Cara Transfer Uang Tanpa Rekening

Duitku Admin on Sep 10, 2022 in Information
Tahukah kamu bahwa menurut Bank Indonesia sekitar 91,3 juta penduduk Indonesia masih belum mempunyai nomor rekening bank. Padahal saat ini aktivitas mengirim uang sudah menjadi kegiatan sehari-hari masyarakat, baik transfer uang untuk orang tua dikampung, transfer sesama saudara, teman, atau membayar makan dan minuman.
Proses transfer ini umumnya dilakukan melalui mesin ATM atau menggunakan mobile banking. Sayangnya, kedua proses tersebut mensyaratkan adanya kepemilikan rekening.
Lalu, bagaimana dengan orang yang tidak mempunyai rekening? Tenang, jangan khawatir. Di dalam artikel ini kita akan membahas cara-cara transfer uang tanpa menggunakan atau mempunyai no rekening.

Cara Transfer Uang Tanpa Menggunakan No Rekening

Dilansir dari CNN Indonesia, penduduk Indonesia yang sudah memiliki akun bank baru sebesar 40,3% dan sisanya belum memiliki akun. Tingkat inklusi keuangan masyarakat Indonesia hingga saat ini memang masih terbilang relatif rendah khususnya wilayah-wilayah yang berada di luar pulau Jawa.
Namun, dengan seiring berkembangnya teknologi dan alat pembayaran, proses mengirim uang sekarang menjadi jauh lebih mudah dan bisa dilakukan meskipun tanpa memiliki akun bank atau rekening.
Berikut cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat transfer uang tanpa rekening :

  1. Lewat Teller Bank
  2. Cara pertama dan paling umum yang bisa kamu lakukan adalah mengirim uang melalui teller bank. Meskipun cara ini tidak mensyaratkan pengirim memiliki rekening namun penerima uang tersebut haruslah memiliki akun bank. Sebab, bank hanya bisa memproses transfer uang ke nasabah yang sudah memiliki nomor rekening.
    Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan jika ingin mengirim uang lewat teller bank,
    • Kunjungi bank sesuai dengan rekening bank penerima uang.
    • Jangan lupa untuk mengambil nomor antrian terlebih dahulu dan mengisi formulir yang sudah disediakan.
    • Setelah selesai mengisi dan nomor antrian kamu dipanggil, serahkan formulir tadi ke petugas teller.
    • Berikan uang sesuai nominal yang ingin kamu kirimkan.
    • Uang tersebut akan langsung masuk ke rekening penerima begitu petugas selesai melakukan proses transfer.

  3. Lewat Aplikasi Fintech
  4. Selanjutnya, cara transfer uang tanpa rekening bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Fintech (Financial Technology). Aplikasi pihak ketiga ini umumnya telah bekerjasama dengan pihak bank seperti Bank Indonesia.
    Selain menawarkan layanan transfer uang tanpa rekening, aplikasi Fintech juga memungkinkan kamu untuk membayar cicilan, pulsa, PLN, BPJS hingga membayar parkir. Aplikasi fintech yang paling populer untuk mengirimkan dana adalah e-wallet. Cek disini untuk list e-wallet yang paling populer di Indonesia

  5. Lewat Kantor Pos
  6. Kantor Pos tidak hanya sebagai tempat untuk mengirim surat dan barang saja, namun kamu juga bisa kirim uang dari sini. Layanan kirim uang tersebut lebih dikenal dengan sebutan layanan Wesel.
    Namun perlu diingat sebelumnya bahwa layanan ini hanya bisa dilakukan di dalam negeri saja. Layanan wesel sendiri terbagi menjadi 4 jenis.

    Weselpos Instan

    Jika kamu ingin mengirimkan uang dengan cepat, kamu bisa memakai jenis layanan ini, sebab pengiriman weselpos instan adalah yang paling cepat dari jenis lainnya. Hal ini karena sifatnya yang real-time dengan menggunakan PIN dan nomor transaksi pusat yang dikirimkan secara langsung dari pengirim uang ke penerima.

    Weselpos Kemitraan

    Seperti namanya, jenis wesel ini adalah hasil kerjasama dengan pihak lain. Untuk tarifnya sendiri juga menyesuaikan dengan kesepakatan yang sudah dibuat sebelumnya.

    Weselpos Transfer Tunai

    Jenis layanan ini melakukan transfer uang secara tunai lewat kantor pos dan dikirimkan dengan tujuan ke semua rekening bank secara real-time.

    Weselpos Prima

    Jenis yang terakhir adalah weselpos prima, merupakan layanan yang memakai surat pemberitahuan. Surat tersebut kemudian akan diantarkan oleh petugas kantor pos kepada si penerima uang.

  7. Lewat Minimarket
  8. Sekarang minimarket bukan lagi tempat untuk berbelanja kebutuhan saja, melainkan kita juga bisa melakukan banyak hal salah satunya adalah mengirim uang. Minimarket seperti Alfamart dan Indomaret memiliki layanan pengiriman uang tanpa rekening yang bisa dimanfaatkan.
    Kamu hanya membutuhkan data identitas diri KTP, SIM atau paspor, nomor ponsel aktif pengirim dan penerima uang. Nantinya, nomor ponsel ini akan digunakan untuk menerima kode pengiriman yang akan digunakan pihak penerima untuk mengklaim uang yang sudah dikirimkan.

  9. Lewat Western Union
  10. Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah mengirim uang melalui Western Union. Western Union sendiri merupakan penyedia jasa pengiriman dengan jaringannya yang sudah tersebar di seluruh negara.
    Cara ini sering dilakukan oleh mereka yang menetap di luar negeri. Uang yang kamu berikan ke salah satu cabang Western Union, bisa langsung kamu ambil di cabang Western Union yang ada di seluruh dunia.
    Untuk dapat melakukan pengiriman, kamu hanya perlu mengunjungi gerai Western Union terdekat dan mengisi sejumlah dokumen. Selanjutnya kamu akan mendapatkan kode rahasia yang nantinya perlu kamu kirimkan kepada penerima. Kode ini adalah syarat penerima dapat mengambil uang di Western Union negara tujuan.
Nah, itulah cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk dapat mengirim uang meskipun kamu tidak mempunyai akun bank ataupun no rekening. Kamu bisa memilih cara mana yang paling mudah dan cepat untuk dilakukan.
Kamu perusahaan yang ingin membuat fitur penyaluran dana melalui API? Duitku menyediakan sistem disbursement melalui dashboard ataupun API yang dapat kamu sambungkan ke website atau aplikasi online kamu.
Dengan fitur disbursement Duitku, kamu dapat mengirimkan uang ke rekening di berbagai bank di Indonesia. Selain rekening bank, Duitku juga dapat mendistribusikan uang ke e-wallet pengguna, ataupun dalam bentuk cash/tunai melalui jaringan gerai retail Indomaret dan Pos Indonesia di seluruh Indonesia.
Berizin resmi dari Bank Indonesia, DUITKU merupakan solusi payment gateway dan transfer dana terpercaya yang didesain sesuai kebutuhan pasar Indonesia!
Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami 24/7 atau daftar untuk mulai saat ini juga.