Apa Itu Pangsa Pasar dan Manfaatnya Bagi Bisnis Kamu

Duitku Admin on Apr 21, 2022 in Information

Pangsa pasar adalah salah satu jenis istilah yang lazim digunakan pada aktivitas suatu bisnis. Akan tetapi, bila kamu belum terlalu lama bergelut di dunia bisnis, wajar rasanya bila belum memahami apa itu pangsa pasar dan manfaatnya bagi bisnis kamu.

Meskipun demikian, kamu pastinya sudah berada di tempat yang tepat. Pasalnya, pada kesempatan kali kami akan mengulas tuntas apa itu pangsa pasar, mulai dari pengertian, tujuan, hingga cara memanfaatkannya untuk meningkatkan keberhasilan dalam bisnis yang sedang dijalankan.

Pengertian Pangsa Pasar

Untuk mengetahui apa itu pangsa pasar, mari kita memahami pengertiannya terlebih dahulu. Pangsa pasar atau yang lebih sering dikenal dengan istilah market share sendiri adalah bagian total permintaan pada suatu produk yang dilakukan oleh kelompok konsumen tertentu. Kelompok konsumen ini umumnya akan dibagi berdasarkan beberapa konsumen seperti jenis kelamin, usia, pendapatan atau kelas ekonomi, dan masih banyak lagi.

Definisi lain menyebutkan, pangsa pasar dapat diartikan sebagai persentase penjualan suatu produk yang kamu miliki dibandingkan penjualan dari seluruh produk serupa di pasaran. Memahami pangsa pasar tentunya akan memberikan banyak manfaat terhadap keberlangsungan suatu bisnis.

Tujuan dan Manfaat Pangsa Pasar Bagi Bisnis

Setelah mengetahui pengertian dari apa itu pangsa pasar, saat ini kamu bisa menjadikannya sebagai patokan atau indikator dalam mengembangkan bisnis. Sebab, pada dasarnya tujuan yang dimiliki dalam mengetahui pangsa pasar adalah untuk mengetahui peningkatan dan perkembangan usaha yang sudah dilakukan.

Dengan kata lain, market share bisa digunakan sebagai parameter dalam mengevaluasi aktivitas dalam suatu bisnis. Setelah mengetahui pangsa pasar, kamu tentu saja bisa meninjau berbagai aspek lainnya, mulai dari strategi promosi, persaingan harga, layanan purna jual, dan aspek-aspek lainnya.

Selain dapat fokus dengan internal bisnis saja, market share juga bisa membantu dalam memperhatikan kompetitor di pasaran. Jika kompetitor kamu sudah menguasai market share, perhatikanlah bagaimana kondisi bisnis yang mereka jalankan dan apa saja yang menjadi keunggulannya. Ya, tentunya kini kamu sudah dapat mempelajari semua jenis strategi kompetitor dan membandingkannya dengan bisnismu sendiri.

Jenis-jenis Pangsa Pasar

Jenis pangsa pasar dapat dilihat dari proses penghitungannya.

  1. Yang pertama adalah diambil berdasarkan nilai, yakni perhitungannya akan dilakukan berdasarkan total dari segmentasi penjualan di pasaran.

  2. Yang kedua perhitungan pada pangsa pasar ini dapat dilakukan berdasarkan jumlah unit atau volume.

Sebagai catatan, kedua jenis pangsa pasar tersebut tak bisa ditempatkan pada titik linier bersamaan. Pasalnya, jika dihitung berdasarkan pada volume saja, market share yang kamu lakukan akan terkesan mendominasi pasar, namun nilainya menjadi rendah. Dan juga sebaliknya, bisa saja market share pada bisnis kamu lebih rendah jika berdasarkan pada volume, namun secara nilai terlihat mendominasi pasar.

Strategi Meningkatkan Pangsa Pasar

Para pelaku bisnis tentunya ingin bisa memenangkan persaingan pasar. Akan tetapi, semakin ketatnya kompetisi yang ada di era modern seperti sekarang ini, membuat bisnis pun harus lebih cermat, cerdas, dan kreatif dalam menguasai market share secara maksimal. Hal ini tentunya harus dilakukan agar dapat memperoleh keuntungan yang maksimal pula.

Setelah mengetahui apa itu pangsa pasar, manfaat, dan jenisnya, bagaimana cara yang bisa dilakukan jika ingin meningkatkan pangsa pasar? Simak ulasannya di bawah ini :

  1. Berinovasi dalam Menciptakan Produk
  2. Titik jenuh merupakan salah satu situasi yang tak bisa dipungkiri lagi. Akan tetapi, jika terus dibiarkan dalam jangka waktu panjang, maka kamu harus bersiap untuk kehilangan pasar. Oleh karenanya, setiap pelaku bisnis harus selalu melakukan inovasi dalam menciptakan setiap produk yang akan ditawarkan. Bisa menyesuaikan langkah bisnis sesuai dengan harapan para konsumen atau bahkan menawarkan terobosan baru yang memiliki prospek besar.

    Salah satu hal yang tentunya harus dipahami, inovasi produk bukanlah berupa membuat perubahan besar. Cukup dengan melakukan modifikasi pada produk yang sudah ada, sehingga akan memberikan kesan baru yang segar dan menarik. Jangan lupa untuk melakukan riset pasar dan menggali timbal balik dari konsumen untuk bisa menciptakan inovasi.

  3. Memaksimalkan Promosi
  4. Di era modern seperti sekarang ini kamu tentunya memiliki banyak pilihan untuk melakukan promosi. Tujuannya hanya satu, yakni menggenjot penjualan secara maksimal. Salah satunya adalah memanfaatkan berbagai platform media sosial populer saat ini mulai dari Tiktok, Instagram, Facebook, Twitter, LinkedIn, dan YouTube.

    Namun perlu diingat bahwa setiap jenis media sosial yang sudah disebutkan tadi memiliki keunggulan dan karakteristik pengguna yang berbeda-beda. Maka dari itu, kamu harus bisa bereksplorasi untuk menemukan metode promosi paling efektif. Cara promosi via Youtube, promosi via Tiktok dan masih banyak lagi.

  5. Siapkanlah Metode Pembayaran yang Lengkap
  6. Kenyamanan saat melakukan transaksi merupakan kunci penting dalam suatu bisnis. Hal ini tentunya harus benar-benar dipahami oleh para pebisnis pemula. Contoh sederhananya, saat berbelanja banyak orang memilih untuk membatalkan pembelian mereka lantaran metode pembayaran tidak sesuai yang diharapkan.

    Padahal permasalahan ini tentunya tidak akan terjadi bila Anda sudah menggunakan layanan payment gateway dari Duitku. Hal tersebut dikarenakan Duitku akan memungkinkan semua jenis bisnis menerima pembayaran dari berbagai macam metode pembayaran.

Dengan menggunakan Duitku, para konsumen pun kini sudah bisa membayar produk atau jasa yang kamu jalankan dengan berbagai jenis pilihan pembayaran terlengkap. Mereka tentunya bisa memilih metode pembayaran seperti transfer antar bank, kartu kredit, kartu debit, dan masih banyak lagi.

Dengan memahami apa itu pangsa pasar hingga bagaimana strategi meningkatnya, kita menjadi paham jika mengembangkan suatu bisnis itu bukanlah hal yang mudah. Namun jika dilakukan penuh kegigihan semua hal tersebut tentu dapat dilakukan secara mudah setiap saat.

Oleh karena itu, untuk segala urusan transaksimu, biar Duitku yang urus!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami 24/7 atau daftar untuk mulai saat ini juga.