Cara Membuat Website Perusahaan yang Profesional

Maryanto Saputra on Jul 14, 2021 in Information

Tingginya pengguna internet di Indonesia membuat pebisnis berlomba-lomba memanfaatkan internet. Berbagai cara dilakukan, mulai dari membangun branding di media sosial lewat konten menarik, hingga membuat website yang mudah diakses diterapkan agar produk dikenal banyak orang.

Namun, tak semua pebisnis rela menghabiskan waktu untuk mengurus website. Proses pengerjaan yang rumit dan butuh keahlian khusus membuat website minim peminat dibanding media sosial lainnya. Padahal, 62% pelanggan mengunjungi website untuk mencari informasi mengenai merek maupun produk, (Data dikutip dari Global Web Index).

Jadi, ada baiknya kamu mulai membangun website sebagai media branding/promosi bisnis. Tampilkan profil perusahaan secara lengkap, seperti info bisnis hingga info produk terbaru agar bisnismu terlihat lebih kredibel. Simak tips cara membuat website perusahaan yang profesional.

1. Desain Web dan Konten Berkualitas

Ingin website terlihat profesional? Kemas website dengan tampilan yang minimalis dan responsif saat loading halaman. Kamu disarankan untuk tidak menggunakan desain yang tidak otomatis mengubah ukuran layar di versi mobile. Sebab, ini akan mengganggu layout web dan menyulitkan pengunjung untuk membaca konten di website.

Selain memikirkan desain, kamu juga perlu memikirkan konten yang akan dimuat di website. Konten bisa berupa tulisan, gambar, dan video berkualitas yang mampu menambah wawasan pengunjung dan menarik perhatian pembeli akan produk yang kamu tawarkan.

2. Informasi Detail terkait Perusahaan

Saat mengembangkan website, pastikan kamu memuat informasi terkait alamat beserta kontak yang jelas. Hal ini dapat memudahkan pengunjung untuk melakukan verifikasi terkait informasi yang tertera pada situs website.

Selain itu, buatlah website-mu terlihat profesional dengan menambahkan bagian contact us, link social media, foto tim bisnis, beserta profil singkat perusahaan dan tambahkan fitur live chat agar pengunjung dapat menghubungimu kapan saja saat membutuhkan bantuan.

3. Testimonial Pelanggan

Adanya testimonial mampu meningkatkan kepercayaan calon pembeli. Hal ini karena pembeli dapat mengukur seberapa baiknya kualitas pelayanan atau produk berdasarkan testimoni pembeli sebelumnya.

Oleh karena itu, kamu perlu menambahkan kolom khusus untuk menampilkan berbagai testimoni pembeli agar website-mu terlihat lebih terpercaya.

4. Menggunakan Sertifikat SSL

 

Salah satu indikator penentu yang menentukan kredibilitas website adalah sertifikat SSL. Sertifikat ini sangat diperlukan bagi bisnis yang menggunakan proses transaksi online sebab SSL mampu melindungi lalu lintas data antara server situs website dengan browser pembeli dari ancaman hacker.

Nantinya SSL menjamin keamanan data pembeli, mulai dari informasi kartu kredit, nama pengguna, password akun hingga data sensitif lainnya. Dengan sertifikat SSL, situs website-mu akan terjaga dan terjamin keamanannya.

5. Page Navigation yang Jelas

Page navigation yang jelas merupakan suatu keharusan. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menggunakan kode JAVAScript atau HTML pada bagian menu untuk memudahkan pengunjung dalam mencari informasi yang mereka butuhkan.

Tampilkan juga pilihan menu dan sub-menu di website-mu agar semakin mempermudah akses fitur dan konten di website. Struktur informasi yang jelas dalam website dapat menjadi nilai tambah untuk meningkatkan kredibilitas bisnis.

Dalam menjalankan bisnis, profesionalitas merupakan nilai penting yang patut diperhatikan. Bisnis yang tidak meyakinkan dapat membuat pembeli batal bertransaksi. Untuk itu, kamu perlu menerapkan cara membuat website di atas agar bisnismu terlihat lebih meyakinkan.

Dengan menggunakan website, tingkat kredibilitas dan kepercayaan pelanggan akan naik. Sebab, pembeli dapat melihat keseriusanmu dalam membangun bisnis. Selain itu, website juga dapat meningkatkan kepuasan karena pembeli dapat mengetahui dengan detail terkait informasi bisnis/produk yang kamu tawarkan. Bila kredibilitas melalui website ini terus dipertahankan dan ditingkatkan, tak menutup kemungkinan bisnismu akan tumbuh secara bertahap selama pandemi.

Bila kamu ingin membuat website untuk mempromosikan dan menawarkan produk langsung ke customer, permudah website atau aplikasimu menerima pembayaran langsung di website dengan mengintegrasikan payment gateway. Payment gateway memungkinkan pembeli untuk menyelesaikan transaksi secara langsung sehingga peristiwa pembeli batal berbelanja dapat diminamalisir.

Payment gateway dapat membuat proses transaksi checkout bisnismu menjadi lebih cepat dan lancar, sehingga pembeli mudah dan merasa aman saat melakukan pembayaran. Pastikan juga payment gateway yang kamu pilih resmi mengantongi izin dari Bank Indonesia dan dilengkapi standar keamanan international, seperti Duitku.

Apapun transaksinya, Duitku jawabannya!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.