Pilihan Pembayaran Shopee PayLater, Kenali Cara Pakai dan Bunganya

Duitku Admin on Jun 18, 2022 in Information

Seiring perkembangan transaksi digital yang pesat, semakin banyak fitur dari e-commerce atau teknologi jual beli barang atau jasa dengan sistem elektronik. Salah satunya terkait dengan kemudahan pembayaran. Jika sebelumnya fitur virtual account atau e-wallet menjadi primadona pembayaran di e-commerce, kini berbagai platform e-commerce mulai bersaing menghadirkan fitur pembayaran pay later.

Paylater adalah metode pembayaran yang menawarkan sistem cicilan atau bayar nanti di bulan selanjutnya tanpa harus menggunakan kartu kredit. Salah satu e-commerce yang menggunakan metode pembayaran ini adalah Shopee. Sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Shopee menerapkan pembayaran Shopee PayLater tentu dapat menarik minat belanja konsumen.

Apa Itu Shopee PayLater?

Shopee PayLater adalah metode pembayaran Beli Sekarang Bayar Nanti yang disediakan oleh PT Commerce Finance di aplikasi Shopee dan diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan Shopee PayLater, konsumen dapat melakukan pembelian terlebih dahulu dan membayarnya di bulan berikutnya, atau dengan metode cicilan selama beberapa bulan.

Selain sebagai metode pembayaran di Shopee, konsumen juga dapat menggunakan Shoope PayLater untuk membayar tagihan-tagihan, misalnya tagihan listrik, wifi, pulsa, paket data, PDAM, dan sebagainya.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Shopee PayLater?

Shopee PayLater hanya dapat diaktifkan oleh pengguna terpilih melalui aplikasi Shopee. Jika terpilih, pengguna akan mendapatkan notifikasi untuk mengaktifkan Shopee PayLater. Jika sudah mendapatkan notifikasi, untuk mengaktifkan Shopee PayLater, pengguna dapat memilih “Shopee PayLater” di halaman Saya > pilih Aktifkan Sekarang > masukkan Kode Verifikasi (OTP)* > pilih Lanjut.

Pengguna akan diminta mengunggah foto KTP dengan menggunakan kamera belakang. Pastikan posisi KTP tepat pada bingkai yang tersedia. Kemudian ambil foto, masukkan nama dan NIK, lalu pilih konfirmasi. Setelah itu, masukkan informasi tambahan dan pilih konfirmasi.

Lakukan Verifikasi Wajah dengan memilih Mulai Verifikasi Wajah > arahkan wajah ke dalam bingkai yang ditunjukkan dan pastikan mengambil gambar di ruangan yang terang. Jika sudah berhasil, maka Shopee akan mengirimkan notifikasi bahwa pengajuan sedang diproses. Setelah pengajuan disetujui, akan muncul pop up notifikasi yang berisi keterangan aktivasi berhasil dan informasi limit umum serta limit cicilan untuk melakukan transaksi menggunakan Shopee PayLater.

Berapa Limit Yang Didapatkan Dari Mengaktifkan Shopee PayLater?

Setelah Shopee PayLater aktif, maka Shopee akan menginformasikan lilit yang diterima. Limit pertama Shopee PayLater setelah aktivasi biasanya sebesar Rp750.000. Namun, limit tersebut dapat terus bertambah seiring semakin banyaknya transaksi yang dilakukan menggunakan Shopee PayLater. Limit juga bisa berkurang lho, hal ini bisa dikarenakan oleh faktor-faktor berikut :

  1. Shopee PayLater jarang digunakan
  2. Membayar tagihan lewat dari tanggal jatuh tempo
  3. Akun Shopee bermasalah
  4. Shopee PayLater belum terverifikasi

Tapi kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa cara untuk menaikkan limit atau mengembalikan limit Shopee PayLater kamu yang sempat turun :

  1. Rajin bertransaksi dengan metode pembayaran selain Shopee PayLater (COD, bank transfer, virtual account dll)
  2. Pakai metode pembayaran pay later (kartu kredit, akulaku, kredivo, dll)
  3. Membayar tagihan Shopee PayLater tepat waktu atau di awal tanggal jatuh tempo
  4. Update aplikasi Shopee versi terbaru

Bagaimana Bunga Dan Denda Shopee PayLater?

