Begini Cara Tahu Pinjol Ilegal

Support on Nov 28, 2021 in Information

Pinjol merupakan singkatan dari pinjaman online yang merupakan fintech (financial technology) platform. Mengapa disebut demikian, hal ini dikarenakan proses pinjam meminjamnya full dilakukan secara online/daring tanpa tatap muka. Sudah tidak terhitung banyaknya pinjaman online yang beredar saat ini. Berjamurnya pinjol di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari adanya krisis ekonomi yang diperparah dalam masa pandemi Covid-19. Banyaknya pengurangan karyawan dan lesunya perekonomian yang terjadi, akan tetapi di sisi lain kebutuhan primer dan pemenuhan kesehatan harus tetap berjalan.

Persyaratan yang mudah, tanpa agunan dan nominal limit pencairan yang besar merupakan daya tarik yang diiming-iming oleh pinjol kepada setiap calon penggunanya. Biasanya cukup dengan menyerahkan foto diri, foto KTP dan slip gaji, jika disetujui maka kurang dari 1 x 24 jam dana akan dicairkan ke rekening bank yang kamu daftarkan. Sangat simple dan mudah bukan?

Selain kemudahan yang ditawarkan, jangan membuat kamu lengah. Pinjaman online yang beredar di Indonesia saat ini ada yang legal dan ilegal. Ada perbedaan mendasar mengenai keduanya yang harus kamu tahu sebelum menjadi korban dari pinjaman online.

Pinjol legal merupakan pinjaman online yang telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan), sehingga OJK memiliki aturan-aturan yang jelas yang harus ditaati. Seperti penetapan suku buka, cara penagihan, jangka waktu untuk pelunasan dan beberapa persyaratan lainnya yang diatur dengan sewajarnya. Pengguna tidak merasa dibohongi dan dirugikan dan penagihannya tak sesuai tenor atau bunganya tidak membengkak diluar kesepakatan yang jelas di awal.

Selain tidak terdaftar di OJK, berikut ciri-ciri pinjol ilegal lainnya :

  • Biasanya menetapkan suku bunga tinggi melebihi batas ketentuan dan tidak dijelaskan di awal secara jelas. Suku bunga yang seharusnya boleh dibebankan per harinya mulai 0,05% sampai maksimal 0,8%. Yang berarti jika sebulan 1,5% sampai maksimal 24%.
  • Mengambil fee yang besar. Fee disini diambil dari biaya provisi dan biaya administrasi. Biaya provisi dikenakan hanya diawal pinjaman ketika pinjaman disetujui. Umumnya berkisar 1-5% dari total pinjaman untuk pinjol berizin. Biaya administrasi bersifat tetap, mulai 1% atau ditetapkan dengan nominal tertentu.
  • Memiliki denda yang tidak terbatas dan sistem bunga berbunga (compounding interest)
  • Penagihan oleh debt collector dengan teror dan intimidasi kepada peminjam dana dan lingkungan sekitarnya
  • Biasanya menawarkan pinjaman dengan mengirimkan SMS atau WhatsApp
  • Aplikasi pinjol meminta akses ke data pribadi seperti buku kontak, galeri hingga lokasi kamu

 

Selain dari ciri-ciri di atas, begini cara tahu pinjol ilegal, sumber diambil dari video Mata Najwa pada 16 September 2021 sebagai berikut :

  • Chat nomor WhatsApp OJK 081-157-157-157 melalui smartphone kamu
  • Ketikkan nama pinjaman online yang akan di cek, kemudian kirim
  • Tunggu jawaban yang akan muncul pada halaman chat kamu
  • Akan muncul balasan WhatsApp yang menyatakan bahwa nama pinjol yang kamu ketik Terdaftar / Tidak Terdaftar atau berizin dari OJK (status ilegal)

Percakapan chat WhatsApp dengan OJK melalui nomor tersebut dilayani oleh bot otomatis bernama Rojak (Robot Penjawab Kontak OJK). Selain untuk pengecekan pinjaman online legal atau ilegal, kamu juga bisa melakukan konsultasi lainnya pada nomor OJK di atas langsung dengan petugas. Caranya ketikkan “#hubungipetugas”, tunggu beberapa saat maka akan dibalas sesuai dengan antrian. Layanan ini beroperasi mulai pukul 07:40 sampai 15:45 WIB pada hari Senin – Jumat. Selain pengecekan dari aplikasi WhatsApp, kamu juga bisa melakukan pengecekan ke kontak resmi OJK via telepon di nomor 157 atau via email di [email protected]

Dengan kemudahan ini, masyarakat Indonesia bisa dengan cepat dan mudah untuk mengetahui status pinjol sebelum bergabung mengambil pinjaman. Sehingga diharapkan dapat mengurangi peluang bertambahnya kasus kerugian materil dan immateril seperti yang saat ini banyak terjadi.

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.