Mengenal WHMCS dan Fungsinya

Duitku Admin on Mei 5, 2022 in Information

WHMCS adalah solusi praktis bagi kamu yang ingin memulai bisnis hosting web atau menawarkan layanan web. Dengan WHMCS, kamu tak akan pusing lagi memikirkan bagaimana cara aktivasi produk, pembuatan laporan keuangan, atau melakukan penagihan ke klien. Untuk desainer dan pengembang web, WHMCS bisa menjadi cara untuk menggabungkan layanan tambahan dengan klien dan mempertahankan hubungan yang berkelanjutan setelah pengembangan selesai.

Panel manajemen klien seperti WHMCS dapat digunakan untuk mengotomatisasi pembuatan dan pengelolaan layanan hosting web klien. Penggunaan WHMCS tak lepas dari web hosting. Hosting web membuat file yang terdiri dari situs web (kode, gambar, dan sejenisnya) bisa dilihat secara online. Setiap situs web yang pernah kamu kunjungi di hosting melalui sebuah server.

Pengelolaan sebuah server tentu memerlukan jaringan yang stabil dan kuat karena web hosting tersebut akan terhubung oleh banyak jaringan. WHMCS inilah yang berfungsi mengelola situs dan akun pada server tersebut. Jadi, WHMCS bisa digunakan untuk mengelola semua hal yang dibutuhkan pengguna server, seperti pembayaran, pendaftaran, dna berbagai layanan lain yang disediakan.

Apa itu WHMCS?

WHMCS singkatan dari Web Host Manager Solusi Lengkap. Awalnya, HMC dikembangkan sebagai panel kontrol yang memungkinkan penyediaan otomatis akun hosting web cPanel menggunakan panel kontrol Web Host Manager. WHMCS adalah web host manager aplikasi berbasis web yang pertama kali dikembangkan oleh Matther Pugh pada tahun 2003. Awalnya, web host ini dikembangkan untuk menyederhanakan dan mengotomatisasi apapun diperlukan untuk perusahaan web hosting .
.
Perangkat software ini berfungsi sebagai pengelola konsumen sekaligus pembayaran dan penagihan. Aplikasi ini juga membantu memberikan dukungan konsumen untuk bisnis lain berbasis online. Bisa dibilang, WHMCS dapat diandalkan untuk mengatasi segala hal yang berhubungan dengan web hosting. Dengan menggunakan tool ini, penyedia hosting dapat menghemat waktu berjam-jam karena bisa mengotomatisasi tugas yang berulang, yang pada gilirannya memungkinkan kamu untuk fokus mengembangkan bisnis saja.

Langkah ini menyediakan interface manajemen yang mudah diakses yang menyediakan dan mengelola hal-hal seperti pendaftaran pelanggan, penyediaan layanan/server, manajemen dan dukungan. WHMCS sangat cocok untuk pengecer, agensi, dan pengembang yang ingin merampingkan atau memperluas bisnis yang bergantung pada web mereka.

WHMCS adalah panel manajemen klien web hosting berfitur lengkap. Tujuan utamanya adalah untuk menyediakan bisnis web hosting dengan sistem yang dapat diintegrasikan ke dalam situs web sehingga pengunjung dapat membeli layanan hosting web. WHMCS terintegrasi dengan berbagai server hosting web dan aplikasi terkait sehingga ketika klien membeli layanan pada situsmu, WHMCS akan mengumpulkan pembayaran, membuat akun pengguna untuk klien untuk mengelola layanan mereka. Secara otomatis, WHMCS juga menyediakan akun web hosting di server hosting. Proses ini bisa menghemat waktu dan membuat pekerjaan menjadi lebih sederhana.

Awalnya, WHMCS adalah sebuah perusahaan yang berdiri secara independen. Lalu di tahun 2012, perusahaan tersebut bermitra dengan cPanel. Dengan kemitraan ini, WHMCS dapat memberikan berintegrasi dengan cPanel sehingga memberikan manfaat lebih besar bagi penggunanya.

