4 Cara Memulai Bisnis PPOB

Duitku Admin on Apr 25, 2022 in Information
PPOB (payment point online bank) menjadi salah satu bisnis yang dilirik banyak orang. Bisnis PPOB tergolong menjanjikan karena setiap bulannya kita harus membayar beberapa tagihan seperti internet, telepon, listrik, rumah, air, dan sejenisnya. Pembayaran tagihan tersebut juga tak boleh melewati batas waktu. Jika terlewat dari batas waktu, tentu ada denda yang menanti.
Karena kesibukan sehari-hari, tidak sedikit orang yang harus membayar denda karena keterlambatan pembayaran bahkan sampai menunggak pada bulan berikutnya. Selain itu, harus membayar tagihan satu persatu juga terasa merepotkan. Apalagi jika kita harus menunggu antrian untuk pembayaran di loket. Sebagai solusinya, kini muncul peluang bisnis yang dapat mewadahi pembayaran semua jenis tagihan dalam satu tempat, yang disebut dengan PPOB.

Mengenal Bisnis PPOB

Secara harfiah, PPOB atau Payment Point Online Bank adalah suatu loket mirip bank yang bisa digunakan untuk membayar berbagai jenis tagihan. PPOB adalah sistem layanan pembayaran online yang dioperasikan oleh pengguna seperti PLN, Telkom, PDAM dll dengan bekerja sama dengan bank atau penyedia mitra. Bisnis PPOB bisa dilakukan siapa saja dan dimana saja asalkan kita memiliki modal dan tahu cara menggunakannya.
Modal yang diperlukan untuk bisnis PPOB juga tergolong tidak terlalu tinggi. Anda hanya perlu menyiapkan satu set komputer beserta printer dan koneksi internet. Biaya operasional hanya diperlukan untuk membayar internet bulanan dan stok kertas nota print bukti bayar untuk pelanggan. Karena bisa dijalankan dirumah dan dimana saja tanpa harus memiliki 1 tempat khusus, sehingga tidak ada biaya operasional untuk sewa tempat.
Selain itu, kamu juga perlu deposit saldo untuk membayarkan tagihan pelanggan kamu. Jika saldo sudah habis atau tidak cukup, dengan mudah kamu bisa melakukan deposit ulang. Dalam sistem PPOB, semua komunikasi data dilakukan secara online, transaksi dilakukan secara manual antara pelanggan dengan loket PPOB, dan semua proses dijalankan secara real-time.
Dengan sistem PPOB ini, pengguna dapat dengan mudah melakukan pembayaran tagihan dan menciptakan peluang bisnis baru yaitu loket pembayaran online. Saat ini PPOB tidak hanya diisi oleh PLN, Telkom, dan PDAM, tetapi juga terdapat pinjaman, pembayaran angsuran, TV kabel, asuransi dan Zakat.

Keuntungan Menjalankan Bisnis PPOB

Memiliki pendapatan pasif dengan berbisnis PPOB ini sangat menguntungkan. Berikut diantara keuntungan menjalankan bisnis PPOB yang bisa kamu dapatkan sebagai berikut :

  1. Tidak membutuhkan modal yang besar
  2. Memulai bisnis PPOB bisa dilakukan dengan minim modal. Sediakan HP yang berfungsi sebagai platform transaksi dan melakukan top up saldo. Saldo inilah yang nantinya akan digunakan untuk pembayaran tagihan pelanggan kamu, sehingga tidak akan ada saldo mengendap yang tak bisa dipergunakan.

  3. Lokasi usaha yang fleksibel
  4. Bisnis PPOB tidak harus memiliki lokasi berbentuk fisik, hal ini dikarenakan PPOB bisa dilakukan secara online. Jika membutuhkan tempat pelayanan offline pun, kamu bisa memanfaatkan tempat kamu tinggal, sehingga tidak ada biaya untuk pembayaran tempat usaha. Jangan lupa sediakan banner atau plang di tempat kamu tinggal agar diketahui calon pembeli.

  5. Keuntungan yang konsisten
  6. Setiap bulannya masyarakat selalu membutuhkan pembayaran rutin seperti pembelian token listrik, pembayaran air dan listrik, BPJS sampai cicilan. Sehingga bisnis PPOB akan selalu memiliki pelanggannya disetiap bulannya.

