5 Cara Memaksimalkan Penjualan Lebaran

Nggak terasa, bulan Ramadan sudah tiba. Selain menjadi waktu untuk lebih fokus beribadah, bulan Ramadan juga jadi momentum yang baik untuk mengembangkan bisnis, lho! Hal tersebut dilakukan karena kebutuhan pada bulan ini cenderung meningkat sehingga jiwa konsumtif masyarakat pastinya juga meningkat. Banyak sekali bisnis yang dapat kamu jalankan selama bulan Ramadan. Mulai dari yang dipersiapkan dengan baik, sampai bisnis dadakan bisa kamu lakukan.

Mungkin kamu berpikir kalau bisnis dadakan tidak akan bertahan lama, dan untung yang didapatkan tidak banyak. Padahal, bisnis dadakan juga tidak kalah menguntungkan, lho! Banyak sekali bisnis dadakan yang bisa kamu jalankan selama bulan Ramadan. Mulai dari bisnis kue kering, fashion, hampers, menjual takjil, hingga menyediakan katering untuk sahur dengan berbagai promo Ramadan yang diberikan. Pada bulan ini pula, masyarakat biasanya memenuhi kebutuhannya untuk hari raya mendatang. Nah, Ini kesempatanmu untuk maksimalkan penjualan pada bulan Ramadan untuk meraup keuntungan yang maksimal.

Banyaknya bisnis yang kian muncul pada Bulan Ramadan, membuat persaingan semakin sengit. Untuk mengatasi persaingan yang ada, kamu harus memiliki kiat jitu untuk memaksimalkan penjualanmu. Yuk, kita bahas 4 tips yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan bisnismu di bulan Ramadan, simak baik-baik ya!

1. Menyiapkan Produk Edisi Ramadan

Menyiapkan produk edisi Ramadan adalah hal yang wajib dilakukan. Karena dengan begitu, pembeli akan merasa produk tersebut memiliki penawaran terbatas sehingga harus segera membelinya. Selain itu, produk edisi Ramadan juga cocok dikirimkan sebagai hampers untuk teman, kerabat, bahkan keluarga.

Untuk membuat produk edisi Ramadan, kamu bisa menyiapkan produk favorit tokomu yang dikemas dengan tampilan baru yang sesuai semangat hari raya, atau kamu bisa juga memperkenalkan produk baru special Ramadan. Hal tersebut dinilai dapat meningkatkan exposure produk baru, dan pembelian ulang untuk produk favorit bisnis kamu. Dengan membuat produk edisi Ramadan, pasti jualan kamu makin laris manis!

2. Melakukan Promosi

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah promosi. Dengan promosi, produkmu akan lebih dikenal dan diketahui oleh calon pembeli. Namun, kamu harus menyiapkan strategi promosi yang berbeda di bulan Ramadan ini.

Hal tersebut dikarenakan, menurut data oleh iPrice, selama Ramadan orang Indonesia terlihat lebih banyak berbelanja online selama jam kerja. Masyarakat juga aktif melakukan belanja online dari jam 10 – 11 pagi dan 4 – 5 sore. Jam 4 – 5 sore biasanya saat banyak yang berada di rumah lebih awal karena perubahan jam kerja, dan mengisi waktu sebelum mereka bisa berbuka puasa bersama keluarga nanti malam. Kamu dapat memaksimalkan waktu promosi di jam-jam tersebut untuk mendapat keuntungan maksimal.

Misalnya membuat promosi dengan suasana lebaran yang berupa diskon saat sahur atau membuat games sambil ngabuburit atau menunggu berbuka. Hal ini tentunya akan menarik minat para pembeli dan mereka akan lebih bersemangat berbelanja! Jangan lupa gunakan hashtag bertema lebaran, seperti; #hamperslebaran #hamperslebaran2021 atau bahkan #hampers(wilayah tempat tinggal kamu) supaya produkmu lebih mudah ditemukan. cek juga tips promosi lainnya untuk meningkatkan penjualan online kamu

3. Manfaatkan E-Commerce dan E-Wallet

Persaingan e-commerce dan e-wallet semakin meningkat setiap harinya. Tidak menutup kemungkinan, pada bulan Ramadan mereka akan terus bersaing dan melakukan beragam promosi dan cashback untuk menggaet para pembeli. Jangan lupa manfaatkan e-commerce dan e-wallet ya! Untuk itu, kamu harus memaksimalkan penggunaan fitur pada e-commerce. Misalnya, dengan mengikuti flash sale, live sale streaming, supaya kamu bisa menjangkau lebih banyak calon pembeli dari berbagai segmen.