Kegunaan WHMCS

WHMCS berisi semua alat yang diperlukan untuk mempermudah pekerjaan dalam bisnis web hosting. Karena itu, perangkat ini memiliki beberapa fungsi seperti berikut:

  • Dukungan pelanggan
  • Manajemen penagihan
  • Laporan
  • Manajemen Penipuan
  • Manajemen pesanan
  • pendaftaran domain

WHMCS tidak hanya digunakan untuk mengatur akun cPanel. Perangkat ini juga dapat digunakan untuk mengotomatiskan penyediaan pada:

  • Akun VPN
  • Server Game
  • Hosting VPS
  • Domain
  • Akun Email
  • Dan berbagai macam produk terkait layanan web lainnya.

Cara Menggunakan WHMCS

Untuk menggunakan WHMCS, ada beberapa tahapan yang bisa kamu lakukan. Berikut cara menggunakan WHMCS:

  1. Beli lisensi
  2. Beli lisensi untuk WHMCS di situs web mereka. Kamu dapat memilih paket berdasarkan jumlah klien yang kamu harapkan dan juga kamu dapat meningkatkannya kapan saja dikemudian hari.

  3. Beli servers dan instal
  4. Beli server dan instal WHMCS di dalamnya menggunakan panduan instalasi WHMCS. Sebaiknya server menggunakan cPanel/WHM agar WHMCS dapat dengan mudah diinstal. WHMCS juga tersedia menggunakan Softaculous jika kamu memilikinya.

  5. Konfigurasi perangkat
  6. Setelah instalasi WHMCS selesai, kamu dapat mulai mengkonfigurasikannya dengan perangkat lunak. Ini termasuk membuat produk, menyiapkan desain panel di situs web kamu, dan lain-lain.

  7. Integrasi perangkat
  8. Kamu dapat mengintegrasikan WHMCS ke situs web utama perusahaan atau hanya menggunakannya sebagai interface yang berdiri sendiri bagi pengguna untuk membeli domain dan layanan hosting lainnya dari perusahaan kamu

Seperti yang disebutkan sebelumnya, sejak tahun 2012 WHMCS telah bermitra dengan cPanel sehingga perangkat tersebut bisa saling berintegrasi. Oleh karena itu, proses instalasi WHMCS juga bisa dilakukan dengan mudah jika kamu sudah menginstal cPanel dan Softaculous. Jika telah memiliki keduanya, kamu tinggal menekan tombol klik seperti instalasi WordPress.

Kemudian, jika kamu sudah memiliki cPanel, berikut cara melakukan instalasi:

  • Masuk di akun cPanel lalu di bagian menu pilih mysql database wizard. Setelah itu, masukan nama database dan isikan nama pengguna dan password yang kamu inginkan.
  • Setelah itu, pilih file manager, lalu publik dan HTML. Kemudian sudah melakukan proses unduh atau upload file web host manager complete solution.
  • Kemudian buka website dan layar peringatan akan muncul. Lalu instal Webhost Manager Complete Solution.
  • Isi nama pada database dan jangan lupa isi juga username, password, license key, dan email.
  • Buka cPanel dan pilih file manager. Setelah itu, cari folder installation dan hapus folder tersebut.

Proses instalasi ini bisa dilakukan ketika kamu sudah memiliki license key yang valid. Jika belum memilikinya, kamu bisa melakukan instalasi website manage complete solution. License key yang valid juga bisa kamu dapatkan dengan menghubungi customer support untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Bisnis online kamu juga bisa dengan mudah terhubung dengan WHMCS melalui Duitku lho. Duitku sebagai payment gateway Indonesia telah menyediakan plugin WHMCS yang bisa dengan mudah untuk diintegrasikan dengan website bisnis online kamu. Transaksi bisnis online kamu akan lebih mudah dengan mengintegrasikan payment gateway. Dan jua support dari customer service Duitku yang selalu siap melayani kamu non stop 24/7.

Yuk permudah hidupmu dengan DUITKU!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami 24/7 atau daftar untuk mulai saat ini juga.