Tips Sukses Jalankan Bisnis Pre-order

Support on Nov 13, 2021 in Information

Sistem jual beli dengan model pre-order atau PO menjadi hal yang familiar di kalangan para pebisnis dan konsumen online. Sistem pre-order adalah cara berbisnis yang diawali dengan kesepakatan bahwa konsumen harus membayarkan sejumlah uang terlebih dahulu dan barang akan datang dalam rentang waktu tertentu sesuai dengan perjanjian di awal.

Model bisnis pre-order banyak dilirik oleh para pemula bisnis online. Sebab, bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal, bahkan bisa dilakukan tanpa adanya modal. Pebisnis hanya perlu mendesain produk yang tepat, memberikan deskripsi produk yang menarik, dan koneksi internet yang baik.
Terdengar mudah, tetapi Anda tetap membutuhkan strategi agar bisnis PO berjalan dengan maksimal dan tidak merugi. Berikut ini tips berbisnis dengan sistem pre-order (PO).

Perhatikan Kualitas Produk

Model bisnis pre-order mengharuskan konsumen untuk menunggu dan bersikap sabar agar mendapatkan produk yang diinginkannya. Oleh karena itu, Anda wajib memastikan bahwa produk yang dijualkannya memiliki nilai dan berkualitas sehingga konsumen tidak merasa kecewa. Produk yang berkualitas tentunya akan membuat Anda lebih percaya diri untuk menjual dan menawarkannya. Selain itu, ingatlah bahwa kepercayaan konsumen itu adalah hal yang sangat penting. Sebab, setiap konsumen itu memiliki potensi untuk menjadi pelanggan yang setia dan loyal terhadap bisnis Anda.

Pilih Vendor Tepercaya

Untuk proses produksi, bekerja sama dengan vendor yang terpercaya dan terbukti kualitasnya menjadi pilihan yang paling tepat. Jadi, Anda dapat menghindari terjadinya masalah dalam tahapan produksi. Agar bisa mendapatkan vendor yang demikian itu, Anda perlu melakukan research dan pengamatan terlebih dahulu. Bandingkan vendor-vendor yang memenuhi kualifikasi untuk memproduksi produk Anda. Selain itu, pertimbangkan sisi kelebihan dan kelemahan masing-masing vendor tersebut.

Tentukan Target Penjualan

Penentuan target penjualan menjadi hal yang penting dalam mengatur strategi penjualan produk. Semakin besar jumlah target, maka dibutuhkan strategi dan usaha yang keras. Untuk bisa menentukan target penjualan, Anda harus mempertimbangkan kapabilitas yang dimiliki, seperti sumber daya manusia, modal, bahan baku, dan sebagainya. Sebaiknya tidak perlu memasang target yang terlalu tinggi. Akan lebih baik bila Anda menjalankan bisnis PO ini dengan perlahan, tetapi mampu mencapai target.

Pilih Jadwal PO

Pembukaan hingga penutupan PO termasuk dalam hal yang perlu diperhatikan agar bisnis Anda berjalan maksimal. Pre-order dapat dibuka setiap akhir sampai dengan awal bulan. Sebab, dalam rentang waktu ini orang-orang sudah mulai gajian dan tengah berburu barang-barang yang diinginkan. Cara ini membuat produk Anda lebih mudah dilirik oleh konsumen.

Berikan Pelayanan yang Responsif

Menjalankan bisnis dengan sistem pre-order sangat bergantung pada kepercayaan dari pelanggan. Oleh karena itu, jalin komunikasi dua arah dan beri respons pada setiap pertanyaan dan keluhan konsumen sebaik mungkin. Berbagai saluran atau media komunikasi kini dapat digunakan dengan mudah, seperti media sosial, email, nomor telepon, SMS, WhatsApp dan sebagainya.

Nah, itu dia cara memaksimalkan pre order bisnis. Satu lagi cara agar jualan sistem PO Anda berjalan maksimal adalah dengan menggunakan automasi pembayaran di website supaya mudah diakses dan terintegrasi satu sama lain. Payment Gateway Duitku dapat membuat proses checkout bisnis Anda dapat dilakukan kapan pun karena sistemnya otomatis berjalan selama 24/7 tanpa harus menunggu respons penjual.

Proses pembayaran yang anti ribet akan menyenangkan hati konsumen yang hendak menyelesaikan transaksi. Jadi, integrasikan bisnis online-mu dengan Payment Gateway Duitku sekarang juga!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.