Shopee PayLater menawarkan 4 jenis periode cicilan saat pembeli melakukan check out atau transaksi pembelian. Periode cicilan tersebut dibagi menjadi cicilan 1x atau beli sekarang, bayar nanti, cicilan 3x, 6x, hingga 12x (khusus pengguna terpilih). Setiap transaksi menggunakan Shopee PayLater dikenakan biaya penanganan sebesar 1% per transaksi, dengan suku bunga minimal 2,95% dari total pembayaran.

Jika pembeli terlambat melakukan pembayaran, maka denda yang didapatkan adalah sebesar 5% per bulan dari seluruh total tagihan yang telah jatuh tempo, termasuk tagihan sebelumnya.

Bagaimana Cara Bertransaksi Menggunakan Shopee PayLater?

Cara melakukan transaksi di Shopee menggunakan Shopee PayLater cukup mudah. Ketika pengguna sudah memilih barang yang akan dibeli, centang barang tersebut di keranjang, kemudian klik Check Out. Pengguna diharuskan mengisi alamat pengiriman, opsi pengiriman, dan mengecek kembali pesanan. Jika sudah, klik Metode Pembayaran dan pilih Shopee PayLater.

Setelah itu, pengguna akan diminta memilih jenis periode cicilan. Pilih salah satu (1x, 3x, 6x atau 12x) dan klik Konfirmasi. Kemudian pengguna akan diarahkan ke autentikasi identitas dengan mengisi kode pin Shopeepay. Setelah pin Shopeepay dimasukkan maka transaksi akan otomatis diproses.

Apa Kelebihan Dan Kekurangan Shopee PayLater?

Sebagai metode pembayaran yang memudahkan, tapi cukup riskan, berikut kelebihan dan kekurangan dari Shopee PayLater.

Kelebihan Shopee PayLater

  1. Pengguna dimudahkan untuk mencicil pembelian barang atau jasa tanpa harus memiliki kartu kredit.
  2. Proses pengajuan cukup mudah.
  3. Bunga lebih rendah dibandingkan pinjaman online lain.
  4. Bunga biaya administrasi sangat rendah.
  5. Menawarkan beberapa periode cicilan, bahkan hingga 12x.
  6. Pembeli dapat memilih tanggal jatuh tempo sendiri.
  7. Terpercaya dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  8. Banyak promo dan cashback yang ditawarkan

Kekurangan Shopee PayLater

  1. Tidak dapat dicairkan dalam bentuk uang cash atau dana.
  2. Limit hanya dapat digunakan untuk platform Shopee.
  3. Meski bunga rendah, denda keterlambatan cukup tinggi, yakni 5%.
  4. Limit awal cukup rendah.
  5. Jika tidak digunakan dengan bijak, menggunakan Shopee PayLater dalam membuat pengguna terlilit hutang pinjaman yang menumpuk.

Penggunaan Shopee PayLater memang sangat memudahkan dan membantu masyarakat yang ingin membeli barang atau jasa tapi belum memiliki dana pada saat pembelian. Jadi pengguna harus sangat bijak dalam menggunakan fitur tersebut. Kemudahan metode pembayaran pay later juga bisa kamu sediakan di bisnis onlinemu tanpa harus menggunakan aplikasi Shopee.

Jika kamu adalah pelaku usaha atau jasa yang ingin memanfaatkan sistem pembayaran seperti Shopee PayLater atau metode cicilan lainnya, caranya sangat mudah. Daftarkan website bisnismu ke layanan payment gateway DUITKU. Payment gateway DUITKU memungkinkan transaksi dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun dengan konsep sosial, harga, dan pelayanan terbaik yang sudah diberikan sejak awal berapapun volume transaksinya.

Merchant yang dapat membukakan metode ini adalah merchant dengan Average Basket Size (AVB) atau rata-rata nilai transaksi diatas 300 ribu rupiah, bergerak di bidang retail dan jasa (travel, etc). Namun, jika website/aplikasi kamu bergerak di bidang usaha lainnya, kamu juga bisa mulai dengan membuka metode pembayaran ShopeePay terlebih dahulu sebelum mendaftarkan usahamu untuk jalur pembayaran Shopee PayLater.

Pembayaran dengan sistem cicilan pun bisa pelanggan kamu dapatkan dengan mudah dan aman karena pembayaran kredit DUITKU telah diawasi oleh Bank Indonesia. Bergabunglah dengan DUITKU dan dapatkan beragam fasilitas transaksi yang akan memudahkan dan mendukung bisnismu!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.