Apa Saja Fungsi Turunan Uang Selain Sebagai Alat Tukar?

Duitku Admin on Sep 19, 2022 in Information
Pada awalnya, manusia belum mengenal yang namanya uang. Untuk mendapatkan semua barang yang dibutuhkannya, mereka akan melakukannya dengan sistem barter dengan orang-orang yang ada di sekitarnya. Barter merupakan proses pertukaran barang dengan barang, jasa dengan barang, ataupun barang dengan jasa yang dilakukan secara langsung tanpa memerlukan sesuatu sebagai perantara dalam prosesnya.
Seiring berkembangnya zaman, sistem barter saat ini sudah tidak dapat dipertahankan lagi. Hal tersebut dikarenakan sistem barter ini mempunyai beberapa kekurangan, salah satunya adalah sulitnya mencari keinginan yang sesuai antara orang yang akan melakukan transaksi dan perbedaan ukuran barang dan jasa yang diberikan.
Setelah sistem ini tidak berlaku lagi, barulah masyarakat mengenal transaksi dengan menggunakan uang. Perlu kamu ketahui bahwa secara gratis besar, ada dua fungsi uang, yakni fungsi asli dan fungsi turunan uang selain sebagai alat tukar.
Lantas, apa saja fungsi turunan uang selain sebagai alat tukar? Simak ulasannya di bawah ini.

Alat Pembayaran

Fungsi turunan uang yang pertama adalah sebagai alat pembayaran yang digunakan oleh masyarakat secara umum. Tanpa adanya uang, manusia tentunya tidak akan bisa membeli suatu barang atau menggunakan jasa tertentu. Oleh sebab itu semua hal kini membutuhkan uang.
Arti dari fungsi tersebut adalah manusia menggunakan uang untuk membayar barang atau jasa yang dibutuhkannya. Sebab kini sistem barter sudah tidak digunakan lagi oleh masyarakat, jadi semua kebutuhannya harus ditukarkan dengan uang sebagai alat pembayaran. Kamu akan mengeluarkan sejumlah uang untuk mendapatkan barang atau jasa tertentu sesuai keinginan dan kebutuhan yang dimiliki.

Alat Pembayar Utang

Fungsi turunan uang yang kedua adalah sebagai alat atau media pembayar utang. Artinya, uang tidak hanya digunakan untuk membeli suatu barang dan jasa yang dibutuhkan saja. Saat ini uang juga berfungsi untuk melakukan dan menentukan pembayaran dari kewajiban seseorang atau digunakan untuk standar pembayaran utang yang dimiliki.
Hal tersebut dikarenakan uang bisa digunakan untuk mengukur atau dijadikan sebagai standar pembayaran utang di masa yang akan datang. Saat ini, utang harus dibayar dengan uang sesuai dengan pinjaman yang dimiliki.

Menunjukkan Harga

Berbeda dengan fungsi asli uang sebagai alat penukar dan satuan hitung, fungsi turunan uang merupakan turunan dari kedua fungsi asli dari uang. Fungsi turunan uang dalam hal ini adalah dapat digunakan untuk menunjukkan suatu harga pada barang atau jasa.
Dalam bidang perekonomian, baik itu barang ataupun jasa yang diperjualbelikan, tentunya kamu harus mengetahui harga dari barang ataupun jasa yang akan digunakan. Nantinya uang akan digunakan untuk menentukan harga dari barang atau jasa. Dengan kata lain, uang dapat dimanfaatkan sebagai media untuk menunjukkan suatu harga. Jika kamu mengetahui harga dari suatu barang, kamu tentunya bisa menjadikannya sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli suatu barang.

Penimbun Kekayaan

Fungsi turunan uang selain sebagai alat tukar juga bisa sebagai penimbun kekayaan. Uang sebagai penimbun kekayaan di sini artinya uang merupakan bagian kekayaan dari seseorang atau perusahaan dalam menunjukkan seberapa besar kekuatan finansial yang dimilikinya. Ini berarti uang sama artinya dengan menyimpan kekayaan.
Oleh sebabnya banyak orang kini mulai menabung untuk mencapai kestabilan finansial. Uang yang semakin besar jumlahnya tentu saja akan membuat seseorang menjadi lebih stabil jika dilihat dari segi finansial.

Penunjang Kegiatan Ekonomi dan Sosial

Fungsi turunan uang lainnya adalah sebagai penunjang kegiatan ekonomi dan sosial. Pasalnya, uang sangat berpengaruh dalam kehidupan masyarakat dan dianggap sangat mendukung berbagai aktivitas ekonomi dan sosial. Sebagai turunan dari fungsi asli uang, tentunya uang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.
Hal ini dikarenakan setiap orang akan termotivasi untuk mendapatkan uang sehingga mereka pun ingin mulai bekerja atau melakukan berbagai kegiatan ekonomi lainnya. Motivasi ini juga didapatkan karena yang merupakan salah satu kebutuhan dalam menjalani kehidupan. Dari arus peredaran uang dalam kegiatan ekonomi juga dapat diketahui untuk pertumbuhan suatu usaha atau bisnis. Nah, dari adanya pertumbuhan di kegiatan usaha inilah kemudian bisa diketahui kegiatan produksi yang dapat memajukan perekonomian negara.
Misalnya, uang yang dijadikan sebagai modal usaha disuntikkan sebagai dana investasi yang dapat membangun sebuah UMKM di Indonesia. dengan bertambahnya badan usaha, maka perekonomian di Indonesia pun akan turut berkembang.

Pemindahan Kekayaan

Bukan hanya sebagai alat penimbun kekayaan yang telah dibahas sebelumnya, fungsi turunan uang lainnya adalah sebagai pemindah kekayaan. Uang sebagai pemindah kekayaan dimaksudkan bagi seseorang yang sudah memiliki kekayaan dan dapat dipindahkan dalam bentuk kekayaan lainnya dengan perantara uang. Seseorang memiliki kekayaan dengan bentuk lainnya selain dari banyak uang, ia bisa memindahkan kekayaannya tersebut.
Contohnya ketika seseorang yang tinggal di kota namun mereka sebenarnya memiliki tanah di pedesaan. Tanah tersebut bisa dijual kembali kemudian uangnya dapat digunakan untuk membeli sebuah tanah di kota.
Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa uang bukanlah hanya sekadar alat tukar biasa saja. dalam fungsi turunan uang selain sebagai alat tukar, uang juga dapat digunakan untuk menabung dan lainnya.
Untuk kamu yang memiliki bisnis online, pastikan penjualan kamu berjalan lancar dengan menyediakan fasilitas penerimaan uang yang memadai. Proses pembayaran yang mulus dan mudah dapat meningkatkan penjualanmu, karena transaksi berjalan cepat sebelum pembeli kehilangan impuls berbelanja.
Untuk itu, Duitku sebagai penyedia layanan payment gateway dan disbursement telah dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan transaksi pasar Indonesia. Dengan Duitku, penjual dapat menerima pembayaran secara langsung di platform online mereka secara otomatis 24/7.
Percepat perputaran uang bisnismu dengan DUITKU!
Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami 24/7 atau daftar untuk mulai saat ini juga.