Produk yang Bisa Dijadikan Ide Bisnis Online selama Pandemi

Pandemi COVID-19 yang melanda saat ini tidak hanya menimbulkan masalah di bidang kesehatan, namun turut berdampak pada kebiasaan konsumen. Kondisi yang memaksa konsumen untuk mengisolasi diri di rumah memaksa konsumen untuk berbelanja secara online. Bila dulu konsumen memilih untuk berbelanja ke toko fisik, sekarang konsumen memilih untuk berbelanja online agar tidak terpapar virus korona.

Perubahan kebiasaan ini turut memengaruhi sektor ekonomi. Berbagai adaptasi dilakukan agar bisnis berjalan kembali, mulai dari banting setir ke bisnis online, hingga melakukan pengurangan karyawan. Bagi karyawan yang terdampak, situasi ini membantu menyadarkan masyarakat untuk memulai bisnis online akibat pesatnya penggunaan internet dan meningkatnya tren belanja online di tengah masyarakat.

Lantas, apa saja peluang bisnis online saat pandemi yang bisa dimanfaatkan? Di artikel ini, Duitku akan memberikan daftar produk yang bisa dijadikan bisnis online selama pandemi. Yuk, langsung saja simak penjelasannya berikut inI!

1. Cleaning Service

Peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia berdampak lurus pada permintaan akan layanan kebersihan, khususnya pada daerah perkotaan. Kekhawatiran akan penyebaran virus membuat masyarakat membersihkan dan mendisinfeksi rumah, perkantoran, hingga apartemen.

Bila kamu senang membersihkan rumah, peluang ini bisa kamu manfaatkan untuk menyediakan layanan cleaning service disertai dengan disinfeksi. Yang dibutuhkan hanyalah perencanaan, strategi pemasaran, dan pemetaan wilayah yang tepat agar bisnismu mendulang keuntungan.

2. Bisnis PPOB (Payment Point Online Bank)

Membayar tagihan tepat waktu sudah menjadi suatu kewajiban agar tidak membayar denda keterlambatan. Namun, antrean yang panjang dan prosedur yang memakan waktu kerap menyulitkan seseorang untuk membayar. Akibatnya, orang perlu mencari tempat yang sepi agar proses pembayaran lebih cepat.

Dari situasi di atas, muncul sebuah peluang bisnis yang dapat kamu jadikan sebagai penghasilan tambahan. Kamu bisa menghadirkan PPOB (Payment Point Online Bank) untuk mempermudah masyarakat agar bisa membayar apapun dalam satu tempat.

Bermodalkan komputer, printer, koneksi internet, dan modal ratusan ribu, kamu dapat membuka PPOB pertamamu! Untuk bentuk bisnis PPOB, kamu dapat automasi pembayaran dan distribusi produkmu supaya bisnis bis berjalan dengan sendirinya dan kamu bisa fokus mempromosikan bisnis kamu! Jangan lupa pilih vendor pembayaran tepercaya agar bisnismu aman dan lancar ya!

3. Social Media Marketing

Punya banyak followers di media sosial dan personal branding yang kuat? Manfaatkan followers-mu dan raup keuntungan dengan menjadi social media marketer. Dengan ini, kamu dapat membantu UMKM dengan cara mengelola dan melakukan promosi di media sosial.

Bentuk jasa yang ditawarkan pun bermacam-macam. Bisa mempromosikan layanan melalui konten, mengelola media sosial secara keseluruhan, hingga membantu menjawab pertanyaan masuk dari calon pembeli. Hanya bermodalkan laptop, HP, dan koneksi internet, kamu dapat memulai bisnis ini dengan mudah.

4. Tutor / Kelas Online

Tahukah kamu bahwa pandemi berdampak pada perubahan dalam sistem belajar mengajar? Bila sebelumnya pendidikan harus dilaksanakan tatap muka, sekarang semua harus dilakukan secara online.

Namun, hal ini tentunya membawa kesempatan baru bagi kamu yang memiliki ketertarikan untuk mengajar. Kamu bisa memulainya dengan mengajar keterampilan yang kamu kuasai dengan paruh waktu. Dengan tarif kisaran 100-150 rb/jam, kamu berpeluang untuk mendapatkan uang tambahan hingga jutaan rupiah dalam satu bulan.

Karena anjuran pemerintah untuk “di rumah saja”, banyak juga masyarakat dewasa yang memutuskan untuk mengambil kelas untuk mengisi waktu luangnya sekaligus meningkatkan keterampilan. Nah, jika kamu memiliki keahlian dalam suatu subjek, kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan membuat kelas online dalam bentuk video, yang bisa kamu pasarkan dan distribusikan secara online untuk mendapatkan penghasilan tambahan!

5. Menjadi Reseller

Pandemi COVID-19 menjadi pukulan telak bagi ritel di seluruh dunia. Bisnis yang menggantungkan usahanya di toko fisik harus mengeksplorasi alternatif lain untuk terus bertahan. Hal ini memaksa pebisnis untuk memulai bisnis online.

Jika kamu tertarik untuk memiliki bisnis online, ini saat yang tepat bagimu untuk membuka usaha sampingan. Kamu bisa memulainya dengan cara menjadi reseller di toko langganan. Bermodalkan foto dari supplier dan dedikasi untuk mempromosikan usaha, bisnis yang bermula dari reseller ini berpeluang menjanjikan untuk tumbuh semakin pesat.

Nah, itu dia jenis bisnis online terlaris yang bisa kamu lakukan untuk menambah penghasilan selama pandemi. Jangan lupa untuk memilih bisnis sesuai minat dan keahlian kamu, yah!

Bila kamu ingin menjadikan kegiatan ini serius, kamu bisa menjualnya lewat website pribadi secara eksklusif lho! Dengan menghadirkan kemudahan menerima pembayaran 24/7 dengan Payment Gateway, kamu dapat mempermudah klien untuk menggunakan jasamu.

Pastikan partner penyedia payment gateway yang kamu pilih sudah terbukti aman bersertifikat PCI-DSS dan memiliki legalitas resmi dari bank Indonesia seperti Duitku. Transaksi onlinemu, biar Duitku yang urus.

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.