Rekening Ponsel

Support on Nov 2, 2021 in Information

Jika mendengar kata “Rekening”, apa yang ada dipikiran kamu? Dari hasil survey yang telah dilakukan, 7 dari 10 orang akan menjawab “Rekening Bank”. Bahkan dari jawaban seluruh korespondensi yang telah dikumpulkan, belum ada yang menjawab “Rekening Ponsel”, hal ini mungkin dikarenakan istilah rekening ponsel belum begitu familiar. Jadi mari kita kulik lebih lanjut apa sih yang dimaksud dengan rekening ponsel itu.

Apa itu Rekening Ponsel?

Rekening ponsel adalah layanan perbankan yang menjadikan nomor ponsel pemilik menjadi id (identitas) dalam melakukan transaksi keuangan. Pengisian sejumlah saldo dan pembayaran untuk belanja kamu akan dilakukan cukup dari ponsel dan menggunakan nomor ponsel pemilik. Sebenarnya, fitur layanan rekening ponsel ini sudah ada mulai tahun 2010. Untuk sistematikanya mirip dengan penggunaan e-money dan sejenisnya, jadi kamu tidak perlu khawatir kesusahan dalam prosesnya. Inovasi baru ini tak lain bertujuan untuk mendukung program Bank Indonesia dalam upaya mengurangi jumlah uang fisik yang beredar.

Untuk dapat memiliki rekening ponsel, kamu tetap harus memiliki rekening bank terlebih dahulu. Pada dasarnya, fasilitas rekening ponsel ditujukan untuk menggantikan fasilitas kartu ATM yang bisa membantu kamu bertransaksi keuangan di mesin ATM bank yang kamu miliki. Dengan fasilitas rekening ponsel, semua kegiatan transaksi keuangan tidak harus ke bank dan ke mesin ATM, cukup dengan ponsel kamu. Pastikan koneksi internet kamu menyala dan stabil ya.

Kamu dapat melakukan aktivasi fasilitas rekening ponsel ini dengan mengunjungi bank dimana kamu memiliki rekening. Prosesnya sangat mudah dan cepat, biasanya sebelum 2 x 24 jam setelah melakukan permintaan ke bank, fasilitas ini sudah bisa kamu gunakan. Persyaratannya pun cukup membawa KTP asli, kartu ATM dan buku tabungan/mobile banking sebagai tanda kamu adalah nasabah bank tersebut. Jangan lupa untuk menyiapkan alamat email kamu yang masih aktif ya, karena akan ada tautan verifikasi ke email kamu. Kemudian download aplikasi dari bank yang dituju dan lakukan aktivasinya.

Kemudian, apa manfaat yang diperoleh dengan mengaktifkan rekening ponsel?

Memudahkan Bertransaksi
Dengan rekening ponsel, kamu bisa langsung melakukan pembayaran belanja online atau tagihan bulanan kamu tanpa harus pergi ke mesin ATM. Cukup dirumah, proses dengan smartphone kamu, dan semua list tagihan akan terbayarkan dengan mudah.

Memudahkan Transaksi Tanpa Kartu ATM di Mesin ATM
Umumnya, ketika kamu akan melakukan pengambilan uang atau melakukan pembayaran di mesin ATM, kamu harus memasukkan kartu ATM kamu ke dalam mesin terlebih dahulu bukan? Dengan rekening ponsel, kamu bisa melakukan transaksi keuangan via mesin ATM tanpa membawa kartu ATM. Caranya masukkan nomor ponsel kamu yang telah didaftarkan menjadi rekening ponsel. Kemudian mesin ATM akan mengirimkan ke ponsel kamu berupa 6 digit nomor yang digunakan sebagai password sementara. Masukkan password sementara tersebut ke mesin ATM, kemudian kamu bisa melakukan transaksi seperti biasanya.

Melayani Pembayaran Tagihan
Setiap bulannya kamu harus melakukan pembayaran tagihan air, listrik, asuransi dan internet secara rutin dan tidak boleh terlambat. Dengan rekening ponsel, kamu tidak perlu lagi datang ke kantor-kantor pembayaran tagihan tersebut satu-persatu untuk melakukan pembayaran. Buka smartphone kamu dan proses pembayaran semua tagihan bisa dilakukan melalui rekening ponsel.

Mempermudah Pengecekan Saldo dan Mutasi Rekening
Melakukan pengecekan saldo dan mutasi rekening secara berkala, akan membantu kamu dalam mempertimbangkan pengeluaran ataupun melakukan pembukuan. Jangan sampai overcharge dan akhirnya gaji kamu hanya selewat dan habis sebelum kamu menyisihkan dana tabungan dan mencukupi kebutuhan lainnya.

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan rekening ponsel, memang sangat memanjakan kita dalam berbagai kebutuhan. Tapi jangan sampai membuat kamu hilang kontrol dalam pengeluaran ya. Kamu harus tetap melakukan monitoring dan membuat post-post anggaran agar lebih terkontrol.

Duitku merekomendasikan kamu juga melakukan pencatatan rutin pendapatan dan pengeluaran kamu. Cek artikel ini untuk rekomendasi aplikasi pembukuan gratis yang bisa kamu coba.

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.