Tips Ubah Bisnis Dari Offline Ke Online

Penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat membuat ekonomi digital di Indonesia berkembang pesat. Seiring dengan perubahan perilaku konsumen di masa pandemi yang cenderung melakukan transaksi online, pebisnis harus beradaptasi dengan melakukan transformasi bisnis dari offline menjadi online guna memaksimalkan peluang bisnis di era digital.

Berdasarkan data yang bersumber dari Google dan Kementerian Perdagangan, selama pandemi COVID-19 (terhitung sejak Maret 2020), terjadi peningkatan konsumen digital baru yang berbelanja online dalam e-commerce di Indonesia hingga 37%. Berkat ini, valuasi ekonomi digital Indonesia tumbuh lebih dari 40% per tahun sejak 2015 dengan total transaksi digital di Indonesia mencapai nilai USD 40 miliar sepanjang paruh waktu 2020.

Disinyalir, pembatasan jam operasi sentra ekonomi dan mobilitas masyarakat menjadi faktor pendorong pertumbuhan transaksi digital di Indonesia. Masyarakat berusaha memenuhi kebutuhan hari dengan belanja online saat pandemi dan didorong untuk berpikir kreatif dalam mempertahankan bisnis agar dapat beradaptasi.

Karena itu, menambahkan strategi digital dan/atau merubah haluan bisnis dari offline menjadi bisnis online menjadi sangat penting untuk dapat turut bersaing di era digital ini. Simak beberapa strategi yang perlu Anda siapkan sebelum beralih ke bisnis online berikut ini:

1. Riset Pasar

Sebelum beralih ke bisnis online, lakukan riset pasar dengan cara mempelajari produk kompetitor yang tersedia di marketplace dan media sosial. Lihat berapa harga yang ditawarkan. Apakah ada feedback dari pembeli yang perlu diterapkan di bisnis Anda? Perhatikan pula total penjualan bisnis online. Jika sedikit, perlukah Anda menjual barang yang sama atau malah mempersiapkan strategi untuk meningkatkan penjualan? Dengan melakukan riset sebelum terjun ke bsinis online, Anda dapat menentukan strategi branding yang efektif agar produk sukses terjual.

2. Maksimalkan Penggunaan Media Sosial

Baru di bisnis online? Mulailah dengan sesuatu yang sederhana, seperti memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk. Memasarkan produk di media sosial sangatlah efektif, sebab media sosial kini digunakan hampir seluruh lapisan masyarakat. Oleh karena itu, maksimalkan penggunaan media sosial untuk menjangkau target pasar dengan cara membuat konten berkualitas secara konsisten.

3. Buat Situs Website

Saat memutuskan untuk beralih dari bisnis offline ke online, Anda perlu membangun situs website berisikan informasi terkait bisnis yang kamu miliki. Tujuannya agar bisnis jadi lebih personal dan Anda punya wewenang untuk mengelola penuh konten yang ada di Website. Pastikan pula semua tautan di website berfungsi dengan baik dengan memeriksa secara berkala. Bila terdapat kesalahan ketik atau ejaan, maka kualitas website Anda akan dipertanyakan. Jika dibiarkan, hal ini dapat mengancam kredibilitas bisnis Anda.

4. Visualisasi

Mempercantik visualisasi produk juga perlu diperhatikan, apalagi bila Anda melakukan pemasaran online. Sebab, visualisasi mampu membuat orang yang berbelanja online seolah berbelanja offline, sehingga mereka dapat melihat detail produk secara jelas. Cara yang dapat Anda terapkan adalah dengan menampilkan sebanyak-banyaknya foto produk dari sisi yang berbeda. Selain itu, Anda juga dapat memadu dan memadankan produk dengan aksesoris lain agar tampilan terlihat maksimal.

Jadi, siapkah Anda untuk beralih ke bisnis online? Jika iya, segera maksimalkan kemajuan bisnis dengan menyediakan kelancaran pembayaran melalui payment gateway. Bersama Duitku, Anda dapat memberikan kemudahan check-out dengan menyediakan opsi pembayaran selama 24/7, sehingga pembeli nyaman dalam melakukan transaksi dan tertarik untuk berbelanja lebih banyak pada bisnismu. Pembeli senang, bisnis pun cuan!

Duitku siap dukung proses digitalisasi bisnismu. Yuk, perbesar peluang untuk raih keuntungan dengan beralih ke bisnis online bersama Duitku.

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.