Kenali 10 Manfaat Aktivasi Transaksi Online untuk Bisnis

Duitku Admin on Feb 25, 2022 in Information

Di era modern seperti sekarang ini, internet tentu sudah menjadi salah satu jenis kebutuhan yang sangat membantu segala aktivitas manusia. Salah satunya adalah dalam hal bertransaksi. Berbagai kemudahan ditawarkan oleh internet untuk melakukan transaksi pembayaran. Ada beragam manfaat aktivasi transaksi online untuk bisnis masyarakat. Anda tidak perlu pergi ke bank atau loket-loket pembayaran untuk melakukan transaksi karena semua jenis transaksi sudah bisa dilakukan secara online.

Untuk menerima transaksi pembayaran online, para pemilik bisnis tentunya perlu memiliki akses pada sistem online payment gateway, yaitu penyedia layanan pembayaran terintegrasi yang menyediakan berbagai jenis metode pembayaran untuk proses jual beli produk dan jasa. Maka dari itu sistem pembayaran online kini banyak digemari oleh para pemilik bisnis karena bisa memberikan banyak manfaat.

Definisi Transaksi Online

Transaksi online merupakan hal yang umum dilakukan oleh berbagai kalangan di era modern seperti sekarang ini. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini proses digitalisasi sudah berkembang dengan pesat, termasuk di dunia bisnis. Di saat mobilitas masyarakat kini mulai terbatas, transaksi online merupakan suatu pilihan tepat untuk dapat memenuhi berbagai jenis kebutuhan.

Dengan menggunakan transaksi online, kebutuhan primer seperti membeli makanan, minuman, hingga memenuhi perlengkapan rumah tangga lainnya bisa dilakukan dengan lebih praktis. Selain itu kebutuhan tersier seperti membeli gadget, otomotif, atau pun hobi lainnya kini sudah bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus melakukan pembayaran secara konvensional.

Seiring berjalannya waktu, pengguna transaksi online semakin meningkat. Itu artinya, semakin banyak konsumen yang telah terbiasa melakukan transaksi secara online setiap harinya. Hal ini tentunya harus dimanfaatkan oleh para pemilik bisnis agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman.

Jenis-Jenis Transaksi Online

Dengan adanya perkembangan digitalisasi yang pesat membuat orang-orang tak perlu lagi beranjak dari kursi mereka hanya untuk melakukan kegiatan transaksi. Sebab dengan menggunakan smartphone yang sudah terhubung pada jaringan internet. Berikut ini adalah jenis-jenis transaksi yang paling sering dilakukan oleh masyarakat umum secara online.

  1. Membeli Pulsa
    Jenis transaksi online pertama yang paling sering dilakukan oleh masyarakat umum di era modern seperti sekarang ini adalah membeli pulsa. Jika dulu para konsumen harus pergi langsung ke agen-agen pulsa terdekat, kini hal tersebut tak perlu lagi dilakukan. Sebab kegiatan membeli pulsa sudah bisa dilakukan secara online melalui mobile banking ataupun menggunakan aplikasi e-wallet.
  2. Membayar Tagihan Listrik
    Sebelum adanya transaksi online seperti sekarang, waktu untuk membayar tagihan listrik cukup meresahkan bagi sebagian besar konsumen. Bagaimana tidak, begitu banyaknya konsumen akan membuat proses transaksi menjadi lama karena mereka harus mengantri untuk melakukan pembayaran. Untungnya kini sudah ada metode transaksi online yang dapat menangani kendala tersebut. Konsumen pun kini sudah bisa membayar tagihan listrik mereka melalui aplikasi atau jalur perbankan dengan lebih praktis.
  3. Membeli Tiket Transportasi
    Setelah adanya transaksi online membeli tiket pesawat atau tiket kereta api juga bisa dilakukan dengan praktis. Karena prosesnya bisa dilakukan secara online. dengan metode pembayaran yang praktis ini tentunya akan membuat para konsumen tak perlu repot lagi untuk mengantri di loket pembayaran hingga memakan waktu. Bahkan harga yang diberikan pun jauh lebih murah daripada memesannya secara langsung.
    Melakukan transaksi online untuk membeli tiket transportasi tentunya menghemat waktu dan menyesuaikannya dengan kebutuhan dana yang dimiliki. Pembayarannya pun bisa dilakukan dengan menggunakan internet banking, mobile banking, e-wallet, dan masih banyak lagi. Berbagai pilihan metode pembayaran yang bisa dipilih tentunya membuat proses membeli tiket pesawat ataupun kereta api jadi lebih praktis untuk dilakukan.
  4. Membayar Iuran BPJS
    Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan transaksi iuran BPJS. Karena kini pembayarannya bisa dilakukan menggunakan internet banking, mobile banking ataupun melalui e- commerce yang sudah menjadi mitra dari BPJS. dengan cara ini tentunya para konsumen pun menjadi lebih mudah karena mereka tak perlu lagi mengantri di loket pembayaran.
    Selain itu, pembayarannya pun menjadi lebih praktis karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Saat ini beberapa e-commerce yang sudah bekerja sama dengan BPJS pun mulai menawarkan berbagai jenis bonus kepada para konsumen, salah satunya dengan cara memberikan cashback dari pembayaran tagihan.
  5. Membayar Tagihan Telepon
    Membayar tagihan telepon pun kini sudah bisa dilakukan secara online. Beberapa platform e-commerce pun sudah bekerja sama dengan berbagai perusahaan telekomunikasi untuk dapat memenuhi kebutuhan ini. Dengan demikian proses pembayaran pun dapat dilakukan dengan praktis dan tetap aman saat dilakukan.

