Permudah Transaksi Bisnis dengan E-Invoice

Support on Nov 4, 2021 in Information

Kemajuan di dunia teknologi sekarang ini berkembang dengan sangat pesat dalam segala aspek khususnya dari sisi dunia usaha dan bisnis dengan mulainya diperkenalkan sebuah sistem baru dalam transaksi pembayaran.
Pada umumnya proses pendataan transaksi dalam dunia usaha dan bisnis adalah menggunakan invoice. Invoice memiliki dua jenis kegunaan seperti untuk mengirim informasi pembayaran kepada pembeli dan untuk menerima tagihan pembayaran. Untuk dapat lebih memahami mengenai e-invoice, kamu perlu memahami pengertian dari Invoice terlebih dahulu.

Apakah itu Invoice?

Invoice adalah sebuah fondasi dasar dari proses pembukuan untuk segala jenis bisnis. Invoice juga merupakan dokumen yang dibuat di setiap proses website e-commerce. Invoice akan ditampilkan setiap kali ada terjadinya proses pembelian atau penjualan barang dan jasa. Invoice juga dapat memberikan informasi pada pelangganmu berapa jumlah hutang mereka kepadamu, dan kapan pembayarannya memasuki jatuh tempo. Invoice adalah dokumen yang sangat penting dalam proses pembukuan karena dapat memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan pembayaran dari produk dan layanan mereka. Invoice adalah dokumen yang sangat penting untuk pembeli dan penjual.

Apa itu E-Invoicing?

E-invoicing adalah sebuah solusi yang dapat menggantikan proses invoice dalam suatu bisnis karena invoice elektronik (e-invoice) bekerja secara otomatis dan menghilangkan proses manual dalam mengirimkan dan saling berbagi informasi invoice antara pembeli dan penjual. Ini berarti bahwa invoice dibuat, dikirim, dan diterima dalam bentuk format elektronik standar yang dapat memungkinkan pembeli dan penjual untuk memproses invoice secara otomatis.

Beberapa e-commerce memiliki e-invoice dan sistem pembayarannya yang berjalan secara otomatis. Setelah e-invoice berjalan dalam sistem, pembeli dapat memeriksa invoice dan dapat melakukan pembayaran online melalui transfer kredit, debit langsung, atau pembayaran kartu. Invoice elektronik (e-invoice) memungkinkanmu untuk membuat pembayaran invoice secara otomatis tanpa perlu secara manual menambahkan detail bank, jumlah pembayaran, dll. Jadi e-invoice telah memiliki semua informasi yang pembeli butuhkan untuk melakukan pembayaran online.

Mengapa bisnis kamu harus menggunakan e-invoice?

Invoice elektronik (e-invoice) dapat mencegah potensi human error yang disebabkan oleh kegiatan yang dilakukan secara manual seperti kesalahan dalam input jumlah yang dikirim atau kesalahan pengetikan ketika memasukkan rincian rekening bank, dll. Invoice elektronik (e-invoice) dapat menghilangkan kemungkinan kesalahan tersebut saat melakukan proses pembayaran online dengan invoice elektronik (e-invoice) yang berisikan semua informasi seperti masa berlaku, rincian rekening bank, dll yang diperlukan untuk membuat pembayaran invoice online.

Dengan e-invoice yang berjalan secara otomatis dalam proses pembayaran online, baik dari sisi pengirim dan penerima e-Invoice dapat memberikan manfaat dari biaya dalam mencetak dan berbagi invoice. Invoice elektronik juga memungkinkan penjual untuk tidak mengeluarkan biaya untuk mencetak dan menampilkan invoice kertas, menanggapi permintaan pelanggan untuk salinan invoice yang hilang.

Invoice elektronik (e-invoice) membuat seluruh proses berbagi dan pembayaran invoice lebih cepat. E-Invoice memungkinkan penjual untuk menerima uang lebih cepat dan memiliki arus kas yang dapat diprediksi. e-invoice memungkinkan pembeli menghemat waktu dan biaya yang dikeluarkan dari faktur kertas dan kesalahan pembayaran dilakukan ketika membayar tagihan.

Apa keuntungan dari E-Invoicing?

Dengan menggunakan e-invoicing, bermanfaat untuk mengurangi biaya operasional yang dihabiskan pada pekerjaan manual. Proses saling berbagi dan pembayaran dalam invoice dapat dilaksanakan secara lebih efisien dan efektif yang dimana data invoice dapat disimpan, diatur, dan dikelola dengan tenaga kerja dan waktu yang minimal.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dari e-invoicing:

  • Mengurangi proses kerja manual
  • Menghapus kesalahan input data
  • Hemat biaya cetak & ramah lingkungan
  • Mempercepat siklus pembayaran
  • Meningkatkan manajemen pelanggan dan vendor
  • Dapat mengatur keuangan menjadi lebih efisien

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan apabila menggunakan E-invoice. Meskipun e-invoice terlihat praktis dan dapat memudahkan transaksi bisnis e-commerce, invoice elektronik itu sendiri bukanlah sebuah tujuan akhir melainkan sebuah sarana untuk mencapai tujuan, supaya pembayaran semakin mudah dan tercatat dengan rapi!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.