagi hal yang sulit karena saat ini telah banyak teknologi yang dapat digunakan untuk membuat E-learning yang menarik.

LMS atau Learning Management System adalah salah satu software atau perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menunjang teknologi pendidikan. LMS ini sendiri sering digunakan oleh mulai dari institusi pendidikan, perusahaan, dan juga lembaga kursus online.

Apa Itu LMS?

LMS atau Learning Management System adalah sebuah sistem untuk membantu kamu merancang aplikasi e-learning berbasis web dan mengelola seluruh konten di dalamnya. Sebenarnya, LMS adalah sebuah CMS (content management system) seperti WordPress, Wix, dan lainnya. Namun, LMS lebih dirancang khusus untuk memfasilitasi e-learning.

Mengenal Moodle

Salah satu LMS yang paling banyak digunakan adalah Moodle yang merupakan platform layanan edukasi berbasis online yang menawarkan dan memiliki banyak keunggulan dari segi penggunaannya. Moodle dikenal sebagai platform LMS yang gratis dan open source. Jadi, penggunaan Moodle ini boleh dipakai lisensinya secara gratis oleh semua penggunanya. Bahkan, penggunanya juga bisa mengembangkan Moodle sesuai dengan kebutuhannya. Jadi, apabila kamu ingin menciptakan sebuah aplikasi pembelajaran seperti e-learning, maka kamu dapat menggunakan Moodle sebagai alternatif pilihan terbaik.

Moodle memiliki 3 variasi yaitu Moodle.com, Moodle.org, dan Moodlecloud.com. Ketiga jenis model ini memiliki perbedaan tersendiri sebagai berikut :

  1. Moodle.com

  2. Moodle.com adalah produk komersial dari Moodle HQ. Moodle.com menjadi tempat dimana kamu bisa mendapat detail terkait Moodle Partners di negara kamu dan layanan komersial apa saja yang bisa mereka tawarkan.

  3. Moodle.org

  4. Moodle.org ini adalah sebuah website komunitas bagi MoodleProject. kamu bisa mendownload source code dan plugins lewat website ini. Di website ini jugalah kamu dapat menemukan forum support Moodle yang akan membantu kamu menemukan solusi bagi kendala kamu dalam penggunaan Moodle.

  5. Moodlecloud.com

  6. Moodlecloud.com merupakan portal gratis yang dibuat oleh Moodle HQ. Dengan portal ini, kamu bisa membangun sendiri situs belajar online secara gratis. Jika kamu membuat sebuah portal dengan Moodlecloud, kamu akan mendapat sebuah URL seperti http://www.(namawebsite).moodlecloud.com/. Kemudian, materi pembelajaran kamu akan di host oleh server Moodle. Ini bisa menjadi pilihan yang tepat buat organisasi dan institusi yang belum punya budget besar.

Jika kamu ingin membuat platform e-learning untuk mendistribusikan kelas online kamu, pastikan kamu dapat memberikan akses kepada setiap pelanggan dengan mudah. Salah satunya dengan melakukan otomasi pembayaran, supaya user bisa mendapatkan akses setelah melakukan pembayaran secara real-time. Hal ini tentunya juga akan menambah pengalaman bertransaksi dan kepuasan customer akan produkmu.

Payment gateway menjadi salah satu teknologi yang dapat mendukung sistem pembayaran di website atau aplikasi online kamu. Kamu dapat menghubungkan platform kamu dengan service payment gateway. Payment gateway menghubungkan website kamu ke berbagai bank dan institusi jasa keuangan supaya kamu dapat menerima pembayaran secara real time.

Salah satu payment gateway Indonesia yang dapat digunakan untuk support platform e-learning kamu adalah Duitku. Berizin dari Bank Indonesia, Duitku sudah bekerja sama dengan berbagai bank dan institusi keuangan untuk menyediakan 24+ metode pembayaran untuk memfasilitasi user platform mengakses kelas online kamu, dari transfer bank, e-wallet, kartu kredit, hingga service paylater.

Bagi kamu yang memiliki platform e-learning berbasis Moodle, Duitku juga menyediakan plugins yang bisa langsung diinstall melalui dashboard Moodle untuk memudahkan integrasi kamu. Kamu dapat menerima pembayaran langsung di platform Moodle tanpa harus melakukan integrasi melalui koding API.

Duitku memiliki 2 plugins Moodle yang dapat disesuaikan menurut kebutuhanmu, yaitu Payment on enrolment dan Payment Account. Berikut perbedaannya.

Enrolment Payment account
Uang terkumpul dalam 1 akun Uang terkumpul dapat dipisahkan berdasarkan kelas/bundle yang dibeli
Sesuai untuk website yang dijalankan oleh 1 administrator/pemilik platform dan tidak ada pembagian dana Sesuai untuk website kolaboratif, dimana kelas atau modul yang tersedia menjadi hak pihak yang berbeda.
Diatur dari menu Site Administration > Enrolments Diatur dari menu Site Administration > Payment Gateways

Video Tutorial Enrolment Type
Video Moodle – Payment Account

Berikut langkah-langkah mengintegrasikan plugin Moodle di Duitku :

  1. Installation
    1. Download plugin Moodle Duitku sesuai kebutuhanmu di sini
    2. Masuk ke moodle anda dengan akun admin > Site administration > (tab) Plugins
    3. Klik install plugins
    4. Pilih Install plugin from ZIP file dan upload file plugin Duitku (ZIP) yang telah didownload.
    5. Pilih Continue dan plugin akan langsung terinstall
  2. Duitku Configuration
    1. Setelah plugins ter-install, masuk ke halaman Site administration. klik General > Payments > Payment accounts.
    2. Duitku akan muncul pada salah satu pilihan payments. Klik Duitku.
    3. (Jika tidak muncul, silahkan aktifkan terlebih dahulu di halaman Site administration > (tab) Plugin > Payment gateways -> Manage payment gateways. Anda akan melihat Duitku dengan logo mata tercoret. Klik logo tersebut hingga menampilkan logo mata saja. Kembali ke halaman akun payment.)
    4. Di payment account duitku anda, anda dapat memasukan nama akun pembayaran anda. Klik tanda centang ‘Enable’ untuk mengaktifkan payment.
    5. Masukan API Key dan Merchant Code yang Anda dapat di halaman My Project dashboard Duitku. Cek cara mendapatkan API key disini.
    6. Atur waktu Expiry period dan pengaturan pembayaran moodle anda.
    7. Klik tombol Save changes untuk menyimpan pengaturan. Konfigurasi payment gateway telah selesai.

Saat ini, platform Moodle tidak menyediakan laporan khusus transaksi pembayaran. Namun pembelian di platform Moodle kamu akan tercatat bersama perubahan pada platform lainnya melalui tab menu Reports > Live logs

Jika kamu ingin melihat laporan penjualanmu, kamu dapat mengakses laporan transaksi melalui Dashboard Duitku. Setiap transaksi, baik hanya merupakan inquiry ataupun yang telah dibayarkan, akan langsung tercatat di Dashboard Duitku, dan dapat kamu filter sesuai kebutuhan.

Dengan plugin yang telah kompatibel dengan platform Moodle, kamu dapat menerima pembayaran secara real time hanya dengan beberapa klik. Pastikan transaksi pembayaran di platform kamu berjalan lancar 24/7 untuk meningkatkan pengalaman belajar dan kepuasan user platform e-learning kamu dengan Duitku payment gateway.

Untuk semua kebutuhan plugin kamu, DUITKU Solusinya!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami 24/7 atau daftar untuk mulai saat ini juga.