Disbursement Cash Langsung Melalui Jaringan Kantor Pos Indonesia

Duitku Admin on Jan 17, 2022 in Information

Untuk menjalankan bisnis secara efektif, banyak bisnis yang melakukan automasi proses pengiriman uang mereka dengan sistem disbursement. Proses disbursement banyak digunakan untuk melakukan proses pembayaran kepada mitra bisnis, proses refund, ataupun pencairan dana user. Proses disbursement dapat mempercepat proses pendistribusian dana karena proses pengiriman dana tidak harus melalui admin dan dapat dilakukan 24/7. Volume transaksi yang besar di waktu yang bersamaan juga tidak menjadi masalah.

Dana disbursement biasa dikirimkan ke rekening bank user ataupun rekening e-wallet user. Walaupun begitu, Mayoritas masyarakat Indonesia masih tetap merasa lebih nyaman bertransaksi menggunakan uang kartal. Faktanya, hingga pertengahan tahun 2021 kemarin, 51% masyarakat dewasa di Indonesia belum memiliki akun bank, walaupun 70% masyarakat Indonesia telah memiliki akses internet, Hal inilah yang menjadi salah satu pendorong untuk terus melakukan inovasi dalam proses pengiriman uang.

Untuk menjawab permasalahan ini, Duitku bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk memfasilitasi merchant mengirimkan dana berbentuk uang tunai melalui gerai kantor pos yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia.

Berdiri sejak tahun 1746, Kantor Pos Indonesia bertujuan untuk menjamin keamanan pengiriman surat-surat penduduk. Saat ini, jaringan kantor pos telah menjangkau 24 ribu titik layanan dan tersebar di hampir 100% tiap kecamatan dan 42% tiap kelurahan/desa di Indonesia. Selain bekerja sama dengan Kantor Pos Indonesia, kamu juga dapat melakukan disbursement dana berupa uang tunai melalui gerai Indomaret dengan Duitku!

Ada 2 macam cash disbursement yang dapat kamu gunakan melalui Duitku :

  1. Cash to Account
    Jumlah dana yang bisa dikirimkan setiap transaksi disbursement mulai dari 50.000 IDR hingga 2.000.000 IDR, dan biaya transaksi untuk setiap disbursement yang berhasil adalah 8.000 IDR (sudah termasuk PPn).
  2. Remittance
    Jumlah dana yang bisa dikirimkan setiap transaksi disbursement mulai dari 10.000 IDR hingga 15.000.000 IDR, dan biaya transaksi untuk setiap disbursement yang berhasil adalah 25.000 IDR (sudah termasuk PPn).

*Duitku tidak memungut biaya pendaftaran ataupun biaya maintenance, semua biaya berdasarkan jumlah transaksi.

Bagaimana cara membuka jalur cash disbursement melalui Pos Indonesia di Duitku?

Saat ini, jalur disbursement Pos Indonesia dapat digunakan oleh seluruh merchant berbadan perusahaan Duitku yang telah memiliki perjanjian Kerjasama Disbursement. Kanal cash disbursement PT Pos Indonesia bersifat open API. Merchant dapat langsung mengintegrasikan API Cash Disbursement ke website atau aplikasi mereka. Namun, untuk pertama kali melakukan aktivasi jalur disbursement ini, merchant harus menginformasikan permintaan aktivasi melalui email ke [email protected]. API Key disbursement akan dikirimkan melalui email yang terdaftar.

Untuk panduan lengkap integrasi API Cash Disbursement dapat dicek di laman berikut

Bagaimana cara User menarik dana tunai melalui kantor Pos Indonesia?

Setelah User memilih untuk menerima dana cash melalui kantor Pos Indonesia, User akan menerima SMS kode unik untuk identifikasi penarikan dana beserta nomor PIN untuk mengambil dana tersebut.

Contoh pesan kode cash disbursement

 

Setelah menerima pesan berikut, User dapat mencairkan dana dengan cara :

  1. Kunjungi loket Pos Indonesia terdekat
  2. Informasikan ke petugas Pos Indonesia untuk melakukan proses pencairan Cek Pos Digital
  3. Informasikan kepada petugas Pos Indonesia terkait nomor Warkat/Cek dan juga beserta PIN
  4. Petugas Pos Indonesia akan melakukan konfirmasi data pelanggan
  5. Apabila dana yang ditarik lebih dari 2 juta rupiah (menggunakan remittance), maka petugas pos Indonesia akan meminta penarik dana untuk memberikan 2 lembar fotocopy KTP dan menanyakan beberapa informasi untuk memastikan identitas penarik dana.
  6. Petugas Pos Indonesia menyerahkan sejumlah dana sesuai dengan transaksi yang telah dibuat
  7. Jika transaksi berhasil akan dicetak resi pembayaran, sebagai bukti penerimaan uang pelanggan memberikan paraf dalam resi yg dicetak.
  8. Transaksi selesai

Cara mudah kirim uang lewat Pos Indonesia ini sangat membantu transaksi keuangan tanpa rekening dan e-wallet. Dengan kemudahan tersebut, bagi kamu pemilik bisnis online dan sebagai merchant disbursement Duitku, kamu bisa mengirimkan dana berupa uang tunai secara otomatis.

Integrasikan sekarang dan fasilitasi User / Customer mu, supaya mereka lebih sering menggunakan platform kamu!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.