Cara Menerima Pembayaran dari WooCommerce pada Websitemu

Maryanto Saputra on Apr 28, 2021 in Information

Siapa sih yang tidak tahu akan WordPress? WordPress adalah platform pembuat website (website builder) dan sistem pengelolaan konten paling populer di dunia. Hampir sepertiga website web dunia dikembangkan oleh WordPress, loh. Berjualan produk, layanan, atau hal lainnya, akan menjadi lebih mudah jika kamu dapat menerima pembayaran langsung di website WordPress kamu.

Nah, buat kamu yang ingin memulai bisnis dan menjual secara online, Kamu juga bisa dengan mudah mengubah website WordPress kamu menjadi toko online dengan menambahkan plugins Woocommerce. Dengan WooCommerce, para pemilik bisnis, baik yang baru memulai usaha hingga pemilik bisnis besar, dapat membuat toko online sesuai dengan kebutuhan dan tampilan yang diinginkan. Jadi, tak heran bahwa Woocommerce menjadi plugins favorit para pemilik toko online di mancanegara.

Menariknya lagi, plugins Woocommerce ini dapat langsung di-download di website WordPress secara gratis. Tak hanya itu, plugins Woocommerce ini mudah digunakan dan dapat diintegrasikan dengan berbagai payment gateway untuk menerima pembayaran online. Walaupun terdengar mudah, salah satu aspek yang juga harus diperhatikan adalah fitur keamanan dalam bertransaksi di website Woocommerce kamu. Karena itu, pastikan payment gateway yang kamu gunakan untuk memproses transaksi online kamu memiliki sistem keamanan yang teruji.

Apa itu Payment Gateway dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Payment gateway adalah perantara antara pelanggan dan website agar pembayaran dapat dilakukan dengan aman dari pembeli ke penjual. Pada toko online, payment gateway tetap melibatkan lembaga lainnya karena payment gateway harus mengirimkan permintaan ke sumber dana yang dipilih pelanggan, seperti bank atau perusahaan kartu kredit. Nantinya bank atau perusahaan kartu kredit tersebut yang menentukan apakah pelanggan memiliki permintaan dana yang tersedia. Setelah itu, barulah mereka mengotorisasi permintaan dan melepaskan uang kembali melalui payment gateway ke penjual.

Payment gateway juga dapat diintegrasikan ke dalam website WordPress kamu supaya pelanggan dapat menyelesaikan seluruh transaksi tanpa meninggalkan website atau dapat di-hosting di tempat lain sehingga pelanggan dialihkan ke website payment gateway untuk menyelesaikan transaksi dan kemudian kembali ke website WooCommerce untuk konfirmasi bahwa transaksi telah berhasil diselesaikan.

Memilih Payment Gateway yang Tepat untuk Toko WooCommerce Kamu

Payment gateway dapat diintegrasikan ke website kamu dengan 2 cara, yaitu melalui coding API ataupun melalui penambahan plugins. Namun, apabila toko online kamu dibuat dengan menggunakan platform pembuat website seperti Woocommerce, integrasi hanya dapat dilakukan dengan plugins payment gateway yang telah terdaftar. Untuk membuka jalur pembayaran di toko online berbasis Woocommerce, kamu bisa download plugins payment gateway untuk di-install langsung dari dashboard Woocommerce.

Plugins Didalam Plugins?

Meskipun WooCommerce adalah plugins WordPress (dirancang untuk di-install ke website WordPress yang sudah ada) namun plugins juga dapat memiliki plugins-nya sendiri sebab plugins merupakan program komputer yang menambah fungsionalitas sebuah program utama. Jadi, cukup wajar bahwa plugins memiliki plugins lain didalamnya. Ini adalah cara mudah untuk menambahkan seperangkat fitur ke dalam websitemu.

Nah, uniknya, sistem pembayaran yang diterima Woocommerce memiliki kode unik yang hanya diberikan kepada pihak ketiga yang telah resmi terdaftar sebagai partner sistem pembayaran Woocommerce, sehingga tidak semua payment gateway memiliki akses untuk memproses pembayaran di website Woocommerce.

Bagaimana Cara Install Payment Gateway di WooCommerce?

Untuk menambahkan payment gateway ke toko WooCommerce kamu, telusuri plugins yang tersedia di direktori resmi WordPress. Install plugin payment gateway yang kamu inginkan melalui dashboard website dan aktifkan. Biasanya, payment gateway di Indonesia mengharuskan kamu untuk menyiapkan akun di website utama penyedia jasa payment gateway untuk bisa mendapatkan Merchant ID dan kode unik API. Merchant ID dan kunci API ini nantinya akan kamu gunakan untuk mengaktivasi plugins payment gateway di dashboard Woocommerce untuk menerima pembayaran.

Melalui akun ini, kamu juga dapat melihat laporan transaksi serta mengatur kemana uang kamu akan disalurkan. Pastikan payment gateway yang kamu gunakan resmi mengantongi izin dari Bank Indonesia dan sertifikasi PCI-DSS (standar keamanan internasional untuk mengelola transaksi kartu kredit) untuk menjamin keamanan transaksi kamu.

Nah, salah satu payment gateway yang sudah terdaftar di halaman plugins Woocommerce dan memenuhi syarat diatas adalah Duitku. Cek disini untuk info selengkapnya mengenai step-by step cara aktivasi Duitku Payment Gateway dan cara menintegrasikan Duitku ke website kamu.

Selain payment gateway yang terjamin keamanannya, pastikan juga website woocommerce kamu sudah memiliki sertifikasi SSL. Secure Sockets Layer (SSL) merupakan sertifikat keamanan yang memungkinkan situs website berpindah dari HTTP ke HTTPS Nantinya, SSL akan membantumu dalam mengenkripsi traffic antara website Anda dengan browser web pengunjung sehingga transaksi pembayaran menjadi lebih aman.

Berikut merupakan cara menerima pembayaran dari Woocomerce pada website-mu. Meskipun terkesan rumit, ini perlu kamu persiapkan sebelum menyediakan pembayaran melalui WordPress agar transaksi jadi lebih aman.

Jangan lupa, pilih website woocommerce yang sudah memiliki sertifikasi keamanan Secure Sockets Layer (SSL) yang memungkinkan situs website berpindah dari HTTP ke HTTPS Nantinya, SSL akan membantumu dalam mengenkripsi traffic antara website Anda dengan browser web pengunjung sehingga transaksi pembayaran menjadi lebih aman.

Gratis dan dapat disesuaikan sepenuhnya, WooCommerce adalah plugins e-commerce paling populer yang tersedia dari WordPress. Dengan dukungan untuk hampir semua payment gateway terkemuka, WooCommerce memungkinkan kamu dalam menciptakan pengalaman belanja yang aman dan nyaman yang untuk semua pelanggan kamu.

Siap menambahkan WooCommerce pada website-mu?

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.