Apa Pengertian dan Peran Strategi Pricing dalam Bisnis?

Duitku Admin on Agu 17, 2022 in Information
Banyak orang yang mengira bahwa harga ditetapkan untuk mendapatkan keuntungan saja. Padahal, ada banyak jenis strategi dari penetapan harga alias strategi pricing yang bisa digunakan oleh para pelaku bisnis. Oleh sebab itu para pemilik bisnis harus mulai memahami pengertian dan peran strategi pricing dalam bisnis mereka.
Melansir dari Price Intelligently, strategi pricing sering kali dilupakan oleh para pelaku bisnis. Padahal, pemilihan strategi yang tepat dapat membantu mereka meningkatkan penjualan. Kira-kira, apa saja strategi pricing dalam bisnis? Lalu, seperti apa manfaat yang akan diberikannya kepada perusahaan? Yuk, simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Strategi Pricing

Sebelum membahas lebih jauh, pertama-tama kita perlu mengulas terlebih dahulu pengertian dari strategi pricing dalam bisnis. Menurut Chorn, strategi pricing mengacu pada metode yang digunakan oleh suatu perusahaan dalam menentukan harga produk atau layanan yang mereka tawarkan kepada konsumen.
Hampir semua perusahaan menentukan harga produk berdasarkan biaya produksi, tenaga kerja, iklan, dan menambahkan persentase tertentu agar mereka bisa mendapatkan sejumlah keuntungan dari produk tersebut. Harga sendiri merupakan salah satu komponen marketing yang dapat menentukan pendapatan dari suatu perusahaan.
Sebab, penentuan harga yang tepat dapat menciptakan demand atau permintaan secara optimal dari konsumen maupun partner bisnis. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa menentukan harga produk merupakan salah satu faktor kunci bagi suatu perusahaan agar bisa meraih keuntungan. Pengertian dan peran strategi pricing dalam bisnis juga sangat penting dan mampu membantu mengembangkan perusahaan.

Peran Strategi Pricing dalam Bisnis

Pada dasarnya, strategi pricing diperlukan oleh perusahaan untuk bisa menciptakan demand atau meningkatkan penjualan mereka. Akan tetapi, selain kedua hal tersebut juga aspek bisnis ini menawarkan manfaat lainnya yang bisa menguntungkan perusahaan. Penerapan strategi pricing yang tepat dalam suatu perusahaan tentu saja akan membuat produk bisa laris manis di pasaran. Tak heran rasanya bila banyak perusahaan yang mulai menerapkan strategi ini dalam hal menentukan harga.
Penasaran apa saja peran dan manfaat penerapan strategi pricing dalam bisnis? Berikut adalah peran dan manfaat strategi pricing dalam bisnis menurut Chron.
  • Perusahaan bisa menembus pasar dengan mudah.
  • Perusahaan tentunya bisa memerintahkan poin harga yang lebih tinggi dalam suatu produk.
  • Membuktikan data kesediaan konsumen membayar secara riil.
  • Membantu perusahaan dalam mengembangkan produk yang lebih berkualitas untuk dipasarkan secara luas.
  • Meningkatkan fokus terhadap layanan pelanggan dari perusahaan.
  • Mempromosikan loyalitas pelanggan terhadap produk atau perusahaan tertentu.
  • Meningkatkan nilai sekaligus juga image brand.

Kerangka Strategi Pricing dalam Bisnis

Setelah kita memahami pengertian dan peran strategi pricing dalam bisnis, kini saatnya mulai beranjak pada kerangka strategi pricing dalam bisnis. Strategi pricing merupakan rencana yang diambil perusahaan untuk menentukan harga jual dari produknya. Sebagian besar perusahaan akan menerapkan tiga jenis strategi pricing seperti strategi berbasis biaya, permintaan, serta tingkat kompetisi.
Ketiga kelompok strategi ini pun masih memiliki banyak turunan strategi lagi. Selama masih ada beberapa strategi pricing lainnya, sebagai berikut:

  1. Cost-Plus Pricing
  2. Strategi ini bekerja dengan cara menambahkan laba yang diinginkan pada total biaya produksi per unit.

  3. Mark-Up Pricing
  4. Strategi ini dilakukan dengan cara seperti strategi cost-plus pricing, akan tetapi khusus digunakan pada jenis produk pembelian dari supplier atau bukan produksi sendiri.

  5. Target Pricing
  6. Strategi target pricing dilakukan dengan cara menetapkan harga terlebih dahulu, lalu menyesuaikan kualitas produknya agar dapat menghasilkan laba.

  7. Competitive Based Pricing
  8. Ketetapan harga mengacu pada harga kompetitor yang menawarkan produk yang sama. Bila lebih rendah, tentu dapat meningkatkan penjualan. Sementara bila harga lebih tinggi, maka kualitas produk harus ditingkatkan lagi.

  9. Promotional Pricing
  10. Strategi promotional pricing dilakukan dengan cara menurunkan harga lebih rendah daripada aslinya dalam jangka waktu pendek untuk meraih pangsa pasar terlebih dahulu.

  11. Penetration Pricing
  12. Strategi ini dilakukan dengan cara menetapkan harga rendah pada produk yang baru saja diluncurkan di pasaran. Tujuannya untuk melakukan penetrasi pasar atau meningkatkan penjualan.

  13. Loss Leader Pricing
  14. Dilakukan dengan cara menentukan harga sedikit diatas biaya produksi untuk meningkatkan penjualan jangka pendek.

  15. Skimming
  16. Strategi ini dilakukan dengan cara mengawali penjualan dengan harga tinggi untuk produk dengan kualitas tinggi, kemudian menurunkan harganya seiring dengan tingkat kesadaran konsumen.

  17. Peak Load Pricing
  18. Strategi ini dapat diterapkan dengan cara mengubah harga setiap kali permintaan konsumen meningkat. Naik turunnya harga produk dilakukan berdasarkan momentum.

  19. Uniform-Delivered Pricing
  20. Dilakukan dengan cara menetapkan harga berbasis biaya pengiriman, tetapi menyeragamkan nominalnya tanpa menimbang jauh atau dekatnya jarak pendistribusian produk.

  21. Freight Absorption Pricing
  22. Strategi ini diterapkan dengan cara menetapkan harga dengan menghilangkan biaya pengiriman untuk dibebankan kepada konsumen.
Merujuk penjabaran di atas, jelas bahwa pricing merupakan strategi penting dalam suatu bisnis dan tidak boleh luput dari perhatian kamu. Oleh sebab itu para pelaku harus mulai memahami secara mendalam pengertian dan peran strategi pricing dalam bisnis.

Selain memperhatikan pricing, salah satu faktor lain yang tak kalah penting untuk mengembangkan bisnis kamu adalah menyediakan banyak pilihan pada metode pembayaran agar memudahkan para konsumen.
Untuk hal tersebut, kamu tentunya bisa mempercayakannya kepada Duitku. Bersama Duitku, kamu tentunya bisa memilih berbagai jenis metode pembayaran yang ingin dihadirkan sesuai kebijakan perusahaan. Para konsumen pun jadi lebih mudah dan nyaman dalam bertransaksi dengan adanya kemudahan pembayaran dan proses check out yang bisa dilakukan otomatis 24/7.
Daftar dan sambungkan bisnis online dengan payment gateway DUITKU untuk menerima pembayaran langsung di website atau platform kamu.
Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami 24/7 atau daftar untuk mulai saat ini juga.