Melihat Peluang Bisnis Grocery Online Yang Lagi Booming

Duitku Admin on Mei 1, 2022 in Information

Hampir semua hal kini telah menerapkan digitalisasi. Bahkan, berbelanja kebutuhan sehari-hari (grocery) kini juga bisa dilakukan secara online. Layanan grocery online memudahkan kita untuk memesan kebutuhan sehari-hari seperti sayur, buah, dan berbagai jenis makanan lainnya. Hanya lewat aplikasi yang terhubung dengan akses internet, kebutuhan harian pun bisa terpenuhi tanpa harus ke luar rumah.

Bentuk layanan online grocery ini bersifat on-demand, dimana ada pesanan maka kurir akan mengantarkan dalam waktu yang telah ditentukan untuk menjaga kesegaran. Kini, sudah banyak platform grocery online yang memungkinkan kita untuk terhubung langsung dengan sang kurir.

Peluang Bisnis Grocery Online

Di Indonesia, pangsa pasar bisnis grocery online masih berada di kota besar, khususnya wilayah yang dekat dengan ibu kota. Namun, hal itu tidak menutup kemungkinan bahwa bisnis grocery online akan terus merambah ke daera-daerah lain. Data The Institute of Grocery Distribution ASIA menyatakan bahwa pasar online grocery diprediksi akan tumbuh sebesar 198% di tahun 2023.

Wilayah yang diproyeksikan akan menjadi pusat pertumbuhan pasar grocery online tercepat adalah Asia Tenggara, meskipun nilainya belum sebesar China, Jepang, dan Korea Selatan. Pasar Indonesia diprediksi tumbuh karena dinilai memiliki skala penting bagi pebisnis. Di Indonesia sendiri, konsep grocery online sudah dimulai sejak tahun 2013, di mana muncul brand Seroyamart yang menghadirkan konsep serupa di tengah pasar.

Di tahun berikutnya, muncul berbagai pendatang baru seperti Honestbee, namun cuma bertahan selama 1,5 tahun saja. Sejak saat itu pula, muncul berbagai brand terbaru seperti HappyFresh, SayurBox, Go Mart, Hypermart, hingga Grab Fresh yang kini masih setia melayani masyarakat dengan konsep grocery online. Masing-masing dari mereka juga memiliki dukungan bisnis yang kuat.

Melejit Berkat Pandemi

Berbagai produk yang bisa dijadikan ide bisnis online selama pandemi covid-19 dan juga pandemi tampaknya menjadi berkah tersendiri bagi para pebisnis grocery online. Seperti yang kita tahu, salah satu cara mencegah penularan Covid-19 adalah dengan melakukan physical distancing dan mengurangi aktivitas di tempat umum, salah satunya pasar. Dengan adanya grocery online, kita tidak perlu lagi berdesak-desakan ke pasar atau terpaksa melakukan physical distancing dengan orang lain.

Hadirnya grocery online telah membantu mengurangi mobilitas, yang tentunya berdampak positif pada angka kejadian Covid-19. Mereka yang terpaksa harus melakukan isolasi mandiri pun tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan adanya grocery online.

Beberapa e-commerce juga mulai menambahkan kategori grocery dalam layanan mereka, salah satu contohnya adalah Lazada. Perusahaan lokal seperti Blibli seolah tak mau ketinggalan. Blibli juga menghadirkan konsep grocery melalui Blibli Mart. Melihat fenomena tersebut. proyeksi bisnis online grocery nampaknya akan memiliki nasib yang cerah. Apalagi kebiasaan masyarakat saat ini semakin bergantung pada digital.

Tips Belanja Grocery Online

Dibandingkan harus berbelanja langsung ke pasar, belanja lewat grocery online tergolong praktis dan mudah. Bagi mereka yang sibuk, grocery online bisa menjadi penyelamat dikala semua kebutuhan sehari-hari mulai menipis. Kita juga tidak perlu antri saat berbelanja lewat grocery online.

Cukup pesat lewat aplikasi atau platform khusus, kurir akan siap siaga mengantar semua kebutuhan kita sehari-hari. Namun, agar belanja di grocery online tidak menimbulkan kerugian, kita juga harus menerapkan tips khusus. Berikut tips agar untung saat berbelanja di grocery online :

  1. Pilih market yang terpercaya
  2. Saat berbelanja grocery online, pilih market yang terpercaya agar produk yang kalian beli berkualitas. Untuk mengetahui kredibilitas market tersebut, kalian bisa mengunjungi situs resminya dan melihat testimoni pelanggan.

