Apa Itu Kartu Kredit Korporat dan Kegunaannya?

Duitku Admin on Jun 14, 2022 in Information

Seiring perkembangan zaman, dunia transaksi semakin dipermudah dengan adanya alat pembayaran kartu. Dengan kartu, transaksi dapat dilakukan dimanapun, kapanpun, dan berapapun, tanpa harus membawa uang cash atau tunai. Dua jenis alat pembayaran kartu yang paling sering digunakan adalah kartu debit dan kartu kredit. Keduanya jelas berbeda, meskipun sama-sama memiliki limit penggunaan.

Kartu kredit adalah alat pembayaran menggunakan kartu (APMK) yang dapat digunakan untuk bertransaksi dimana pemilik kartu berkewajiban melakukan pelunasan pembayaran setelahnya. Pelunasan tersebut dapat dilakukan secara sekaligus (charge card) ataupun dengan cara angsuran (cicilan).

Mengapa kartu kredit diperlukan? Penggunaan kartu kredit secara tepat dapat menekan cash flow. Selain itu, banyak penawaran promo, potongan harga, hingga rewards yang diberikan kartu kredit sehingga dapat menekan pengeluaran.
Terdapat beberapa jenis kartu kredit, salah satunya kartu kredit korporat. Perbedaannya dengan kartu kredit personal adalah biaya yang ditanggung kartu kredit korporat merupakan pembayaran yang disahkan oleh perusahaan.

Apa Itu Kartu Kredit Korporat?

Kartu kredit korporat adalah kartu kredit yang diberikan pada pegawai perusahaan atau korporasi untuk membiayai pengeluaran terkait urusan bisnis. Berbeda dengan kartu kredit personal yang hanya diberikan pada satu orang, kartu kredit korporat dapat dicetak lebih dari satu kali karena jumlah pemegangnya kemungkinan lebih dari satu personil.

Namun, jumlah pemegang kartu kredit korporat ditentukan oleh pihak bank dan pegawai yang diberikan otoritas untuk memegangnya tentu harus sudah menjalani pengecekan riwayat kredit tertentu.

Apa Kegunaan Kartu Kredit Korporat?

Kartu kredit korporat biasanya dipergunakan untuk membeli barang yang mendukung sarana prasarana kantor serta biaya transportasi hingga akomodasi perjalanan bisnis. Apabila biaya kebutuhan perjalanan bisnis dibebankan pada kartu kredit korporat, maka biasanya pihak bank turut melengkapi kartu kredit tersebut dengan perlindungan kenyamanan perjalanan hingga asuransi kecelakaan.

Bahkan, terdapat keistimewaan dan layanan khusus yang bisa didapatkan seperti menikmati lounge khusus di lebih dari 1.000 bandara di seluruh dunia serta pemeriksaan keamanan dan imigrasi bandara yang lebih cepat dibandingkan pengguna lainnya. Selain itu, kartu kredit korporat biasanya dilengkapi dengan fasilitas tarik tunai dan transaksi dimanapun dan kapanpun sehingga mempermudah pegawai ataupun pelaku bisnis mendapatkan kebutuhan bisnisnya secepat mungkin.

Penggunaan kartu kredit korporat sangat mempermudah pegawai pelaku perjalanan bisnis karena mereka tidak perlu mengeluarkan uang pribadi yang kemudian baru bisa di-reimburse di waktu yang akan datang. Banyak keuntungan lain yang bisa didapatkan perusahaan melalui kartu kredit korporat. Meski begitu, setiap bank memiliki kelebihan dan kekurangan kartu yang dapat dibandingkan satu sama lain.

Bagaimana Cara Membuat Kartu Kredit Korporat?

Meski banyak kenyamanan yang didapatkan melalui kartu kredit ini, penggunaan kartu kredit korporat sangatlah riskan akan penyalahgunaan oleh pegawai. Oleh karena itu, syarat untuk membuat kartu kredit korporat cukup banyak, hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan.

Untuk perusahaan, diperlukan surat-surat legalitas usaha seperti SIUP, NPWP, TDP, SKU, SKDP, dan akta pendirian serta perubahannya beserta SK Menteri Hukum dan HAM RI dan Berita Negara RI. Selain itu juga dibutuhkan laporan keuangan beberapa tahun terakhir, identitas pengurus perusahaan, dan rekening koran. Sedangkan untuk pegawai pemegang kartu, diperlukan kartu identitas calon pemegang kartu, NPWP, dan surat rekomendasi atau penunjukkan dari perusahaan yang bersangkutan.

Apa Kelebihan Dan Kekurangan Kartu Kredit Korporat?

Penggunaan kartu kredit korporat menimbulkan pro dan kontra dalam dunia bisnis. Hal itu karena terdapat kelebihan dan kekurangan dari kartu kredit korporat yang perlu dipertimbangkan. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari kartu kredit korporat :

Kelebihan kartu kredit korporat

  1. Banyak promo, diskon, dan rewards yang menggiurkan.
  2. Mempermudah pengelolaan dan pengawasan pengeluaran keuangan.
  3. Memberikan kenyamanan pegawai dengan meminimalisasi penggunaan uang pribadi untuk menutup keperluan perusahaan.
  4. Kerja sama dengan penyedia asuransi.
  5. Keleluasaan mengatur cash flow.
  6. Kartu diterima di banyak merchant di seluruh dunia

Kelebihan kartu kredit korporat

  1. Riskan penyalahgunaan oleh pegawai.
  2. Riskan pengeluaran yang tidak terkontrol.
  3. Cenderung kurang aman.
  4. Tidak semua bank memiliki produk kartu kredit korporat.
  5. Persyaratan membuat cukup ketat.
  6. Iuran tahunan terbilang besar.

Sebagaimana telah dijelaskan, penggunaan kartu kredit korporat mempermudah setiap transaksi bisnis perusahaan, termasuk transaksi online. Untuk memfasilitasi penerimaan pembayaran dari klien korporat kamu, hubungkan website atau aplikasi bisnis online kamu dengan payment gateway. Dengan bergabung dengan payment gateway, bisnis kamu menawarkan metode pembayaran kartu kredit, sehingga kartu kredit korporat dapat diterima tanpa terkecuali.

Pilih payment gateway yang sudah berizin dari Bank Indonesia seperti Duitku. Duitku juga menjamin keamanan bertransaksi dengan kartu kredit karena memiliki fitur OTP (One Time Password) dan pengecekan lokasi transaksi sehingga risiko penyalahgunaan penggunaan kartu dapat diminimalisasi.

Daftar sekarang serta nikmati kemudahan dan keamanan transaksi untuk perusahaan kamu bersama DUITKU!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.