4 Cara Payment Gateway Membantu Meningkatkan Penjualan Onlinemu

Proses pembayaran online yang ribet dan memakan waktu bisa membuat pembeli kehilangan minat berbelanja di toko onlinemu. Mau bayar saja kok repot…

Menurut survei dari Salesforce, 79% pembeli berpendapat bahwa pengalaman berbelanja dari sebuah brand sama pentingnya dengan produk dan promosi yang ditawarkan oleh brand tersebut. Hal ini dimulai dari proses memilih produk hingga proses pembelian yang mulus dan berkesinambungan. Tiga dari empat pembeli mengaku bahwa proses checkout yang mudah merupakan faktor penting yang menunjang pengalaman baik berbelanja mereka.

“Tiga dari empat pembeli mengaku bahwa proses checkout yang mudah merupakan faktor penting yang menunjang pengalaman baik berbelanja mereka.”

Nah, salah satu cara menawarkan shopping experience yang seamless adalah dengan menambahkan payment gateway ke websitemu untuk memproses pembayaran secara real time dan otomatis. Proses pembayaran yang cepat, aman dan mudah memuat pengalaman berbelanja online pelanggan menjadi lebih menyenangkan sehingga akan mendorong pelanggan untuk membeli produkmu.

Apa Itu Payment Gateway?

Payment Gateway adalah teknologi untuk memudahkan bisnis kamu menerima pembayaran online dari situs web atau aplikasi. Payment gateway berfungsi sebagai saluran yang menghubungkan rekening penampung kamu ke platform tempat kamu melakukan transaksi. Tidak hanya sekedar untuk menerima pembayaran, menggunakan payment gateway memiliki banyak kelebihan dan manfaat untuk mendukung proses transaksi bisnismu. Berikut ulasannya.

1. Memberikan pilihan metode pembayaran bagi pembeli

Saldo ada di rekening bank merah, tapi toko hanya terima pembayaran dari bank biru… Salah satu penyebab calon pembeli enggan melakukan pembelian adalah karena minimnya metode pembayaran yang ditawarkan. Namun, dengan adanya payment gateway, kamu bisa menyediakan berbagai metode pembayaran tanpa ribet.

Cukup sambungkan website atau aplikasimu ke payment gateway pilihanmu, dan kamu bisa langsung menerima pembayaran dari berbagai bank, e-wallet, hingga melalui supermarket/retail. Satu integrasi untuk semua jalur pembayaran. Pembeli jadi memilliki lebih banyak keleluasaan untuk melakukan pembayaran online.

2. Memberikan pilihan pembayaran kredit ataupun cicilan dengan aman

Ini cocok untuk kamu dengan harga produk yang cukup tinggi. Kadang pembeli ragu membeli produkmu karena tidak dapat membayar secara kontan. Salah satu cara mengatasi hal ini adalah dengan menawarkan pembayaran kredit atau cicilan sehingga produkmu mudah terjangkau oleh berbagai segmen.

Dengan payment gateway, kamu bisa langsung tersambung dengan bank ataupun penyelenggara layanan cicilan tanpa kartu kredit. Sistem payment gateway juga dilengkapi dengan built in fraud detection system sehingga transaksimu dijamin lebih aman. Lebih banyak pelanggan yang memiliki akses untuk beli produkmu, semakin meningkat penjualanmu!

3. Meminimalisasi Kesalahan Transaksi supaya pesanan cepat diproses

Kesel ga sih, kamu sudah menantikan pesanan online kamu, eh saat dicek ternyata belum dikirim karena kamu kekurangan transfer…

Seringkali pembeli salah memasukkan nominal transaksi sehingga proses pemrosesan menjadi lebih lama. Penggunaan payment gateway mampu meminimalisasi kesalahan transaksi sebab nominal transaksi akan otomatis muncul pada saat check out dan pembayaran. Misalkan kamu melakukan pembayaran dengan transfer antar bank sekalipun, nomor rekening yang kamu masukkan ke internet banking akan memuat nominal pembelanjaan secara otomatis.  Nantinya, pembeli tinggal membayar sesuai dengan nominal tersebut sehingga kamu tidak perlu khawatir kekurangan atau kelebihan nominal saat melakukan pembayaran.

4. Meningkatkan kepercayaan pembeli pada website atau Aplikasimu

Proses checkout yang terautomatisasi dapat meningkatkan kepercayaan pembeli akan online storemu, Apalagi jika jalur pembayaran kamu tersambung dengan bank-bank besar dalam negeri atau e-wallet terkemuka.

Kamu bisa dengan mudah menambahkan fitur ini dengan menambahkan payment gateway langsung di websitemu. Dengan proses checkout yang mudah dan pesanan yang langsung diproses, pembeli akan semakin yakin belanja di website atau aplikasimu.

Nah, berikut ulasan manfaat payment gateway untuk menunjang pengalaman berbelanja dan kemulusan transaksi bisnis online kamu. Saat ini banyak perusahaan yang menawarkan layanan payment gateway di Indonesia. Coba cek disini (hyperlink ke page artikel selanjutnya) untuk tips memilih payment gateway yang sesuai untuk bisnis online mu.

Pastikan payment gateway yang kamu pilih resmi mengantongi izin dari Bank Indonesia dan memenuhi standard keamanan internasional seperti Duitku.

Masalah transaksi bisnismu? Biar Duitku saja yang urus.

Source : brandlock, diva-portal

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.