Payment Gateway Bantu Buat Transaksi Online Menjadi Lebih Aman

Maryanto Saputra on Mei 7, 2021 in Information

Sekarang ini, pertumbuhan e-commerce di Asia Tenggara sedang meningkat sangat pesat. Google memperkirakan nilainya akan melebihi US $ 200 miliar pada tahun 2025. Dengan pertumbuhan yang cukup signifikan ini, tentu muncul sebuah masalah baru, yaitu penipuan online.

Di Asia Tenggara saja, e-commerce akan merugi US $ 260 juta akibat penipuan online dengan Indonesia, Vietnam, dan Thailand yang paling terpukul. Faktanya, laporan dari Google menunjukkan bahwa Indonesia memiliki tingkat penipuan e-commerce tertinggi dibandingkan negara Asia Tenggara lainnya sebesar 44,1%. Wow, angka yang cukup fantastis bukan?

Dari situ dapat disimpulkan bahwa tantangan terbesar dalam manajemen penipuan di Asia Tenggara adalah penerapan sistem dan alat manajemen penipuan yang tidak konsisten, kurangnya keahlian dan kurangnya manajemen data yang efisien. Lalu, bagaimana cara meminimalisasi adanya penipuan online? Yuk, kita cari tahu jawabannya pada artikel ini.

Bagaimana Cara Meminimalisasi Penipuan Online?

Salah satu cara sederhana yang dapat kamu lakukan adalah dengan mengintegrasikan toko online kamu dengan payment gateway pilihan kamu. Payment gateway adalah teknologi untuk memudahkan bisnis kamu menerima pembayaran online dari situs web atau aplikasi. Payment gateway berfungsi sebagai saluran yang menghubungkan rekening penampung kamu ke platform tempat kamu melakukan transaksi. Tidak hanya sekadar untuk menerima pembayaran, menggunakan payment gateway juga dapat membuat transaksi online lebih aman, lho!

Apa Hal yang Membuat Transaksi Online dengan Payment Gateway Menjadi Lebih Aman?

1. Sertifikat PCI-DSS

Payment gateway adalah teknologi untuk memudahkan bisnis kamu menerima pembayaran online dari situs web atau aplikasi. Payment gateway berfungsi sebagai saluran yang menghubungkan rekening penampung kamu ke platform tempat kamu melakukan transaksi. Payment gateway juga yang memungkinkan kamu dapat menerima pembayaran dengan kartu kredit.

Payment gateway memang menawarkan berbagai kemudahan untuk segala transaksi, tetapi kamu juga harus memperhatikan sertifikat keamanan yang dimiliki oleh payment gateway yang kamu gunakan. Pastikan payment gateway kamu memiliki sertifikat standar keamanan data industri kartu pembayaran seperti PCI-DSS.

Sertifikat tersebut menandakan bahwa payment gateway yang kamu gunakan dapat menjaga data kartu kredit dan identitas pribadi yang digunakan pembeli untuk melakukan pembayaran. Jadi pembeli akan merasa aman dan nyaman apabila melakukan transaksi pada website kamu karena data mereka terjamin dan tidak akan bocor. Kamu tentunya juga akan terhindar dari masalah kebocoran data dari bisnis onlinemu.

2. 3 Way Authentification

Otentikasi tiga faktor sangat penting untuk diaktifkan apabila kamu menyediakan pembayaran dengan kartu kredit, loh! Sebab, autentikasi tiga faktor dapat meminimalisasi adanya penipuan karena mengharuskan pengguna untuk mengkonfirmasi identitas yang diklaim pengguna dengan menggunakan kombinasi dari tiga faktor yang berbeda.

Faktor pertama adalah tanggal batas masa berlaku kartu, sedangkan faktor kedua adalah 3 digit angka di belakang kartu kredit (CVV). Nah, semenjak bulan September 2015, Bank Indonesia mewajibkan transaksi kartu kredit secara online untuk menggunakan media One Time Password (OTP), yang dikirimkan via pesan singkat ke nomor ponsel yang terdaftar, untuk melakukan otentikasi transaksi. Dengan begini, kita bisa yakin bahwa identitas pengguna kartu kredit yang terdaftar sudah terjamin!

3. Fraud Detection System

Bertransaksi melalui payment gateway membuat kamu merasa lebih aman dan tenang. Dari segi penjual, tidak ada lagi pemalsuan bukti pembayaran karena semua transfer dicek secara otomatis oleh sistem, sedangkan dari segi pembayar, mereka akan merasa lebih percaya untuk melakukan transaksi di toko online-mu.

Hal ini karena payment gateway tersambung dengan bank besar tepercaya dan dilengkapi dengan fraud detection system yang dapat mendeteksi penipuan. Tak akan ada lagi deh kejadian dikontak bank karena diduga melakukan penipuan!

4. Menyimpan Data Customer

Payment gateway memungkinkan kamu untuk menyimpan data customer yang telah melakukan transaksi pada toko online kamu sehingga apabila terjadi penipuan atau hal lain yang diperlukan, kamu dapat melihat data yang terdapat pada riwayat pembayaran dengan payment gateway. Jadi, makin meminimalisasi adanya penipuan, deh!

Nah, itu tadi beberapa hal yang membuat payment gateway dapat meminimalisasi adanya penipuan. Dengan begitu, tidak hanya pembeli yang merasa aman dan nyaman saat berbelanja di toko online-mu. Tentunya kamu juga lebih merasa aman dan nyaman dalam menjalankan bisnis. Apakah kamu tertarik untuk mengintegrasikan bisnismu dengan payment gateway?

Namun, dalam memilih partner payment gateway, kamu tidak boleh sembarangan. Untuk itu, pilihlah partner yang tepat untuk mengembangkan toko online-mu, seperti Duitku. Dengan Duitku, kamu akan menikmati berbagai kemudahan untuk segala transaksi bisnismu. Kamu tidak perlu khawatir, Duitku resmi mengantongi izin dari Bank Indonesia, memenuhi standar PCI-DSS, dan terdapat fraud detection system. Dengan Duitku segala transaksi bisnismu akan semakin cepat, mudah, dan nyaman.

Apa pun transaksinya, Duitku jawabannya!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.