Mengenal Perbedaan Rekening Ponsel dan Virtual Account

Duitku Admin on Jun 8, 2022 in Information

Saat ini, sistem teknologi di bidang perbankan sudah semakin canggih. Digitalisasi telah membuat kehidupan manusia menjadi serba praktis, termasuk dalam hal transaksi keuangan. Transaksi perbankan kini tak hanya dilakukan secara tunai saja. Kita semakin dimudahkan dengan adanya rekening ponsel dan virtual account.

Dengan rekening ponsel dan virtual account, kita bisa melakukan transaksi keuangan hanya bermodal ponsel. Lalu apa perbedaan rekening ponsel dan virtual account? Untuk mengetahui perbedaan rekening ponsel dan virtual account, kita harus memahami pengertian dan fitur yang terdapat didalamnya.

Mengenal Rekening Ponsel

Rekening ponsel adalah rekening yang menggunakan nomor handphone atau ponsel sebagai identitas dalam melakukan transaksi keuangan. Rekening ponsel mirip dengan penggunaan e-money, dimana rekening dapat diisi dengan jumlah saldo tertentu untuk melakukan transaksi.

Rekening ponsel diterbitkan Bank Indonesia untuk mengurangi penggunaan uang fisik yang beredar di masyarakat. Rekening ponsel juga bisa digunakan untuk transaksi perbankan seperti tarik tunai, setor tunai, cek saldo, transaksi ATM, bayar tagihan, dan mengecek riwayat transaksi. Transaksi dengan rekening ponsel juga bisa dilakukan lintas operator.

Rekening ponsel memiliki banyak keunggulan, seperti bebas biaya administrasi dan tak dikenai bunga. Jadi, uang yang ada di rekening ponsel kamu akan tetap utuh jika tidak ada transaksi. Jika saldo rekening ponsel kamu nol rupiah, rekening ponsel kamu akan tetap aktif atau tidak akan dibekukan.

Untuk menggunakan rekening ponsel, kamu hanya perlu memastikan pulsa di ponsel kamu mencukupi karena terdapat biaya untuk tiap kali transaksi dengan sistem, potong pulsa atau paket data.

Fitur Dan Manfaat Rekening Ponsel

Rekening ponsel memiliki beberapa fitur yang memberikan manfaat seperti berikut:

  1. Menjadi pengganti kartu ATM
  2. Jika dulu bertransaksi di ATM harus memasukan kartu ATM atau debit, kini kamu bisa bertransaksi hanya dengan memasukan nomor ponsel yang terdaftar. Kamu bisa bertransaksi seperti menggunakan kartu ATM, mulai dari tarik tunai hingga transfer uang.
    Bisa dibilang, rekening ponsel ini telah meniadakan fungsi kartu ATM karena dapat mengaktifkan dan mengendalikan mesin ATM.

  3. Membayar tagihan bulanan
  4. Sama seperti fitur perbankan lainnya, kamu juga bisa membayar tagihan rutin menggunakan rekening ponsel. Caranya juga relatif mudah dan fitur yang ada didalamnya juga user friendly sehingga bisa digunakan oleh siapapun. Jadi, kamu bisa mencoba beberapa aplikasi dalam fitur rekening ponsel tanpa harus pergi ke mesin ATM atau bank.

  5. Tidak ada saldo minimum
  6. Kamu bisa menggunakan seluruh isi di rekening ponsel hingga tak bersisa. Meski saldo di rekening ponsel kamu Rp 0, rekening ponsel tersebut tidak akan dibekukan. Hal ini berbeda dengan rekening tabungan biasanya dimana kita harus menyisakan saldo minimal untuk biaya perawatan account.

Mengenal Virtual Account

Memiliki kemiripan dengan rekening ponsel, virtual account adalah rekening bank non fisik atau online yang dibuat secara virtual. Dengan menambahkan hanya beberapa detail dasar seperti nama, nomor ponsel, dan alamat email pelanggan, kamu dapat mengatur akun virtual untuk klien kamu dan merekonsiliasi pembayaran masuk.

Dengan virtual account, kamu tidak perlu mengunjungi bank atau mengantre untuk membuat akun. Pembuatan nomor akun bisa dilakukan otomatis melalui ponsel. Nomor akun virtual terdiri atas deretan nomor unik yang dibuat oleh sistem untuk membantu merampingkan proses pembayaran. Dengan menetapkan nomor rekening virtual, kamu dapat menerima pembayaran melalui berbagai mode dan pembayaran akan terekonsiliasi secara otomatis.

Cara kerja virtual account sangat sederhana. Kamu tidak perlu menuliskan nomor rekening tujuan dan informasi penyerta secara manual. Kamu hanya perlu memilih opsi pembayaran virtual account dalam metode pembayaran. Setelah itu, sistem akan otomatis memberikan customer ID. Setelah itu, kamu bisa melakukan transaksi pembayaran ke nomor rekening virtual tersebut secara otomatis.

Pembayaran ke Virtual Account

Virtual account memiliki banyak manfaat untuk bisnis dan pelanggan. Dengan menggunakan virtual account, proses transaksi jadi lebih mudah dan pencatatan pengeluaran juga menjadi lebih rapi. Kamu juga bisa melacak pembayaran terhadap nomor rekening virtual tersebut. Pembayaran virtual account juga bisa dilakukan antar bank lho!

Untuk kamu yang ingin menerima pembayaran transfer bank namun tidak ingin repot harus melakukan pengecekan setiap ada pembayaran yang masuk, kamu dapat menghubungkan website atau aplikasi toko online kamu dengan sistem payment gateway. Sistem payment gateway dapat menyambungkan kamu dengan jasa perbankan dan membuatkan virtual account secara otomatis untuk menerima pembayaran dari pengguna atau customer website/aplikasi kamu. Tentunya, payment gateway juga akan mencatat setiap transaksi dengan rapi dan otomatis sehingga kamu bisa dengan mudah mengetahui transaksi mana yang telah terbayarkan (selesai).

Salah satu payment gateway yang menyediakan pilihan pembayaran virtual account yang paling lengkap adalah Duitku. dengan 26+ metode pembayaran yang telah terintegrasi, Payment gateway DUITKU memungkinkan kamu menerima pembayaran customer langsung di website atau aplikasi. Kamu dapat menyambungkan website atau aplikasi onlinemu dengan Duitku dan memudahkan customer untuk membeli produkmu melalui API atau plugin yang telah disediakan.

Daftarkan sekarang dan berikan fasilitas kemudahan pembayaran bagi customer kamu.

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.