Sediakan QRIS untuk Permudah Transaksi Bisnis

Seiring dengan perkembangan teknologi, pembayaran nontunai marak bermunculan. Apalagi ditambah dengan hadirnya pandemi COVID-19 membuat transaksi nontunai menjadi primadona lantaran dinilai lebih praktis dan higienis.

Karena tingginya penggunaan transaksi digital, muncullah berbagai metode pembayaran baru, salah satunya QRIS yang memudahkan pebisnis offline untuk memfasilitasi kebutuhan pembeli dengan cara beralih ke transaksi digital. Dengan QR Code Indonesian Standard dari Bank Indonesia (QRIS BI), pebisnis mampu menerima berbagai jenis pembayaran nontunai sehingga transaksi lebih cepat.

Menariknya lagi, QRIS juga dapat digunakan untuk transaksi bisnis online loh. Cukup pindai kode QR, masukan nominal pembayaran, transaksi pun dapat selesai dengan cepat selama ada koneksi internet.Yuk, baca artikel berikut guna mengetahui pentingnya mengetahui cara kerja pembayaran QRIS untuk permudah transaksi bisnis!

Apa itu QRIS?

QRIS adalah QR code yang disusun oleh Bank Indonesia sebagai standar pembayaran digital bagi setiap pebisnis yang mengadopsi pembayaran menggunakan QRIS. Dengan adanya Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), seluruh transaksi pembayaran QRIS bisa dilakukan dengan satu QR code, sebab semua sudah terintegrasi dalam satu sistem. Hal ini pun telah diatur dalam PADG No.21/18/2019 tentang Standar Internasional QRIS untuk Pembayaran, sehingga transaksi digital pun jadi lebih aman, cepat, dan praktis.

Jenis Pembayaran QRIS

Nah, tahukah kamu bahwa QRIS dikelompokkan jadi dua bagian, yakni Static QR Code dan Dynamic QR Code? Kedua jenis ini terbagi berdasarkan jenis QR dan penggunaannya.

Static QR Code adalah QR code yang bersifat fixed (tidak dapat diubah) dan berisi tautan ke halaman web tetap. Nah, static QR ini cocok untuk pembayaran secara offline atau retail, sebab nominal transaksi di-input oleh customer secara manual saat melakukan pembayaran dan konfirmasi dilakukan secara manual.

Kebalikannya, Dynamic QR Code dapat diubah secara real-time sehingga QR Code berbeda pada setiap transaksi. Misal nih, kamu baru saja melakukan transaksi di website bisnis online. Dengan Dynamic QR Code, nominal transaksi akan tersedia secara otomatis saat di-scan. Karena QR yang bersifat dinamik/unik, sistem dapat menggunakan data ini untuk mengecek dan melakukan verifikasi jika pembayaran telah dilakukan. Pencatatan pun lebih rapi dan risiko human error dapat berkurang.

Berapa Biaya QRIS?

Dalam setiap transaksi, QRIS juga membutuhkan biaya. Pastinya biaya transaksi ini telah disetujui oleh Bank Indonesia sehingga biaya yang dikeluarkan sama antarbisnis. Supaya dapat gambaran terkait biaya transaksi yang dikeluarkan QRIS, mari kita bandingkan biaya yang dibutuhkan dompet digital lainnya dalam satu transaksi.

QRIS: 0,7% dari jumlah nominal perbelanjaan / transaksi
Gopay: 2% / transaksi
OVO, LinkAja, Dana: 1,5 % + 0,15% (PPn) / transaksi
Shopeepay : 1,5% / transaksi

Dari data di atas, dapat dilihat bahwa tarif yang ditawarkan QRIS lebih terjangkau sehingga merchant tidak terbebani dengan biaya transaksi yang tinggi.

Cara Penggunaan QRIS

Sebelum menerapkan cara kerja QRIS, merchant harus bekerja sama dengan pihak penyedia aplikasi pembayaran dengan QR code. Setelah disetujui, QRIS dapat digunakan di semua merchant yang kerja sama dengan penyelenggara jasa sistem pembayaran, seperti berbagai bank yang telah memfasilitasi m-banking (BCA, Mandiri, CIMB, etc) dang berbagai e-wallet (OVO, Gopay, ShopeePay, etc). Cukup scan satu QR, pebisnis dapat menerima seluruh metode pembayaran sesuai pilihan customer.

Manfaat QRIS Bagi Merchant

Dengan menyediakan beragam metode pembayaran secara nontunai, pebisnis dapat meningkatkan traffic penjualan sehingga menghasilkan keuntungan secara maksimal. Selain itu, transisi ke bisnis online membuat pengelolaan uang tunai menjadi lebih kecil, sehingga pebisnis tidak memerlukan uang kembalian dan risiko rugi akibat uang hilang/uang palsu menurun.

Sekarang Anda sudah tahu bukan tentang informasi terkait pembayaran QRIS? Dengan sekali scan QR Code, Anda dapat memberi kemudahan pada customer dengan menerima pembayaran melalui berbagai channel e-money.

Bila Anda memiliki toko online, jangan lupa integrasikan website dengan payment gateway agar bisnismu punya metode pembayaran yang beragam yang telah diautomasi sehingga transaksi jadi lebih praktis dan hemat waktu. Nah, kamu bisa menggunakan Payment Gateway Duitku untuk menikmati kemudahan transaksi bisnis dengan cepat, aman, dan rapi.

Sudah berizin dari Bank Indonesia dan dilengkapi dengan sistem keamanan PCI-DSS, urusan transaksimu, biar Duitku yang urus!

 

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.