Strategi Untuk Meningkatkan Penjualan Di Toko Online

Tahukah kalian bahwa sekarang ini, memiliki bisnis bukanlah hal yang sulit untuk dicapai, loh! Hal itu terjadi karena adanya kemajuan teknologi yang pesat, memungkinkan kamu untuk berjualan secara online dengan bantuan internet. Dengan internet, kamu dapat dengan mudah memulai bisnismu. Mulai dari mencari bahan baku atau supplier, melakukan promosi, mendirikan toko, hingga menghubungkan orang-orang untuk menjual usahamu semua dapat dilakukan secara online. Kamu dapat memulai usaha tanpa harus memiliki toko ataupun pegawai dalam jumlah banyak. Bahkan kamu juga bisa menjalankan bisnismu seorang diri! Hayo, siapa yang tertarik untuk mendirikan bisnis online?

Meskipun membuat bisnis online terlihat mudah dan dapat dijalankan masyarakat dari berbagai kalangan, namun bukan berarti bisa dianggap sepele. Dengan kemajuan teknologi yang menawarkan berbagai kemudahan, bukan berarti kamu bisa asal-asalan dalam melakukan penjualan. Dibutuhkan strategi khusus agar bisnismu dapat mendulang uang dan bertahan ditengah gempuran bisnis online yang semakin marak di Indonesia. Tidak mau bisnis online kamu kalah bersaing, kan?

Maka dari itu, kamu harus menyiapkan berbagai strategi meningkatkan penjualan pada toko online-mu. Mau tahu apa saja tipsnya? Yuk, ikuti 5 tips berikut untuk meraup keuntungan yang maksimal pada bisnis online-mu!

1. Adakan Bundling Produk dan Loyalty Program

Toko kamu memiliki produk yang menjadi primadona? Nah, Kamu bisa membuat bundel yang berisikan produk favorit yang dijual lebih murah dan dalam waktu yang terbatas. Jadi, para calon pembeli akan merasa harus membeli produk tersebut karena merasa barang yang ditawarkan adalah produk dengan penawaran terbatas.

Kamu juga dapat membuat bundel produk yang berisikan produk favorit dan produk yang baru saja launching. Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan exposure untuk produk yang baru saja hadir. Dijamin, penjualan toko online-mu pasti akan meningkat!

Toko online kamu belum memiliki produk favorit? Tenang saja! kamu juga bisa membuat loyalty program untuk para pembelimu yang loyal. Misal, memberikan hadiah atau memberikan potongan harga. Dengan demikian calon pembeli akan memiliki dorongan lebih untuk terus berbelanja di toko online-mu.

2. Lakukan Iklan Untuk Promosi

Promosi adalah hal yang wajib dilakukan saat kamu memiliki bisnis. Dengan begitu, produk yang kamu jual akan semakin dikenal dan menarik datangnya para pembeli. Sekarang ini, pilihan promosi yang dapat kamu lakukan sudah semakin beragam. Kamu bisa melakukan promosi melalui facebook atau instagram ads untuk memperkenalkan produk kamu, atau bahkan bisa melakukan endorsement atau paid promote melalui influencer yang menurutmu sesuai dengan bisnis kamu. Dengan begitu, produk kamu akan lebih diketahui dan dikenal oleh masyarakat.

Segala pilihan channel promosi memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Tentukan sendiri promosi mana yang cocok dan sesuai untuk bisnis kamu dan jangan pelit dalam menentukan budget untuk promosi, ya! Karena dengan promosilah produkmu akan semakin dikenal dan memungkinkan datangnya pembeli.

3. Maksimalkan Fitur di E-commerce dan E-wallet

Tahukah kamu bahwa pertumbuhan e-commerce dan e-wallet yang cepat secara tidak langsung membantu perkembangan toko online? Hal tersebut dikarenakan fitur e-commerce yang semakin lengkap. Untuk itu, kamu harus memaksimalkan penggunaan fitur tersebut. Misalnya, dengan mengikuti flash sale, live sale streaming, dan sebagainya sehingga dapat lebih menjangkau calon pembeli dari berbagai segmen.

