Saatnya Aktifkan Pembayaran dengan Kartu Kredit dan Cicilan Pay Later pada Bisnismu

Maryanto Saputra on Apr 28, 2021 in Information

Kartu kredit dulunya hanya dinikmati oleh orang dengan gaya hidup kelas atas yang berpendapatan tinggi. Dengan keuntungan yang menggiurkan serta persyaratan pengajuan aplikasi kartu kredit yang semakin ringan, alat pembayaran ini sekarang lebih mudah dimiliki oleh berbagai kalangan dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masa kini. Menurut data dari Bank Indonesia pada Februari 2020, menyatakan bahwa terdapat 17.6 juta kartu kredit aktif. Di mana 1 orang biasanya memiliki 2-3 kartu kredit.

Namun seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, fenomena konsep “buy now, pay later” (BNPL) atau yang lebih dikenal sebagai Paylater di Indonesia kian menjadi primadona di tengah masyarakat. Dengan persyaratan pendaftaran yang lebih mudah dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat, Cara pembayaran cicilan tanpa kartu kredit diprediksi akan kian diminati pada tahun 2021 ini. Bahkan, menurut studi dari Coherent Market Insights , pasar Paylater global diperkirakan akan tumbuh dari 5 juta USD pada 2019, menjadi 33.6 juta USD pada 2027, dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata (CAGR) lebih dari 21.2%. dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata (CAGR) lebih dari 20% menjadi 33.6 juta USD. Wow, angka yang fantastis, bukan?

Kartu kredit dan Paylater menawarkan pembeli untuk membeli barang tidak harus secara langsung atau kontan, namun bisa dilakukan secara cicilan. Hal tersebut dianggap mempermudah para pembeli untuk mengatur keuangan bulanan mereka. Terutama di periode menjelang hari besar, dimana banyak pengeluaran tambahan di bulan itu. Penggunaan kartu kredit dan paylater juga memiliki berbagai manfaat. Mulai dari kemudahan penggunaannya, hingga berbagai promo dan diskon menarik.

Eits, tapi ternyata keuntungan yang ditawarkan oleh kartu kredit dan paylater bukan hanya berlaku untuk pembeli, tapi juga untuk pelaku bisnis. Kira-kira apa saja manfaatnya? Kita ulas lebih lanjut, yuk!

1. Produkmu lebih terjangkau oleh berbagai segmen masyarakat

Sering kali, kita ragu membeli barang dengan harga yang relatif tinggi karena tidak dapat membayar secara kontan. Harus menabung 3 bulan dahulu, padahal butuh saat ini juga… Dengan menawarkan metode pembayaran cicilian dan kartu kredit, produkmu menjadi lebih terjangkau oleh pembeli.

Beberapa layanan keuangan menyediakan syarat khusus untuk melakukan peminjaman. Misalnya minimal gaji atau jaminan barang. Namun paylater hanya membutuhkan syarat KTP Indonesia saja untuk mendaftarkan diri. Dengan mudahnya pendaftaran yang ditawarkan teknologi cicilan tanpa kartu kredit, ini membuat proses transaksi pada toko online kamu menjadi makin cepat dilakukan.
Karena itu kamu tidak perlu khawatir jika harus menjual produk dengan harga yang cukup mahal. Kamu cukup memasarkan produkmu, pembeli bebas memilih metode pembayaran sesuai kemampuannya. Lebih banyak pelanggan yang memiliki akses untuk beli produkmu, semakin meningkat penjualanmu!

2. Banyak terdapat Promosi

Fasilitas Paylater masih termasuk baru di kalangan masyarakat Indonesia. Karena itu, untuk memasarkan dan mensosialisasikan produk Paylater, para Lembaga penyedia jasa Paylater seperti ShopeePayLater atau Indodana banyak memberikan promosi untuk menarik minat calon pengguna.

Nah, beragam promo yang ditawarkan dapat menarik minat pembeli untuk membeli poduk kamu juga, loh! Sekarang ini, paylater dan kartu kredit sedang gencar-gencarnya melakukan promosi. Beberapa promo yang sering muncul pada penggunaan kartu kredit dan paylater adalah cashback dan potongan harga. Jadi, pastikan toko online mu mengaktifkan fitur ini, ya!

3. Penjual tetap mendapatkan pembayaran produk secara kontan

Tenggat waktu membayar cicilan juga menjadi keuntungan lain dari paylater dan kartu kredit. Pembeli bebas menentukan tenggat waktu pembayaran cicilan sesuai dengan syarat dan ketentuan para lembaga penyedia paylater atau kartu kredit. Dengan begitu pembeli akan segera membeli produk kamu dan membayar sesuai kemampuannya.

Walaupun pembeli menentukan sendiri jumlah dan tenggat waktu pembayaran, sebagai penjual, kamu tetap akan mendapatkan uang penjualan produkmu secara kontan. Hal ini dikarenakan adanya pihak ketiga (bank ataupun institusi pengkreditan) yang menjamin dan memfasilitasi transaksi kamu. Jadi kamu tidak usah ribet lagi membagi pembayaran ataupun merasa takut pembeli tidak menyelesaikan pembayaran yang menjadi kewajibannya. Pokoknya tahu beres!

Walaupun fasilitas kartu kredit dan pembayaran PayLater dapat meningkatkan daya beli masyarakat, penggunaan metode pembayaran ini tetap harus dimanfaatkan secara bertanggung jawab, yah. Beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan sebelum mengaktifkan kartu kredit dan cicilan tanpa kartu kredit antara lain :

  • Biasakan menggunakan kartu kredit dan saldo paylater kamu untuk kebutuhan, bukan pembelanjaan impulsive.
  • Pertimbangkan cicilan / KPR yang menjadi tanggung jawab kamu sebelum memutuskan pembukaan limit pembayaran.
  • Catat pengeluaran kamu dan periksa kembali sebelum menambahkan pengeluaran lainnya ke paylater dan kartu kreditmu.
  • Untuk pembelanjaan yang bersifat rekreasional, pastikan kamu memiliki tabungan yang cukup untuk membayarkannya secara kontan. Metode pembayaran cicilan baik digunakan untuk menjaga cash flow kamu, namun kamu tidak disarankan membeli diluar kemampuanmu untuk hal yang bersifat tersier yah!

Wah, ternyata mengaktifkan metode pembayaran dengan kartu kredit dan paylater memiliki banyak sekali manfaat ya. Untuk mengaktifkan metode pembayaran kartu kredit dan cicilan di toko online kamu, gunakan payment gateway untuk bisnismu. Payment gateway memungkinkan bisnismu untuk menerima pembayaran dari berbagai bank, virtual account, kartu kredit, minimarket, atau bahkan dengan metode cicilan tanpa kartu kredit.

Dengan payment gateway, kamu bisa langsung tersambung dengan bank ataupun penyelenggara layanan cicilan tanpa kartu kredit. Sistem payment gateway juga dilengkapi dengan built in fraud detection system. Jadi kamu gak perlu panik karena transaksi bisnismu makin aman dan nyaman untuk para pembeli. Cek juga disini untuk informasi lebih lanjut mengenai keamanan menerima transaksi kartu kredit online.

Pastikan partner penyedia payment gateway yang kamu pilih sudah terbukti aman bersertifikat PCI-DSS dan memiliki legalitas resmi dari bank Indonesia seperti Duitku. Transaksi onlinemu, biar Duitku yang urus.

 

 

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.