Cara Mudah Bisnis Online Menerima Pembayaran Melalui Indomaret

Support on Okt 24, 2021 in Information

Masyarakat Indonesia memang lebih nyaman melakukan transaksi dengan uang kartal secara langsung. Selain karena hal tersebut, masih banyaknya masyarakat Indonesia yang belum memiliki rekening bank dan dompet digital juga menjadi alasannya. Saat ini masih ada sekitar 66% masyarakat Indonesia yang belum memiliki akun bank. Jumlah ini jika kita hitung dengan total penduduk Indonesia, jumlahnya masih sangat besar bukan. Hal inilah yang menjadi salah satu pendorong untuk munculnya inovasi baru dalam pengiriman uang.

Kamu pernah tahu atau sekedar melihat tulisan Wesel Pos di setiap kantor pos yang tersebar di seluruh Indonesia? Wesel Pos adalah layanan jasa pengiriman dan penerimaan uang melalui kantor pos. Nah, dengan konsep yang sama, inovasi baru kali ini dengan memanfaatkan gerai Indomaret yang telah merambah ke seluruh pelosok negeri. Berikut kita akan membahas cara mudah kirim uang lewat gerai retail Indomaret dan bagaimana bisnis kamu dapat menerima pembayaran digital melalui Indomaret dengan aman dan nyaman.

Buat kamu pemilik bisnis online berbasis web atau aplikasi online, kamu dapat menerima pembayaran uang kartal melalui Indomaret tanpa harus repot-repot ke gerai Indomaret untuk mengambil dana tunai. Kamu dapat menerima dana langsung berupa saldo di dashboard kamu beserta dana dari metode pembayaran lainnya. Yuk, simak penjelasannya!

Pengirim Uang

Tidak perlu memiliki nomor rekening bank tertentu, cukup dengan identitas yang telah kamu punya, transfer uang ke orang tua dikampung halaman menjadi lebih mudah. Siapkan beberapa persyaratan berikut sebelum kamu pergi ke gerai Indomaret :

  1. Siapkan kartu identitas kamu, bisa KTP, Paspor ataupun SIM yang masih berlaku
  2. Nomor handphone kamu yang masih aktif
  3. Uang tunai dengan jumlah yang akan dikirimkan

Setelah persyaratan transfer / kirim uang di atas telah kamu penuhi, pilih dan datangi gerai Indomaret yang ada di daerahmu, berikut cara mudah kirim uang lewat Indomaret :

  1. Setelah sampai di gerai Indomaret, datangi bagian kasir dan sampaikan kepada petugas Indomaret bahwa kamu ingin kirim uang
  2. Untuk proses pendataan kamu akan dimintai kartu identitas dan nomor handphone sebagai data pengirim
  3. Berikan uang tunai dengan jumlah nominal yang akan kamu kirimkan
  4. Pengiriman uang pun akan diproses
  5. Jika proses transfer sudah selesai, kamu akan menerima SMS pada nomor handphone yang kamu berikan ke kasir. SMS tersebut berisi kode MTCN (Money Transfer Control Number)
  6. Berikan kode MTCN tersebut kepada penerima uang yang kamu kirim

Penerima Uang

Untuk penerima uang, tidak perlu memiliki nomor rekening bank atau harus menjadi member Indomaret terlebih dahulu. Persyaratannya sangat sederhana, sehingga misalkan penerimanya adalah orang dewasa, bisa dengan mandiri melakukannya :

  1. Siapkan kode MTCN yang telah diberikan oleh pengirim uang
  2. Membawa kartu tanda pengenal yang masih berlaku seperti KTP, Passport ataupun SIM (pilih salah satu)

Setelah persyaratan penerima uang di atas telah dibawa, pilih dan datangi gerai Indomaret terdekat yang ada di daerahmu, berikut cara mudah mengambil uang lewat Indomaret :

  1. Setelah sampai di gerai Indomaret, datangi bagian kasir dan sampaikan kepada petugas Indomaret bahwa kamu ingin melakukan pengambilan uang
  2. Tunjukkan bukti transfer pengiriman uang dan kode MTCN
  3. Tunjukkan kartu tanda pengenal yang telah disiapkan sebelumnya
  4. Tunggu petugas melakukan kroscek terlebih dahulu
  5. Jika semuanya telah sesuai, ambil uang yang dikirimkan tersebut secara tunai

 


Cara mudah kirim uang lewat Indomart ini sangat membantu transaksi keuangan tanpa rekening dan e-wallet. Dengan persyaratan yang sangat simple, semua orang bisa menjadi pengirim dan penerima sesuai kebutuhannya. Ditambah lagi banyaknya gerai Indomaret yang beroperasi 24 jam, maka pengirim dan menerima uang bisa dimana saja dan kapan saja.

Dengan kemudahan tersebut, bagi kamu pemilik bisnis online dan sebagai merchant yang telah memiliki badan hukum, kamu bisa menikmati fasilitas pembayaran lewat Indomaret secara otomatis. Dengan menyambungkan website atau aplikasi online kamu dengan teknologi payment gateway, pelanggan bisa membayarkan belanja onlinenya menggunakan uang kartal seperti biasa di gerai Indomaret terdekat mereka, dan kamu akan menerima notifikasi pembayaran berhasil setelah pembayaran dibayarkan.

Salah satu payment gateway yang telah bisa menerima pembayaran lewat Indomaret adalah DUITKU. Pihak Payment gateway Duitku akan mengeluarkan invoice dan kode unik pembayaran secara otomatis sehingga kamu tidak perlu memberikan informasi pembayaran bisnismu, dan tidak perlu melakukan pengecekan manual untuk mengetahui status pembayaran. Semua dana juga akan terkumpul di Dashboard akun Duitku kamu untuk mempermudah pencatatan.

Kamu bisa cek artikel berikut untuk penjelasan lebih lanjut

Simple, mudah, cepat dan aman bukan? Urusan transaksi, biar Duitku yang urus!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.