Pilih Suku Bunga KPR Fix (Tetap) Atau Floating (Mengambang)? Ini Bedanya

Duitku Admin on Jul 26, 2022 in Information

KPR atau kredit kepemilikan rumah adalah fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan untuk para nasabahnya yang hendak membeli atau memperbaiki rumah. Nasabah dapat dengan mudah memiliki rumah baru dengan sistem pembayaran cicilan yang harus dibayarkan pada pihak bank.

Namun karena bersistem kredit, maka ada suku bunga yang berlaku. Suku bunga sendiri adalah bentuk balas jasa pada bank yang harus dibayar oleh debitur KPR. Suku bunga KPR dibagi menjadi dua jenis, yaitu suku bunga tetap atau fixed (flat) dan suku bunga mengambang atau floating. Apakah bedanya? Mari kenali dulu penjelasan keduanya.

Pengertian

  1. Suku Bunga KPR Fixed (Flat)
  2. Suku bunga KPR fixed (flat) adalah sistem bunga fixed yang tidak berubah atau sama selama beberapa periode hingga waktu jatuh tempo. Sebagai contoh, bunga fixed 10% selama 3 tahun, berarti dalam tiga tahun pertama bunga yang dipakai perhitungan kredit adalah 10%.

    Beberapa bank menerapkan bunga floating untuk selanjutnya, tapi ada juga bank yang sejak awal sudah menentukan masa jatuh tempo hingga akhir cicilan.

  3. Suku Bunga KPR Floating
  4. Suku bunga KPR floating adalah sistem bunga yang diterapkan pada debitur mengikuti suku bunga acuan atau BI rate. Biasanya suku bunga ini diberlakukan oleh bank konvensional.

Kelebihan dan Kekurangan

  1. Suku Bunga KPR Fixed (Flat)
  2. Kelebihan :

    • Kepastian dalam pembayaran angsuran per bulan hingga akhir masa kredit.
    • Cocok untuk nasabah dengan ekonomi yang stabil.
    • Suku bunga sudah tetap, tidak akan berubah meski BI rate naik.
    • Simulasi cicilan dapat dicek lebih awal.

    Kekurangan:

    • Angsuran cenderung lebih tinggi.
    • Tidak bisa menikmati penurunan suku bunga yang mengikuti kebijakan Sertifikat Bank Indonesia (SBI).
  3. Suku Bunga KPR Floating
  4. Kelebihan :

    • Dapat memanfaatkan fluktuasi dari penurunan suku bunga pasar.
    • Dapat melakukan angsuran sesuai kondisi ekonomi.
    • Dapat melakukan negosiasi suku bunga dengan pihak perbankan.

    Kekurangan:

    • Jika BI rate melambung tinggi, maka suku bunga yang berlaku dapat naik drastis.
    • Nasabah mudah terlena dengan kemudahan pembayaran sesuai kemampuan sehingga cenderung mengabaikan tanggung jawab angsuran. Namun jika konsisten dan bertanggung jawab, maka tidak akan ada masalah.

Lantas, Pilih Suku Bunga KPR Fixed (Flat) Atau Suku Bunga KPR Floating?

Untuk menjawab ini, maka harus kembali dipikirkan mana suku bunga yang lebih menguntungkan. Namun, semua kembali pada kondisi masing-masing. Suku bunga KPR fixed cenderung lebih transparan sejak awal karena perhitungan angsuran tiap bulan hingga masa akhir waktu cicilan terlihat. Dengan begitu, nasabah dapat lebih mudah mengelola pemasukan dan pengeluaran rumah tangga sehingga angsuran tetap terkontrol dengan baik.

Namun, tidak semua orang memiliki penghasilan yang tetap di tiap bulan. Kondisi ini akan lebih mudah jika memiliki suku bunga KPR floating. Namun, KPR floating pun memiliki suku bunga yang berubah-ubah. Tak hanya dapat turun, tapi suku bunga dapat naik sewaktu-waktu, kondisi ini jelas tidak mudah dihadapi jika nasabah dalam kondisi ekonomi yang sulit.

Karena itulah, memilih suku bunga KPR harus diputuskan secara matang sesuai kondisi ekonomi masing-masing. Dengan begitu, angsuran akan berjalan dengan lancar tanpa ada masalah.

KPR adalah salah satu kredit yang memudahkan masyarakat, mengingat tidak semua orang dapat membayar cash untuk pembelian yang bersifat penting dan mendesak. Tak hanya untuk pembelian rumah, sistem pembayaran kredit kini marak ditawarkan oleh beberapa penjual dan e-commerce untuk memudahkan konsumen.

Jika kamu pelaku bisnis dan ingin menerapkan pembayaran kredit untuk konsumen, kamu dapat bergabung dan menggunakan layanan Payment Gateway dari DUITKU. DUITKU memfasilitasi para pelaku usaha yang ingin membuka beberapa sistem pembayaran, mulai dari kartu kredit/debit, virtual account, gerai retail dan e-wallet terkemuka di seluruh Indonesia, QRIS, hingga pembayaran kredit non kartu kredit / pay later. Dengan sistem pembayaran yang semakin dimudahkan, produk kamu akan lebih terjangkau bagi lebih banyak customer. Konsumen bisnismu tentu akan lebih senang dan semakin loyal.

Tunggu apa lagi? Segera daftarkan usahamu dan nikmati mudahnya bertransaksi dengan berbagai jenis pembayaran bersama DUITKU!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami 24/7 atau daftar untuk mulai saat ini juga.