5 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Payment Gateway

Maryanto Saputra on Mar 12, 2021 in Information

Banyak sekali hal yang harus kamu lakukan dalam menjalankan sebuah bisnis. Mulai dari melakukan riset produk, mengurus produksi, mengecek stok produk, mengiklankan produk, mengurus pengiriman, membalas chat dari pelanggan, dan masih banyak lagi. Apalagi untuk kamu yang baru memulai bisnis, pasti sangat melelahkan bukan mengurus semuanya sendiri?

Salah satu yang bisa kamu lakukan untuk meringankan workload kamu adalah dengan mengotomatisasi proses pembayaran bisnis kamu. Otomatisasi pembayaran akan memudahkan kamu dalam menyediakan proses pembayaran yang cepat, aman dan mudah. Hal ini akan memungkinkan pelanggan memiliki pengalaman berbelanja online yang lancar sehingga mendorong retensi dan menarik pelanggan untuk melakukan transaksi. Kalo retensi dan pertumbuhan pelanggan meningkat, tentunya bisnismu akan berkembang secara cepat dan pesat dong! Pastinya kamu mau kan? Untuk itu, yuk lakukan otomatisasi pembayaran dengan memanfaatkan inovasi bernama payment gateway.

Apa Itu Payment Gateway?

Payment Gateway adalah teknologi untuk memudahkan bisnis kamu dalam menerima pembayaran online dari situs web atau aplikasi. Nah, Payment gateway berfungsi sebagai saluran yang menghubungkan rekening penampung ke platform tempat kamu melakukan transaksi. Nantinya, sistem pembayaran akan terotomatisasi sehingga kamu tak perlu repot mencocokkan bukti transfer dengan daftar mutasi lagi.

Tak hanya sekedar menghemat waktu, payment gateway juga punya beberapa kegunaan lain lho untuk menunjang proses checkout dan pembayaran toko online-mu agar lebih mudah. Apa saja sih kegunaan lainya? Yuk, kita ulas lebih dalam!

1. Kemudahan Bertransaksi

Seiring dengan perkembangan zaman, metode pembayaran menjadi semakin beragam. Transaksi keuangan tidak hanya berupa uang tunai, kartu debit atau kredit, namun juga merambah ke metode lain, seperti netbanking dan e-wallet.

Dengan menggunakan payment gateway, kamu akan mendapatkan kemudahan dalam menerima metode pembayaran apa pun sehingga pembeli bebas memilih metode pembayaran yang diinginkan.

2. Tak Perlu Punya Banyak Rekening

Dengan adanya payment gateway, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran tanpa harus membuka rekening baru. Sebab, uang pembayaran akan terkumpul dalam satu dashboard. Nah, kalau begini, kamu tak perlu repot membuka rekening di berbagai bank ataupun e-wallet untuk memfasilitasi setiap jalur pembayaran pembelimu.

Dengan satu saluran pembayaran, kamu tak lagi bingung mengurus rekening yang beragam. Pastinya pencatatan dan pengelolaan bisnis online kamu akan lebih praktis dan rapi. Dengan satu saluran pembayaran, kamu tak lagi bingung mengurus rekening yang beragam. Pastinya pengelolaan bisnis online kamu akan lebih praktis dan rapi.

3. Transaksi Lebih Aman

Bertransaksi melalui Payment gateway membuat kamu merasa lebih aman dan tenang. Dari segi penjual, tidak ada lagi pemalsuan bukti pembayaran karena semua transfer dicek secara otomatis oleh sistem, sedangkan dari segi pembayar, mereka akan merasa lebih percaya untuk melakukan transaksi di toko online-mu.

Hal ini karena payment gateway tersambung dengan bank besar tepercaya dan dilengkapi dengan Fraud Detection System yang dapat mendeteksi penipuan. Tak akan ada lagi deh kejadian dikontak bank karena diduga melakukan penipuan!

4. Meminimalisasi Kesalahan Transaksi

Penggunaan payment gateway mampu meminimalisasi kesalahan transaksi sebab nominal transaksi akan otomatis muncul pada saat pembeli ingin melakukan pembayaran. Nantinya, pembeli tinggal membayar sesuai dengan nominal tersebut sehingga kamu tidak perlu khawatir kekurangan atau kelebihan nominal saat melakukan pembayaran dan pesanan bisa langsung diproses.

5. Mempermudah Pengalaman Berbelanja bagi Pembeli

Dengan payment gateway, kamu tidak perlu menunggu konfirmasi transaksi manual. Bila pembeli sudah membayar, pesanan akan otomatis terkonfirmasi sehingga pesanan bisa langsung diproses. Kamu harus tahu: Pengalaman berbelanja yang mulus bisa meningkatkan penjualan toko online-mu, loh!

Nah, banyak sekali kan keuntungan yang diperoleh jika kita menggunakan Payment Gateway? Tidak hanya memudahkan para pelaku bisnis, Payment Gateway juga memudahkan para pembeli, loh! Dijamin deh, dengan menggunakan Payment Gateway, bisnis kamu akan semakin berkembang dengan kemudahan transaksi yang ditawarkan.

Meskipun payment gateway dinilai praktis dan mampu memudahkan kegiatan transaksi bisnis, kamu tetap perlu berhati-hati dalam memilih payment gateway yang tepat, yah. Sebab, memilih payment gateway yang sesuai menjadi salah satu faktor yang menentukan kemulusan transaksi bisnismu. Pastikan juga payment gateway yang kamu pilih resmi mengantongi izin dari Bank Indonesia, seperti Duitku.

Apapun transaksinya, Duitku jawabannya!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.