Penjelasan di atas merupakan jenis-jenis transaksi online yang sering dilakukan oleh masyarakat setiap harinya. Dengan adanya transaksi online banyak kegiatan tentunya bisa dilakukan dengan praktis dan juga mudah. Lantas, apa manfaat yang diberikan transaksi online bagi perkembangan bisnis Anda?

Manfaat Aktivasi Transaksi Online Untuk Bisnis

Berikut ini adalah 10 manfaat aktivasi transaksi online untuk bisnis.

1. Lebih Praktis dan Murah Dibandingkan Sistem Pembayaran Konvensional

Penerapan transaksi online pada suatu bisnis tentunya akan memberikan banyak kemudahan bagi konsumen maupun pemilik usaha. Sebab, fitur yang diberikan dalam pembayaran transaksi online akan memungkinkan proses verifikasi pembayaran dapat dilakukan secara otomatis. Hal ini tentunya membuat prosesnya lebih praktis dan murah dibandingkan sistem pembayaran konvensional.
Selain itu, konsumen juga sudah tidak perlu lagi mengirimkan struk bukti pembayaran secara manual sehingga para pemilik usaha pun tidak perlu lagi mencatat transaksi secara manual. Hal ini juga akan membantu para pemilik usaha untuk meminimalisir berbagai jenis kesalahan yang mungkin terjadi karena human error.

2. Pengaturan yang Cepat dan Mudah

Jika Anda menerima transaksi pembayaran secara online, maka dapat mengatur sistem pembayarannya sesuai dengan kebutuhan bisnis. Pasalnya fitur pembayaran online yang dimiliki dapat digunakan sesuai pengaturan yang bisa diatur setiap saat dengan cepat dan pastinya mudah. Hal inilah yang disukai oleh para pebisnis karena mereka bisa mengatur sistem pembayaran online sesuai kebutuhannya masing-masing.

3. Mengurangi Kebutuhan Sumber Daya Manusia

Proses verifikasi yang otomatis dari transaksi online ini tentunya akan mengurangi kebutuhan akan sumber daya manusia pada tim Anda untuk melakukan proses pembukuan secara konvensional. Hal ini akan membantu pekerjaan tim Anda semakin mudah untuk dilakukan. Selain itu, dengan menerapkan sistem transaksi online juga membuat kebutuhan sumber daya manusia pada perusahaan dialokasikan pada pekerjaan lain.

4. Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Bagi Konsumen

Sistem transaksi online yang dilakukan bersama tempat terpercaya tentunya akan memberikan konsumen rasa aman saat melakukan pembayaran. Hal ini dikarenakan oleh konsumen akan memiliki bukti yang sah saat mereka melakukan proses transaksi tersebut. Misalnya pada bisnis e-commerce, dana pembayaran tak akan dikirimkan kepada penjual saat barang belum sampai di tangan pembeli.

Hal ini tentunya akan mengurangi kemungkinan penipuan yang biasa dilakukan oleh oknum- oknum penjual yang tak bertanggung jawab. Jika bisnis Anda bisa menerapkan sistem transaksi online yang terpercaya, tentu saja akan membuat konsumen semakin merasa aman dan terlindungi sehingga dapat membantu untuk meningkatkan citra dari perusahaan.

5. Menjangkau Konsumen Lebih Luas Tanpa Batas

Dengan menghadirkan sistem transaksi online pada bisnis, para konsumen tentunya tidak hanya terbatas di sekitar toko atau perusahaan saja. Anda tentunya bisa memasarkan produk atau jasa kepada siapa saja secara luas tanpa harus merasa khawatir. Pasalnya transaksi online memungkinkan konsumen membeli apa saja yang mereka inginkan secara online melalui website atau aplikasi.

Satu hal yang perlu diperhatikan oleh semua pemilik usaha adalah memastikan bisnisnya untuk menyediakan berbagai pilihan ekspedisi yang memungkinkan menjangkau wilayah yang luas sehingga dapat menjangkau konsumen dengan lebih luas tanpa ada batasan apapun.

