Apa Itu Cross Border Remittance Untuk Bisnis?

Duitku Admin on Jun 22, 2022 in Information

Di era yang serba digital, berbisnis tidak lagi hanya berpatokan pada pasar offline. Seiring dengan kemajuan teknologi dan makin maraknya bisnis online, target market pun semakin luas. Setiap pelaku usaha dapat memasarkan bisnisnya hingga ke seluruh dunia.

Dampak dari target market bisnis yang semakin luas adalah transaksi keuangan antarnegara yang makin marak. Cross border remittance atau layanan perbankan untuk mengirimkan uang ke luar negeri maupun dari luar ke dalam negeri menjadi peluang bisnis yang besar.

Tak hanya mendukung proses transaksi bisnis antar negara, banyak peranan dari cross border remittance untuk bisnis.

Apa Itu Cross Border Remittance?

Cross Border Remittance atau pengiriman uang lintas negara terdiri dari pengiriman uang ke luar negeri (cross-border outward remittance) dan pengiriman uang ke dalam negeri (cross-border inward remittance). Remittance sendiri adalah layanan perbankan untuk mengirimkan uang dalam bentuk valuta asing dari dalam negeri ke luar negeri maupun dari luar negeri ke dalam negeri yang dilakukan oleh bank maupun non-bank.

Apa Saja Jenis Cross Border Remittance?

Sebagaimana yang telah dibahas sebelumnya, Cross Border Remittance dibagi menjadi dua jenis. Pertama, dari dalam negeri ke luar negeri (cross-border outward remittance). Kedua, pengiriman uang dari luar negeri ke dalam negeri (cross-border inward remittance).

  1. Cross-Border Outward Remittance
  2. Dalam pengiriman uang ke luar negeri, pengiriman uang dapat dikreditkan ke rekening tertentu yang ditunjuk oleh pengirim di luar negeri yang diminta oleh pemohon pengiriman uang. Pengiriman uang dalam mata uang Rupiah yang nantinya akan diterima oleh penerima dalam mata uang asing.

  3. Cross-Border Inward Remittance
  4. Cross-Border Inward Remittance merupakan layanan transfer untuk pengiriman uang ke dalam negeri. Pengiriman uang dapat dikreditkan ke rekening penerima yang ditunjuk atau bank penerima yang ditunjuk sesuai dengan instruksi dari bank asing pengirim.

Bagaimana Sistem Cross Border Remittance?

Sistem Cross Border Remittance memerlukan waktu yang cenderung lebih lama jika dibandingkan dengan pengiriman uang antardaerah dalam negeri. Hal itu karena banyak proses yang terjadi dan pihak yang berkaitan. Berikut sistem Cross Border Remittance:

  1. Pengirim uang datang ke penyedia jasa layanan kirim uang ke luar negeri, dalam hal ini bank atau lembaga keuangan, atau cukup membuka aplikasi/situs penyedia jasa.
  2. Pihak penyedia jasa akan memberikan form yang harus diisi oleh pengirim.
  3. Dana yang dikirim akan sampai pada mitra kerja yang ada di negara tujuan, bisa dalam bentuk bank atau lembaga keuangan, atau penyedia jasa lain yang bekerja sama dengan penyedia jasa setempat.
  4. Penyedia jasa kemudian meneruskan pada penerima yang memang sudah ditunjuk oleh pengirim.

Apa Saja Manfaat Cross Border Remittance Untuk Bisnis?

Teknologi Cross Border Remittance sangat bermanfaat untuk dunia bisnis. Tak hanya mendukung bisnis, remittance menjadi sumber pendapatan negara yang membawa keuntungan cukup banyak. Berikut beberapa manfaat Cross Border Remittance untuk bisnis:

  1. Kemudahan melakukan transaksi jual-beli antarnegara.
  2. Membuka pasar bisnis yang lebih besar.
  3. Mendukung perekonomian negara.
  4. Akses pendanaan yang lebih luas.
  5. Transaksi internasional yang cepat.
  6. Membuka peluang masuknya pegawai remote dari luar negeri.
  7. Membantu masyarakat yang belum tersentuh layanan perbankan.
  8. Menghemat pengeluaran karena biaya pengiriman yang lebih rendah.
  9. Keamanan transaksi internasional lebih terjamin.
  10. Membantu proses ekspor dan impor.

Cross Border Remittance membantu bisnis menjadi jauh lebih berkembang seiring dengan banyak manfaat yang didapatkan, salah satunya dapat membuka pasar yang lebih luas. Kemudahan bertransaksi tak hanya dihadirkan untuk pengiriman luar negeri, tapi juga antardaerah di Indonesia.

Salah satu aplikasi yang menyediakan jasa pengiriman uang ke seluruh Indonesia adalah DUITKU. Sistem Disbursement DUITKU menawarkan kemudahan mengirim uang secara otomatis dan secara bersamaan ke seluruh Indonesia dengan cepat dan mudah.

Banyak kelebihan ditawarkan oleh DUITKU, salah satunya sistem disbursement DUITKU yang dapat digunakan untuk mengirim uang melalui API ke 140+bank lokal, virtual account bank-bank ternama (BCA, BRI, BNI, Mandiri), e-Wallets (ShopeePay, OVO, LinkAja dan Dana), dan juga dalam bentuk tunai melalui gerai Kantor POS dan Indomaret di seluruh Indonesia. Selain itu, sistem disbursement DUITKU dapat melakukan transfer dana dalam jumlah besar untuk kebutuhan disbursement B2B kamu dengan berbagai pilihan mata uang.

Tingkatkan layanan bisnismu dengan fitur sistem disbursement DUITKU untuk mendukung operasional bisnis yang lebih maju!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.