  3. Beli seperlunya
  4. Saat berbelanja, beli kebutuhan yang benar-benar diperlukan. Jangan membeli sesuatu atas dasar keinginan atau hanya tergoda harga murah s aja. Sebab, hal tersebut hanya akan membuat uang kalian habis sia-sia dan apa yang dibutuhkan justru tidak terpenuhi dengan baik.

  5. Manfaatkan diskon
  6. Saat berbelanja, periksa apakah market grocery online yang kamu tuju menawarkan promo diskon atau potongan harga atas produk yang kamu beli. Manfaatkan hal tersebut untuk penghematan.

  7. Pilih market yang pelayanan berkualitas
  8. Pastikan market grocery online yang kamu pilih juga memiliki layanan berkualitas. Sehingga barang atau produk yang kamu beli bisa tiba tepat waktu dan tidak kurang satupun.

Tips Berbisnis Grocery Online

Melihat peluang bisnis grocery online yang cerah, maka tak heran jika ada banyak orang yang ingin mendalami bisnis tersebut. Jika kamu salah satunya, berikut tips memulai bisnis grocery online:

  1. Perhatikan modal
  2. Saat memulai bisnis apapun, termasuk grocery online, maka kamu harus menghitung jumlah modal yang dibutuhkan. Modal utama saat membuat bisnis grocery online adalah mencari vendor untuk membuat website atau aplikasi untuk menghubungkan kalian dengan pelanggan.

    Sebisa mungkin, cari vendor dengan harga terjangkau namun hasil kerjanya berkualitas. Kamu juga bisa memanfaatkan situs-situs gratis untuk membuat website seperti blogspot atau wordpress. Selain itu juga bisa memanfaatkan media sosial seperti Tiktok Shop untuk terhubung dengan pembeli atau pelanggan.

  3. Cari supplier
  4. Setelah memperhitungkan modal, kamu juga perlu mencari supplier yang mampu menyediakan produk berkualitas dan murah. Hal ini bisa dilakukan dengan survei langsung ke pasar agar tahu kualitas dan harga di lapangan. Setelah menemukan yang cocok, kamu bisa menjadikan supplier tersebut sebagai langganan.

  5. Promosi
  6. Promosi adalah langkah penting ketika kamu ingin berbisnis. Untuk mempromosikan bisnis grocery online yang dibangun, kamu bisa memanfaatkan media sosial. Caranya cukup dengan membuat konten-konten unik untuk memperkenalkan bisnismu.

    Promosi lewat media sosial dapat menjangkau lebih banyak orang dibandingkan dengan promosi konvensional seperti menyebarkan brosur atau flyer. Kamu juga bisa mencoba menarik konsumen dengan menawarkan promo diskon atau gratis ongkos kirim.

  7. Berikan layanan berkualitas
  8. Saat bisnis grocery online mulai jalan, kamu juga harus memberikan pelayanan berkualitas. Pastikan produk yang berikan ke pelanggan adalah produk yang fresh dan berkualitas tinggi. Kamu juga harus mengantarkan produk tersebut tepat waktu agar pelanggan tidak kecewa.

Setelah kamu melakukan tips-tips diatas, tips terakhir adalah dengan menyambungkan website atau aplikasi grocery online kamu dengan sistem payment gateway seperti Duitku. Mengapa demikian? Karena grocery online menyediakan bahan-bahan yang fresh, jadi proses pemesanan, pembayaran sampai pengiriman pun harus diproses secara cepat.

Hal ini sejalan dengan layanan Duitku yang akan memfasilitasi pelanggan website atau aplikasi grocery online kamu dapat berbelanja dan bertransaksi 24/7 dengan mudah. Dengan sistem pengecekan transaksi secara otomatis, maka pesanan pelanggan kamu akan lebih cepat untuk diproses pengirimannya.

Yuk otomatisasi bisnis grocery online kamu dengan bergabung dengan DUITKU!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami 24/7 atau daftar untuk mulai saat ini juga.