Hemat Waktu Mengelola Bisnis dengan Payment Gateway

Maryanto Saputra on Mei 27, 2021 in Information

Salah satu hal yang memakan waktu dalam menjalankan bisnis adalah mengelola transaksi bisnis. Mulai dari menyediakan beragam metode pembayaran untuk memudahkan pelanggan, memberikan totalan harga pesanan agar segera dibayarkan, hingga mengecek mutasi rekening. Tentu hal tersebut sangat merepotkan, bukan? Terlebih jika kamu melakukan semuanya sendirian.

Eits, tapi sekarang kamu sudah tidak perlu khawatir lagi karena terdapat teknologi yang dapat memudahkan segala transaksi bisnismu, yaitu payment gateway. Payment gateway adalah sebuah saluran yang dapat membuat kamu dapat menerima uang dari berbagai sumber tanpa harus membuat berbagai rekening.

Dengan payment gateway, kamu tidak perlu mengurus berbagai hal menyangkut masalah transaksi, sehingga kamu tinggal fokus terhadap pengembangan produk dan promosi bisnis kamu. Pastinya hal tersebut akan mempermudah kamu dalam mengurus bisnis.

Lalu, mengapa payment gateway bisa menjadi partner sukses untuk bisnis kamu? Yuk, kita simak jawabannya di bawah ini!

1. Membantu Menerima Pembayaran dari Berbagai Sumber

Sebagai pemilik bisnis, tentunya kamu ingin memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk para pelangganmu untuk melakukan pembayaran, bukan?
Sebab, proses check-out yang ribet dapat membuat pembeli enggan melanjutkan proses pembelian. Makanya, hindari hal ini dengan cara memberikan pilihan metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Payment gateway memungkinkan kamu untuk menerima uang dari berbagai sumber tanpa harus memiliki berbagai rekening. Jadi, kamu nggak perlu repot membuka rekening di berbagai bank deh. Kamu dapat menerima pembayaran dari metode apapun, mulai dari transfer bank, virtual account, kartu kredit, e-wallet hingga minimarket ke dalam 1 akun dashboard, yang bisa ditarik ke rekening utama kamu. Canggih, kan?

2. Mempercepat Proses Transaksi dan Barang Diproses

Biasanya saat ada yang tertarik dengan produk di toko online-mu, pembeli pasti akan menanyakan metode pembayaran yang tersedia dan meminta total harga yang harus dibayarkan.

Setelah proses transaksi berhasil, pembeli memberikan bukti transfer dan kamu harus mengecek mutasi pada rekeningmu untuk memastikan pembayaran telah benar dilakukan. Duh, hal tersebut benar-benar membuang waktu kan? apalagi jika akhirnya pembeli memutuskan untuk tidak jadi transfer, menunggu percuma deh!

Payment gateway menawarkan seamless shopping experience yang memungkinkan semua proses transaksi diproses secara otomatis, sehingga tidak diperlukan interaksi berlebih antara penjual dan pembeli. Setelah pembeli membayar, penjual akan langsung mendapatkan notifikasi untuk memroses pesanan, sedangkan pembeli hanya tinggal menunggu agar pesanan diproses dan segera dikirim.

3. Tidak akan Ada Salah Transfer

Apabila menggunakan payment gateway, nominal pesanan akan secara otomatis tertera saat pembeli akan melakukan transfer. Jadi, pembeli tidak perlu memasukkan nominal maupun nomor rekening yang dituju, sehingga dapat mengurangi adanya salah transfer baik secara nominal maupun rekening tujuan. Jadinya kamu nggak perlu takut salah deh. Tinggal tunggu notifikasi dan segera kirimkan pesanan.

4. Membuat Pelanggan Loyal karena Kemudahan yang Ditawarkan

Dengan kemudahan yang ditawarkan, pastinya pembeli akan menjadi loyal dengan toko kamu karena semua proses belanja sangat praktis dan simpel, sehingga mengundang mereka untuk berbelanja kembali di kemudian hari.

Dengan begitu, saat ada pembeli yang merasa tertarik dengan produk yang ada di toko online-mu pasti akan langsung melakukan pembayaran saat itu juga. Kamu tidak perlu repot untuk menjawab pertanyaan yang itu-itu saja dan pembeli tinggal membayar sesuai keinginan mereka.

Bagaimana? Setelah membaca poin-poin di atas pastinya kamu semakin menyadari bahwa payment gateway sangat membantu agar bisnis kamu makin praktis, bukan? Untuk itu, yuk, segera gunakan payment gateway untuk mempermudah transaksi bisnis kamu. Kamu bisa fokus mengembangkan bisnismu tanpa harus memikirkan transaksi sebab semua akan berjalan lancar dan otomatis.

Namun, pastikan kamu memilih partner payment gateway yang aman seperti Duitku. Karena duitku sudah memiliki legalitas dari Bank Indonesia dan sertifikasi keamanan standard internasional. Jadi, transaksimu dijamin aman tanpa perlu ada yang harus dikhawatirkan!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.