Kenali iklan bisnis di Tiktok lebih dalam dalam 5 langkah

Apakah kalian sudah kenal dengan platform atau social media “Tiktok” ? Belakangan ini kita sering dengar”tiktok-in aja” atau ajakan “dance tiktok yuk”, apalagi di kalangan yang berusia lebih muda. Nah, supaya lebih paham, mari kita kupas tuntas apa sih Tiktok itu dan bagaimana cara serta manfaat beriklan di Tiktok untuk bisnis kamu!

Definisi Tiktok

Tiktok adalah jejaring sosial yang tengah hits dan saat ini disukai banyak orang, dari yang muda hingga dewasa saat ini. Lewat media ini, kita bisa berbagi video pendek dengan durasi 15 detik hingga 3 menit yang diisi dengan nyanyian, tarian, dan berbagai filter kreatif. Bahkan, ada yang membuat film pendek hanya melalui apllikasi ini loh!

Kreativitas kita akan diuji lewat konten yang kita buat. Tak jarang kita bisa menemukan konten yang sangat menarik dan informasional secara editing sampai dengan konten yang sangat lucu.

Dampak Positif dari Tiktok pun juga cukup banyak,

  • Menambah Kreatifitas
  • Menghibur diri, memperbaiki suasana hati
  • Olahraga
  • Branding Diri
  • Mengembangkan bisnis & marketing bisnis

Nah, kali ini, kita akan bahas bagaimana cara Mengembangkan Bisnis & Marketing Bisnis di Tiktok lebih lanjut.

Aplikasi ini menjadi aplikasi mobile terpopuler yang paling banyak diunduh di Indonesia, dengan user aktif sebanyak 3,7 juta orang. Peluang promosi pun makin terbuka lebar. Sebagian brand bahkan sudah menyadari potensi TikTok dan mulai mempromosikan bisnis mereka di platform ini. Walaupun dikatakan platform untuk user yang lebih muda, banyak juga pengguna tiktok yang berusia lebih tua (30-45 tahun) yang sering memantangi platform ini untuk mencari hiburan yang dikemas dalam format video pendek.

Berikut 5 tips cara kamu memasarkan produk kamu untuk dapat menjangkau para pengguna dan penonton Tiktok secara lebih luas!

1. Membuat Akun Bisnis

Setelah membuat akun dan memasukkan data informasi yang dibutuhkan, akun kita alihkan ke Tiktok Bisnis. Pilihan ini ada di menu “Kelola Akun Saya”. Lalu pasang foto yang menarik, cantumkan link website toko/perusahaan kalian, dan tulis singkat bio tentang usaha kalian.

2. Mengenali Tiktok Lebih Dalam

Tiktok dipenuhi dengan generasi milenial atau biasa disebut generasi Z. Anda harus pahami benar cara kerjanya & jenis konten yang banyak diminati. Maka kita perlu membuat konten yang identik kreatif, bersemangat & jenaka, konten promosi yang menarik & lebih fresh.

3. Fokus pada Pembuatan & Kualitas Konten

Buatlah konten semenarik & semenyenangkan mungkin. Pelajari tiap konten trending atau viral. Kebanyakan para penonton tiktok ini banyak menyukai konten yang bikin penasaran, jadi menarik para penonton untuk mengomentari atau menyukai postingan tersebut. Selain itu juga konten yang meng-edukasi juga membuat daya tarik penonton meningkat.

4. Manfaatkan sound, filter, dan hastag yang lagi viral.

Cara lain untuk membuat konten kita naik adalah dengan memakai lagu, filter, dan hastag yang sedang trending. Strategi ini dianggap cukup efektif untuk memperbanyak jumlah tayang, mendatangkan followers baru, dan menaikkan engangement rate.

5. Daftar Tiktok Ads

Agar jangkauan bisnis lebih luas, kita bisa manfaatkan jasa iklan Tiktok. Berikut beberapa jenis iklan TikTok yang bisa Anda manfaatkan untuk promosi bisnis:

  • Brand Takeover. Biasanya muncul begitu Anda membuka aplikasi, dengan tampilan yang memenuhi layar.
  • In-Feed Video. Muncul di For You Page (FYP) setelah Anda men-scroll dua hingga tiga video. Bedanya dengan Brand Takeover, jenis iklan ini bisa di-like dan dikomentari.
  • Branded AR Content. Iklan yang menggunakan filter atau stiker 2D/3D/AR (Augmented Reality) dengan nama brand Anda sendiri.
  • Hashtag Challenge. iklan yang muncul di halaman Discovery. Penggunaan hashtag sendiri diharapkan mampu mengajak TikToker untuk berpartisipasi dalam challenge tersebut.

Nah berikut tips beriklan bisnis di Tiktok, Jangan lupa untuk menguji berbagai elemen kreatif dan penargetan untuk meningkatkan iklan kamu di TikTok supaya penontonmu semakin banyak. Semoga panduan ini membantu kamu dan mempersiapkan kamu untuk terjun ke dunia periklanan TikTok. Mengingat platform ini masih merupakan format baru, para pengiklan dan pengguna berharap untuk melihat trend, proses, dan praktik terbaik berkembang dari waktu ke waktu. Yuk manfaatkan platform ini supaya tetap bisa bersaing dalam mempromosikan produkmu!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.