Perkembangan e-wallet juga tidak mau ketinggalan. E-wallet selalu berinovasi menjadi lebih baik untuk mempermudah transaksi bagi para penggunanya, mulai dari membayar menggunakan scan QR code, hingga tetap membeli walau tak ada saldo dengan paylater. Tidak hanya itu, persaingan e-wallet yang semakin sengit di Indonesia membuat e-wallet berlomba-lomba melakukan promosi dan program cashback. Kamu bisa menghubungi provider e-wallet yang kamu gunakan untuk mengajukan program cashback. Jadi, pastikan toko online mu menerima pembayaran dengan e-wallet, ya!

4. Gunakan Google Analytics dan Google Trends

Kamu masih bingung mau memulai bisnis online apa? Kamu juga bisa menggunakan bantuan fitur Google untuk meningkatkan penjualan kamu, loh, seperti misalnya Google Analytics dan Google Trends.  Google Trends memungkinkan kamu untuk mencari tahu keywords apa yang sedang sering diakses. Dari situ, kamu dapat melihat trend produk apa yang sering dicari dan diminati oleh masyarakat. Voila! Kamu jadi bisa menentukan produk yang bisa kamu siapkan untuk bisnismu, deh!

Disamping Google Trends, ada juga Google Analytics yang berguna untuk mencari tahu keywords pencarian apa yang sering digunakan calon pembeli untuk mencari produk yang kamu jual. Nah, kamu bisa menambahkan keywords tersebut pada nama produkmu untuk meningkatkan exposure produk jualan kamu. Semakin banyak yang lihat, semakin banyak pula calon pembeli kamu!

5. Permudah Pembeli untuk Melakukan Pembayaran Produkmu

Menurut research Microsoft, 60% pembeli mengaku melakukan pembelian impulsive lebih dari sekali setiap bulannya. Ribetnya proses check out atau minimnya metode pembayaran yang disediakan, terkadang membuat seseorang malas melakukan transaksi, dan akhirnya tidak jadi membeli loh!

Salah satu hal yang bisa dilakukan oleh penjual untuk memberikan pengalaman berbelanja yang seamless adalah dengan mengintegrasikan proses check out dan pembayaran toko online-mu langsung di website atau aplikasimu dengan menggunakan payment gateway. Payment gateway adalah teknologi untuk memudahkan bisnis kamu untuk menerima pembayaran online dari situs web atau aplikasi. Payment gateway berfungsi sebagai saluran yang menghubungkan rekening penampung ke platform tempat kamu melakukan transaksi, sehingga kamu tidak perlu menyediakan berbagai rekening untuk transaksi bisnismu.

Dengan menggunakan payment gateway, semua transaksi bisnismu akan berlangsung secara online dan otomatis, sehingga pembeli bisa melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun dengan mudah. Jadi, kamu tinggal fokus untuk mengembangkan bisnismu tanpa perlu memikirkan transaksi pada bisnismu! Coba cek disini (link ke blog post contoh) untuk info lebih lengkapnya bagaimana payment gateway bisa mendorong calon pembeli untuk melakukan pembelian produkmu online.

Nah, itu tadi 5 hal yang dapat kamu lakukan untuk meraup keuntungan yang maksimal pada bisnis online-mu. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk melakukannya atau kamu malah memiliki tips-mu sendiri?

Meningkatkan penjualan pada toko online memang susah-susah gampang, ya. Tetapi, itu semua tergantung bagaimana cara kita menyiasatinya. Untuk itu pilihlah partner yang tepat untuk mengembangkan toko online-mu, seperti Duitku (link ke homepage). Dengan Duitku, kamu akan menikmati berbagai kemudahan untuk mengelola segala transaksi bisnismu. Kamu tidak perlu khawatir sebab Duitku resmi mengantongi izin dari Bank Indonesia dan memenuhi standar keamanan internasional. Dijamin, dengan Duitku segala transaksi bisnismu akan semakin cepat, mudah, dan anti ribet. Yuk, awali suksesmu dengan satu transaksi!

 

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.