Mengenal Payment Link dan Cara Membuatnya

Duitku Admin on Jun 13, 2022 in Information

Seiring berkembangnya teknologi, metode pembayaran kini muncul dalam berbagai ragam. Hal ini tentu memudahkan pebisnis dalam menyediakan sarana pembayaran untuk pelanggannya. Nah, salah satu sistem pembayaran yang banyak digunakan oleh pebisnis saat ini adalah payment link.

Sistem payment link dinilai praktis dan tidak membutuhkan modal yang besar. Selain itu, proses pembayaran dengan payment link juga minim resiko karena tidak harus mencantumkan data kartu. Lalu apa itu payment link dan bagaimana cara menggunakannya? Berikut ulasan mengenai payment link:

Apa Itu Payment Link?

Payment link adalah tautan yang dapat digunakan seseorang di dalam peramban internet, pesan teks, email, aplikasi, atau media sosial untuk membayar sejumlah uang tertentu secara online. Tautan pembayaran pada dasarnya adalah URL atau kode QR yang membawa pelanggan ke halaman web yang berdiri sendiri dan dapat dibuat dalam beberapa menit. Pelanggan yang mengklik tautan akan dikirim ke halaman checkout di mana mereka dapat menyelesaikan transaksi.

Kamu dapat menyiapkan tautan unik untuk setiap barang atau layanan yang kamu jual. Satu payment link dapat memfasilitasi transaksi untuk satu penerima yang dituju, seperti halnya faktur, hingga jumlah pelanggan yang tidak terbatas. Dengan kata lain, payment link adalah tautan pembayaran yang disediakan oleh penyedia layanan pembayaran.

Cara Kerja Payment Link

Setelah membuat tautan pembayaran kamu harus membagikan tautan pembayaran tersebut. Setelah itu, kamu hanya perlu menunggu pembayaran yang dilakukan customer. Secara rinci, berikut cara kerja payment link:

  1. Pedagang membuat tautan pembayaran
  2. Pedagang membagikan tautan pembayaran
  3. Pelanggan mendapatkan link
  4. Pelanggan mengklik tautan
  5. Tautan tersebut kemudian mengarahkan pelanggan ke halaman pembayaran yang aman
  6. Pelanggan melakukan pembayaran online dengan metode yang ditawarkan (dompet, UPI, kartu, net banking, dll)
  7. Merchant mendapat notifikasi setelah pembayaran berhasil.

Jenis Payment Link

Payment link dapat merujuk ke salah satu transaksi online berikut :

  1. Tautan satu kali dikirim melalui SMS, email, pesan obrolan, media sosial, atau cara lain untuk memungkinkan penerima memasukkan detail pembayaran di browser.
  2. Tautan faktur email. Dengan faktur, kamu menentukan detail penerima seperti nama, alamat, PPN, dan detail perusahaan. Selain itu, sistem faktur cenderung mengirim email pengingat jika pembayaran melewati tanggal jatuh tempo.
  3. ‘Tombol Beli’ yang ditempatkan di situs web e-niaga, yang akan membawa kamu ke halaman checkout toko online biasa.

Semua jenis payment link tersebut akan memproses transaksi setelah pelanggan mengklik tautan dan sistem akan mengarahkannya ke halaman pembayaran tempat pelanggan memasukkan detail kartu dan informasi penting lainnya, lalu mengirimkan pembayaran yang diproses melalui internet. Setelah itu, pedagang akan menerima konfirmasi dari transaksi tersebut.

Manfaat Payment Link Untuk Merchant

Bagi merchant atau pedagang, payment link akan mendatangkan sejumlah manfaat berikut:

  1. Keamanan terjamin
  2. Membuat dan membagikan tautan pembayaran didukung dengan gateway pembayaran yang aman. Sebagian besar payment link dilengkapi dengan penanganan scamming dan tolak bayar serta membantu pedagang dan pelanggan untuk mempermudah transaksi.

  3. Mengurangi biaya overhead
  4. Menerima payment link mengurangi kebutuhan akan perangkat penerimaan pembayaran fisik eksternal (seperti terminal POS) atau aplikasi pihak ketiga yang lain. Hal ini dapat menghemat waktu dan biaya untuk pemasangan, pemeliharaan, dan pelatihan.

  5. Bisa dilampirkan pesan khusus
  6. Payment link dapat dibagikan di media sosial atau platform media sosial apapun. Pedagang dapat melampirkan pesan khusus sembari membuat tautan pembayaran untuk menarik pelanggan, untuk mempromosikan produk, dan sejenisnya.

  7. Transaksi lebih fleksibel
  8. Menerima pembayaran melalui tautan pembayaran memungkinkan pedagang membuat tautan pembayaran untuk pesanan pembayaran yang fleksibel dan bervariasi, atau menerima pembayaran dengan mencicil.

  9. Meningkatkan pengalaman pelanggan
  10. Menerima pembayaran melalui berbagi tautan memenuhi kebutuhan bisnis Multi Saluran, karena selalu tersedia di ponsel pedagang. Payment link juga menawarkan pembayaran di tempat dengan tingkat transaksi yang lebih cepat. Hal ini dapat meningkatkan pengalaman pelanggan secara keseluruhan yang berkontribusi pada peningkatan pendapatan.

  11. Meningkatkan kepuasan pelanggan
  12. Penerimaan pembayaran melalui berbagi tautan meningkatkan tingkat layanan dan meningkatkan kenyamanan bagi pedagang serta pelanggan. Dengan tautan pembayaran yang fleksibel, pelanggan dapat membayar dari manapun mereka mau dengan opsi pembayaran yang disukai. Hal ini meningkatkan kepuasan pelanggan dan dapat digunakan untuk membangun basis pelanggan yang loyal.

Cara Membuat Payment Link

Payment link dibuat melalui laman payment gateway oleh merchant dengan mengisi detail identitas pembeli dan jumlah pembayaran. Setelah itu, penyedia layanan gateway atau provider akan membuat kan link khusus yang bisa di bagian merchant atau penjual kepada para pembeli. Dengan payment link, kamu dapat membuat halaman pembayaran dan membagikan tautannya dengan pelanggan kamu.

Proses tersebut tidak memerlukan pengkodean dan kamu dapat membagikan tautan sebanyak yang kamu inginkan di media sosial, dalam email, atau saluran lainnya. Kamu juga dapat membuat tautan pembayaran secara terprogram dengan menggunakan API Tautan Pembayaran. Secara rinci, berikut cara membuat payment link :

  1. Buat link
  2. Pilih provider yang menyediakan layanan pembuatan payment link. Kamu harus membuat akun bisnis dengan provider penyedia payment link sebelum menggunakan layanan tautan pembayaran mereka.

  3. Bagikan link
  4. Setelah membuat tautan, kamu akan secara otomatis melihat halaman detail. Klik tautan untuk menyalinnya dan membagikannya dengan pelanggan kamu. Kamu dapat membagikan dan menggunakan kembali satu tautan untuk beberapa kali transaksi.

  5. Lacak pembayaran
  6. Biasanya, kamu bisa melacak pembayaran di bagian dasbor pada halaman provider. Beberapa provider juga mengirimkan email setelah terjadi transaksi.

Mau terima pembayaran langsung di website atau platform aplikasi online kamu? Yuk register dan pakai DUITKU sekarang!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.