Cara Memaksimalkan Promosi di Hari Libur

Maryanto Saputra on Mei 7, 2021 in Information

Pada hari libur, banyak sekali pemilik bisnis yang membuat strategi promosi tertentu untuk meningkatkan penjualan mereka. Salah satunya di Amerika Serikat, Black Friday dijadikan momen untuk para brand memberikan promo serta diskon yang spesial bagi para pelanggannya. Namun di Indonesia, banyak pebisnis yang belum memaksimalkan kegiatan promosi di hari libur sehingga hasilnya kurang optimal. Bahkan mereka cenderung ikut meliburkan tokonya di hari libur. Padahal, momen seperti inilah yang menjadi peluang untuk mengembangkan bisnismu.

Berhubung sebentar lagi adalah Hari Raya Idulfitri yang identik dengan hari libur yang lumayan panjang. Yuk, segera maksimalkan promosi pada toko online-mu! Biasanya, pada masa ini, orang semakin aktif bermain jejaring sosial, bahkan rutin melakukan belanja online. Apalagi saat THR sudah di tangan. Dijamin, liat promosi dikit langsung check-out deh, tanpa harus mikir dua kali. Nggak mau kan membuang kesempatan emas ini? Maka dari itu, yuk kita ulas satu persatu berbagai strategi promosi yang dapat meningkatkan penjualanmu di hari libur.

1. Berikan Promo Khusus Spesial Hari Libur

Mengadakan diskon adalah cara paling umum yang bisa kamu lakukan saat hari libur. Nah, kamu bisa memberikan harga khusus spesial untuk hari raya. Apalagi, hari raya identik dengan momen di mana sebagian orang menanti brand melakukan promo diskon. Eits, tapi jangan lupa untuk menentukan produk dan jumlah diskon yang akan diberikan, ya! Jangan sampai karena asyik memberikan diskon, kamu malah rugi. Nah, ini dia beberapa ide diskon yang dapat kamu berikan saat hari raya:

• Diskon persenan, misal diskon 10%, diskon 20%.
• Diskon ongkos pengiriman, misal dengan pembelian min. Rp100.000 dapat free ongkir.
• Diskon bundling, misal beli paket 2 produk dengan harga lebih murah dibandingkan satuan.
Flash sale: memberikan harga spesial untuk beberapa produk tertentu.
• Dan lain sebagainya.

Selain diskon, pemberian hadiah merupakan salah satu cara promosi yang dapat diterapkan sembari merayakan hari libur. Kamu bisa memberikan hadiah menarik agar orang tertarik membeli produkmu untuk mendapatkan hadiahnya. Misalnya, dengan memberikan hadiah THR saat Hari Raya Idulfitri atau memberikan angpao saat Hari Raya Imlek. Dengan begitu, orang akan berbondong-bondong melakukan pembelian di toko-mu karena ingin mendapatkan hadiahnya.

2. Tetap Aktif di Sosial Media meski Hari Libur

Meskipun Idulfitri identik sebagai waktu berkumpul dengan keluarga, sanak saudara, dan teman, Namun pada hari ini bukan berarti orang berhenti berselancar di media sosial. Pada saat ini, penggunaan media sosial cenderung meningkat. Jadi, sangat salah kalau kamu tidak aktif di media sosial pada saat ini. Apalagi kalau bisnis kamu sampai meliburkan diri dari media sosial.
Kamu bisa aktif di media sosial dengan menciptakan konten bertemakan hari raya.

Tak harus melakukan promosi atau memberikan potongan harga, kamu bisa meningkatkan kedekatan dengan pengikutmu. Misalnya, dengan mengajak interaksi para pengikut di Instagram mengenai hari raya yang sedang mereka rayakan. Dijamin, engagement akun media sosial bisnismu pasti akan naik dan pengikutmu pasti akan terikat dengan brand-mu.

3. Promosi dengan Pendekatan Emosional

Pembeli akan mudah terpancing apabila terdapat pendekatan emosional dengan produk yang akan dibelinya. Hal tersebut sesuai dengan sebuah hasil riset dari The Institute of Practitioners in Advertising, yang menyatakan bahwa bentuk promosi iklan dengan pendekatan emosional bisa mendapatkan keuntungan dua kali lebih banyak dibanding pendekatan rasional.

Contoh pendekatan emosional sering kita jumpai saat momen Ramadan dan Idulfitri adalah banyak iklan di televisi yang menampilkan tema keluarga yang bisa membuat penontonnya terenyuh. Kamu juga bisa membuat campaign di mana sebagian keuntungan yang didapat dari hasil penjualan akan didonasikan ke orang atau tempat yang membutuhkan. Selain bisa meningkatkan penjualan, Anda juga berkontribusi untuk membantu sesama.

4. Membuat bundling atau pengemasan produk spesial hari raya

Menyiapkan produk spesial hari raya adalah hal yang harus kamu lakukan. Karena dengan begitu, pembeli akan merasa produk tersebut memiliki penawaran terbatas sehingga harus segera membelinya. Selain itu, produk edisi hari raya juga cocok dikirimkan sebagai hampers untuk teman, kerabat, bahkan keluarga. Terlebih, di masa seperti ini yang tidak memungkinkan kita untuk bertemu secara langsung.

Untuk membuat produk edisi hari raya, kamu bisa menyiapkan produk favorit tokomu yang dikemas dengan tampilan baru yang sesuai semangat hari raya, atau kamu bisa juga memperkenalkan produk baru special hari raya. Hal tersebut dinilai dapat meningkatkan exposure produk baru, dan pembelian ulang untuk produk favorit bisnis kamu. Dengan membuat produk edisi hari raya, pasti jualan kamu makin laris manis!

Itulah beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan peluang usahamu di hari libur. Bagaimana? Kamu tertarik untuk melakukannya?

Nah, dalam mengembangkan bisnis, pastinya kamu membutuhkan partner yang sesuai untuk bisis kamu. Namun, dalam memilih partner, kamu tidak boleh sembarangan. Untuk itu pilihlah partner yang tepat untuk mengembangkan toko online-mu, seperti

Duitku. Dengan Duitku, kamu akan menikmati berbagai kemudahan untuk segala transaksi bisnismu. Kamu tidak perlu khawatir, Duitku resmi mengantongi izin dari Bank Indonesia dan memenuhi standar keamanan internasional. Dijamin, dengan Duitku segala transaksi bisnismu akan semakin cepat, mudah, dan nyaman.

Yuk, awali suksesmu dengan satu transaksi!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.