Strategi Meningkatkan Transaksi Bisnis

Meningkatkan omset penjualan bukanlah hal yang mudah, apalagi di tengah situasi pandemi yang tak berkesudahan. Banyak pebisnis berusaha menerapkan berbagai metode untuk mempertahankan keberlangsungan perusahaan, mulai dari streamline proses produksi, memberikan pelayanan ekstra, hingga menerapkan berbagai teknik marketing.

Untuk menerapkan teknik marketing yang tepat, Anda perlu menyiapkan strategi penjualan agar transaksi bisnis dapat meningkat. Bila perlu, strategi tersebut harus dipersiapkan sebelum usaha dimulai.

Lantas, bagaimana strategi penjualan yang efektif untuk meningkatkan transaksi bisnis? Terdapat 4 tips yang bisa Anda terapkan agar bisnis mampu mendulang keuntungan:

1. Tingkatkan Kualitas Produk

Tingkatkan Kualitas Produk

Dalam prinsip penjualan, terdapat 2 hal yang perlu diperhatikan, yakni menjual produk berkualitas dan persaingan melalui harga. Bila tidak ingin bersaing secara harga, Anda dapat meningkatkan kualitas produk agar mampu bersaing, supaya anda tetap dapat mempertahankan margin keuntungan penjualan.

Kualitas produk berperan dalam meningkatkan omset penjualan di toko online maupun offline. Bila produk berkualitas, tentunya pembeli tak ragu untuk kembali bertransaksi ke bisnis Anda dan rela mempromosikan produk secara cuma-cuma.

Makanya, penting sekali untuk melakukan quality check sebelum produk didistribusikan agar reputasi toko anda tetap terjaga. Tentunya tak ingin kehilangan pembeli akibat barang cacat produksi, bukan?

2. Optimasi Branding

Optimasi Branding

Selain meningkatkan kualitas produk, Anda perlu memahami pentingnya branding bagi bisnis. Branding merupakan cara untuk memberikan keunggulan / keunikan kepada persepsi customer sehingga pembeli terus berlangganan produk.

Memperkuat brand awareness (branding) merupakan salah satu cara untuk meningkatkan transaksi bisnis online. Dengan brand yang kuat, Anda tak perlu takut lagi dengan kompetitor sejenis, sebab pembeli pasti akan memilih untuk terus bertransaksi pada bisnis Anda.

Oleh karena itu, optimasi branding dengan melibatkan pembeli dalam tiap promosi yang Anda lakukan. Cara ini dapat membuat brand bisnis menjadi top of mind di kalangan pembeli.

3. Promosikan Produk

Promosikan Produk

Dalam meningkatkan omset penjualan secara online, ada berbagai cara mempromosikan produk, salah satu media yang paling populer untuk mempromosikan produk retail kamu adalah melalui media sosial. Pasalnya, ada banyak sekali pebisnis pemula yang sukses meningkatkan transaksi bisnis hingga berkali-kali lipat dari modal, hanya dengan menggunakan media sosial.

Hal ini karena media sosial menjadi platform yang memiliki audiens luas dan tak pernah sepi pengunjung. Apalagi platform, seperti Instagram dan TikTok. Dua platform tersebut berpotensi membuat penjualan online Anda membludak, bila Anda mampu memaksimalkan penggunaannya. Makanya, mulai perbarui media sosial bisnis Anda secara berkala dengan memanfaatkan fitur khusus yang tersedia untuk bisnis agar keuntungan bisnis meningkat.

4. Integrasikan Sistem Checkout Bisnis

Integrasikan Sistem Checkout Bisnis

Terkadang proses berbelanja dilakukan secara impulsif, sehingga jika pembeli tidak membeli saat itu juga, bisa terjadi bahwa produk kita akan dilupakan oleh pembeli dan mereka beralih ke produk atau toko lain. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menerapkan pengalaman berbelanja yang mulus dengan mendukung opsi pembayaran digital pada bisnis online.

Dengan mengintegrasikan sistem checkout bisnis, pembeli dapat bertransaksi 24/7 dan Anda dapat memberikan pengalaman berbelanja yang nyaman sehingga pembeli dapat menyelesaikan transaksi dengan mudah. Dijamin, pembeli semakin mudah dan semakin banyak yang menyelesaikan pembelian di toko kamu.

Selain itu, metode pembayaran digital yang beragam juga mampu meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi pembeli, sehingga pembeli dapat kembali berbelanja. Anda dapat menggunakan payment gateway sebagai salah satu opsi untuk mendukung berbagai metode pembayaran online tanpa harus membuka banyak rekening. Semua laporan transaksi pun dapat dilihat dalam satu dashboard sehingga pencatatan menjadi lebih rapi.

4 cara meningkatkan transaksi bisnis

Itu dia 4 cara meningkatkan transaksi bisnis. Jangan lupa integrasikan pembayaran bisnis Anda dengan payment gateway yang telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia dan memiliki sertifikat keamanan PCI-DSS, seperti Duitku untuk meningkatkan kenyamanan berbelanja bagi pembeli.

Dengan payment gateway, Anda tak perlu lagi menunggu bukti transaksi pembeli, sebab pembayaran pesanan akan terkonfirmasi secara otomatis. Pembeli pun dapat memilih opsi pembayaran sesuai yang mereka inginkan.

Mulai ciptakan peluang untuk meningkatkan omset penjualan dengan awali satu transaksi bersama Duitku!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.