6. Memberikan Pilihan Pembayaran dan Memudahkan Konsumen

Transaksi online lebih banyak dipilih oleh masyarakat di era modern seperti sekarang ini karena menawarkan berbagai metode pembayaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Selain itu, para konsumen juga akan diberikan kemudahan dengan banyaknya metode transaksi yang bisa digunakan.

Beberapa metode transaksi online yang bisa dipilih saat ini adalah pembayaran melalui bank, kartu kredit, rekening bersama, paypal, potongan pulsa, e-wallet, dan masih banyak lagi. Semua metode pembayaran tersebut pastinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan para konsumen.

7. Memungkinkan Banyak Promo

Dalam mengembangkan sebuah bisnis, Anda tentunya harus memiliki strategi marketing yang perlu diperbarui secara berkala. Salah satu caranya dengan menghadirkan promo dengan menggunakan layanan transaksi online. Anda bisa menganalisis kebiasaan konsumen ketika mereka melakukan transaksi digital untuk membuat penawaran menarik yang sesuai.

Penawaran menarik tentunya sangat dinantikan oleh setiap konsumen. Karena mereka bisa mendapatkan harga terbaik yang lebih murah. Hal ini tentunya akan membuat para konsumen lebih menyukai bertransaksi secara online untuk mendapatkan keuntungan dari promo yang ditawarkan.

8. Meningkatkan Customer Retention Rate

Untuk bisa melakukan transaksi online, konsumen pastinya perlu melakukan registrasi di website atau aplikasi yang Anda kelola. Saat melakukan registrasi, mereka pun harus mengisi beberapa data diri seperti nama, alamat pengiriman, nomor telepon, hingga alamat email. Dalam hal ini Anda juga bisa meminta konsumen untuk menyetujui jika data diri tersebut akan digunakan dalam kepentingan marketing dalam bisnis.

Salah satu contohnya dengan menggunakan data alamat email konsumen untuk mengirimkan newsletter dan penilaian tentang kepuasan konsumen. Selain itu, hal ini juga bisa dilakukan untuk memberikan informasi tentang penawaran menarik.

9. Pembukuan Keuangan Lebih Mudah

Pembukuan keuangan memang diperlukan pada suatu bisnis. Menerapkan sistem transaksi online tentunya akan membuat Anda bisa membuat pembukuan keuangan dengan lebih mudah. Saat membuat laporan penjualan, bukan hal aneh jika harus dilakukan hingga larut malam jika membuat pembukuan secara konvensional. Tak hanya berhenti sampai disitu saja kesalahan dalam perhitungan laporan penjualan juga akan membuat Anda menjadi repot.

Saat ini pembukuan keuangan akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan karena setiap transaksi akan tercatat secara otomatis pada riwayat transaksinya. Terutama jika bisnis Anda menggunakan layanan payment gateway. Dengan demikian, Anda tak perlu lagi mencatat setiap kegiatan transaksi secara manual dengan sistem digital ini. Menjalankan bisnis pun bisa menjadi lebih fokus untuk mengembangkan usaha lebih jauh lagi.

10. Membantu Memutus Penyebaran Virus Covid-19

Sejak munculnya pandemi covid-19 segala aktivitas yang memungkinkan aktivitas kontak fisik perlu dibatasi. Hal ini pun termasuk saat konsumen melakukan proses transaksi. Seiring dengan berjalannya waktu proses digitalisasi tentunya dapat membantu untuk mengurangi penyebaran virus covid-19 karena kini proses transaksi sudah banyak dilakukan secara online.

Uang dapat menjadi salah satu sumber penyebaran virus covid-19 yang cepat. Dengan menggunakan transaksi online, baik konsumen maupun pemilik usaha akan mengurangi memegang uang. Hal ini pun dapat memutus penyebaran virus covid-19 secara efektif ketika dilakukan.

Aktivasi Sistem Transaksi Online Bisnis Anda Dengan Duitku

Nah, itu tadi 10 manfaat aktivasi transaksi online untuk bisnis Anda. Jika Anda tak ingin tertinggal oleh perkembangan zaman, segera aktifkan Duitku sekarang juga. Duitku merupakan sahabat terbaik untuk bisnis online Anda. Layanan Payment Gateway dan Disbursement ini dirancang khusus sesuai dengan pasar Indonesia. Jadi bisa dipilih sebagai solusi pembayaran online dan transfer dana dengan cepat.

Kelebihan menggunakan Payment Gateway Duitku adalah bisa menerima uang dari transfer bank, kartu kredit/debit, virtual account, dan berbagai aplikasi e-wallet terkemuka. Bahkan Anda bisa menggunakannya untuk mengirimkan uang ke bank di Indonesia. Menarik sekali bukan? Apapun jenis transaksinya, Duitku tentunya bisa jadi solusi terbaik bagi bisnis online Anda.

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.