E-wallet juga selalu berinovasi menjadi lebih baik untuk mempermudah transaksi bagi para penggunanya, mulai dari membayar menggunakan scan QR code, hingga tetap membeli walau tak ada saldo dengan layanan paylater. Tidak hanya itu, persaingan e-wallet yang semakin sengit di Indonesia membuat e-wallet berlomba-lomba melakukan promosi dan program cashback. Jadi, pastikan bisnismu siap menerima pembayaran dengan e-wallet untuk memfasilitasi dan mendorong pembeli berbelanja di bisnis online kamu, ya!

4. Berikan Pengalaman Berbelanja yang Mudah dan Nyaman

Saat berbelanja di bulan Ramadan, terkadang pembeli memesan barang di saat-saat terakhir.
Padahal pesanan di bulan Ramadan biasanya cenderung meningkat. Hal tersebut menyebabkan penjual merasa kewalahan hingga akhirnya banyak barang yang miss atau tidak terurus. Tidak mau customer pindah ke toko sebelah karena harus menunggu respon seller untuk memproses orderan, kan?

Untuk itu, kamu dapat mempercepat sistem checkout pada toko online kamu. Salah satunya dengan cara automasi proses transaksi pada bisnis kamu dengan payment gateway. Payment gateway memungkinkan segala transaksi bisnis kamu berjalan dengan aman, cepat, dan otomatis. Jadi, pembeli tidak harus menghubungi penjual hanya untuk diskusi metode pembayaran atau mengirimkan bukti pembayaran. Kamu jadi bisa lebih fokus packing dan mengatur pesanan. Akhirnya, barang akan lebih cepat dikirim deh! Bukan hanya pembeli yang senang, pasti kamu juga akan cepat mendapatkan profit!

5. Berikan Berbagai Pilihan Pembayaran untuk memfasilitasi Pembeli

Banyaknya hal baru yang harus dibeli dan dipersiapkan masyarakat untuk menyambut lebaran kadang membuat cashflow mereka bermasalah. Salah satu cara untuk memfasilitasi pembeli menyelesaikan pembelian di bulan Ramadan ini adalah dengan menawarkan pembayaran kredit atau cicilan sehingga pembeli dapat mengatur keuangan bulanan mereka secara lebih leluasa.

Selain jalur pembayaran kartu kredit perbankan, saat ini juga sedang sangat marak beredar jalur pembayaran paylater ataupun cicilan tanpa kartu kredit. Walaupun cara pembayaran Paylater dinilai membuat masyarakat semakin konsumtif, faktanya pembayaran dengan fasilitas cicilan dapat membantu konsumen untuk mengatur flow keuangan mereka sehingga mereka dapat selalu terjaga untuk menghadapi pengeluaran tak terduga loh!

Untuk menerima berbagai pembayaran langsung di websitemu, kamu bisa menggunakan teknologi payment gateway! Dengan payment gateway, kamu bisa langsung tersambung dengan bank ataupun penyelenggara layanan cicilan tanpa kartu kredit. Sistem payment gateway juga dilengkapi dengan built in fraud detection system sehingga transaksimu dijamin lebih aman. Lebih banyak pelanggan yang memiliki akses untuk beli produkmu, semakin meningkat penjualanmu!

Namun, kamu tidak boleh sembarangan untuk memilih partner penyedia layanan payment gateway. Pastikan partner tersebut sudah memiliki legalitas resmi dari bank Indonesia dan memenuhi standard keamanan internasional seperti Duitku.

Itu tadi 5 hal yang dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan bisnismu di bulan Ramadan. Bulan Ramadan adalah waktu yang baik untuk memaksimalkan bisnismu, karena masyarakat cenderung banyak berbelanja pada bulan Ramadan untuk memenuhi kebutuhannya saat hari raya mendatang.

Nah, agar bisnismu semakin maksimal, mulai otomatisasi proses checkout kamu supaya kamu bisa fokus mengembangkan bisnis dan meraup keuntungan maksimal di bulan Ramadan. Transaksi Bisnismu, biar Duitku yang urus!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.