Cara agar Bisnis Online Semakin Efektif dan Menguntungkan

Gencarnya perkembangan digitalisasi di Indonesia memberikan dampak positif bagi para pelaku bisnis. Pemanfaatan internet untuk berbagai aktivitas kegiatan usaha memudahkan pebisnis untuk menyelesaikan transaksi bisnis dan memperluas pangsa pasar. Tak hanya itu, penggunaan teknologi yang berfokus pada digitalisasi, bisa memudahkan pembeli untuk memenuhi kebutuhan secara online.

Dengan situasi pandemi COVID-19 yang menghantam perekonomian dunia, transaksi digital diprediksi mampu meningkatkan peluang bagi para pebisnis untuk memperluas segmentasi pasar dengan biaya minim. Proses transaksi yang serba online, ekspedisi yang menjangkau hingga pelosok desa dengan proses pengantaran yang lebih cepat dan efektif membuat pebisnis fokus mengirimkan barang ke pembeli.

Hal ini tentunya berdampak pada bisnis secara keseluruhan. Bisa dikatakan, potensi bisnis online di era sekarang sangat lah menguntungkan, sehingga pebisnis perlu memanfaatkan hal tersebut agar jualan online semakin laris.

Sayangnya, tak semua pebisnis mampu melihat peluang tersebut. Masih banyak pebisnis yang kurang memaksimalkan penjualan digital agar mendulang keuntungan. Yuk, ketahui cara agar bisnis online semakin efektif dan menguntungkan pada artikel berikut!

1. Atur Strategi Perencanaan Bisnis

Tips bisnis online agar untung yang perlu kamu terapkan adalah memastikan bahwa bisnismu punya perencanaan bisnis yang tepat. Dengan strategi dan segmentasi pasar yang tepat, kamu dapat mengukur peluang dalam niche market tersebut dan mendulang keuntungan berlipat tanpa perlu usaha ekstra.

Dengan menentukan niche market se-spesifik mungkin, kamu berpeluang untuk menarik pembeli sebanyak mungkin. Sebab, pembeli cenderung tidak menemukan apa yang mereka butuhkan di tempat lain. Kamu juga tidak perlu bersaing dengan kompetitor yang lebih umum, sehingga kamu dapat segera menemukan pelanggan yang loyal terhadap bisnismu.

2. Adakan Promo

Siapa sih yang enggak suka promo? Nah, supaya bisnismu untung, kamu perlu memasukan promo dan diskon dalam strategi marketing. Tips bisnis online agar untung yang satu ini dapat menarik perhatian calon pembeli agar mau berbelanja di bisnis online-mu.

Eits, kamu juga perlu memikirkan strategi agar pembeli jadi pelanggan tetap. Jangan sampai pembeli datang hanya saat promo saja. Bila kasusnya begitu, kamu perlu usaha ekstra agar keuntungan yang ada dapat menutupi biaya promo.

Supaya pembeli jadi langganan tetap, kamu perlu memperhatikan ‘after sales‘. Bertemanlah dengan pelanggan dan informasikan bahwa pelayanan bisnismu tidak berhenti hingga transaksi berakhir. Kamu juga bisa menawarkan program loyalitas agar pembeli kembali bertransaksi di bisnismu.

3. Buat Tampilan Toko Menarik

Pada bisnis online, tampilan toko merupakan hal yang paling utama. Sebab, pembeli kebanyakan mementingkan visual saat berbelanja. Bila tampilannya berantakan, pembeli sudah keburu bete duluan dan mengurungkan niat untuk membeli produk.

Untuk itu, buatlah tampilan tokomu dan produkmu semenarik mungkin agar pembeli tertarik untuk berkunjung. Pastikan juga desain website termasuk user-friendly agar mudah diakses pembeli. Sebab, tampilan dan fitur website yang terlihat profesional dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan dan meningkatkan peluang pelanggan melakukan pembelian di bisnis online kamu.

4. Berikan Kemudahan Opsi Pembayaran

Proses check-out yang lama bisa membuat pembeli mengurungkan niat untuk bertransaksi di tokomu lho! Masa mau bayar belanjaan aja harus menunggu respon penjual dan kirim screeshot satu persatu, kan ribet ya, belum lagi jika beli barang yang berharga mahal tanpa ada fasilitas cicilan.

Makanya kamu perlu menyediakan opsi pembayaran agar pembeli mudah menyelesaikan transaksi pembayaran. Semakin banyak opsi pembayaran yang tersedia di bisnis online-mu, maka semakin kaya pula pengalaman belanja online pembelimu.

Untuk menanggapi hal tersebut, kamu bisa menyediakan pembayaran langsung di website dengan mengintegrasikan fitur payment gateway. Payment Gateway adalah teknologi yang berfungsi sebagai saluran penghubung antara rekening penampung ke platform tempat kamu melakukan transaksi. Nantinya, sistem pembayaran akan terotomatisasi sehingga kamu tak perlu repot mencocokkan bukti transfer dengan daftar mutasi lagi.

Dalam menentukan payment gateway yang akan kamu integrasikan ke website-mu, kamu perlu memastikan bahwa payment gateway pilihanmu elah mengantongi izin dari Bank Indonesia dan dilengkapi dengan sistem Fraud Detection System. Hal ini agar transaksi pada bisnis online-mu semakin aman dan tepercaya.

Ingat, apa pun transaksinya, Duitku solusinya!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.