  7. Meningkatkan kondisi finansial kamu
  8. Meskipun komisi yang dihasilkan dari bisnis PPOB ini tidak terlalu besar, akan tetapi jika kamu memiliki semakin banyak pelanggan yang menggunakan jasa PPOB kamu, maka akan semakin besar pengali komisi yang akan kamu dapatkan. Pendapatan kamu berasal dari bonus atau komisi dari setiap transaksi yang dibayarkan oleh pelanggan yang tidak terbatas. PPOB menjadi bisnis yang sangat aman karena bisa menjadi pendapatan sampingan (bukan pendapatan utama) akan tetapi dengan zero risk.

  9. Membantu masyarakat sekitar
  10. Selain mendapatkan keuntungan finansial, bisnis akan menjadi lebih bermakna jika apa yang dilakukan juga dapat membantu masyarakat sekitar yang jauh dari loket pembayaran resmi. Selain itu juga dapat membantu masyarakat yang tidak bisa menjalankan pembayaran transaksinya secara online. Sehingga menguntungkan bagi pemilik dan juga berdampak baik bagi masyarakat.

PPOB Bisa Untuk Pembayaran Apa Saja?

Berikut list pembayaran apa saja yang dapat dibayarkan pada bisnis PPOB :
  • Cek dan bayar tagihan air,
  • Cek dan bayar tagihan listrik pasca bayar,
  • Pengisian token listrik,
  • Cek dan bayar tagihan gas PGN,
  • Cek dan bayar tagihan telepon,
  • Cek dan bayar tagihan internet dan TV berlangganan,
  • Cek dan bayar iuran BPJS Kesehatan,
  • Pengisian pulsa prabayar,
  • Cek dan bayar pulsa pascabayar,
  • Pengisian paket data prabayar dan pascabayar,
  • Pembayaran asuransi,
  • Pembayaran cicilan kartu kredit dan multi finance,
  • Pembelian voucher game,
  • Top up saldo e-wallet dan e-money,
  • Pesan bus dan tiket perjalanan online
Masih banyak lagi yang bisa dibayarkan pada loket PPOB membuat bisnis ini sangat menjanjikan untuk pendapatan pasif kamu. Kamu bisa tetap menghasilkan uang tambahan tanpa mengganggu pekerjaan utama kamu saat ini. Yakin kamu tidak tertarik dengan bisnis PPOB ini?

Cara Kerja PPOB

Cara kerja PPOB bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Jika kamu tertarik menjadi agen PPOB berikut cara kerja sistem PPOB :
  1. Lakukan deposit terlebih dahulu. Dalam deposit biasanya ditetapkan batas minimal nominal yang harus kamu setorkan
  2. Tunggu pelanggan datang untuk melakukan pembayaran tagihannya. Pelanggan cukup menyiapkan nomor ID atas tagihan yang ingin dibayarkan
  3. Pada aplikasi PPOB yang ada di komputer kamu, masukan nomor ID tersebut ke bagian pembayaran atau pembelian. Lalu konfirmasi nama pemilik ID dan jumlah tagihan yang mesti dibayarkan
  4. Sebelum meneruskan proses pembayaran, minta pelanggan melakukan pelunasan terlebih dahulu. Setelah uang diterima, lanjutkan pembayaran melalui sistem
  5. Transaksi dinyatakan selesai saat nota tercetak dan serahkan nota tersebut sebagai bukti bayar ke pelanggan.
Saat kamu melakukan pembayaran di aplikasi PPOB, secara otomatis saldo yang kamu depositkan akan terpotong sesuai dengan jumlah biaya yang pelanggan bayarkan. Jika saldo akan habis, disarankan melakukan deposit ulang sesegera mungkin. Hal ini akan mencerminkan bahwa kamu merupakan loket pembayaran yang profesional dan terpercaya sehingga pelanggan akan kembali di bulan berikutnya untuk membayar tagihannya kembali.

Cara Memulai Bisnis PPOB

Bagi kamu yang tertarik berbisnis PPOB, berikut cara memulainya :

  1. Siapkan Modal
  2. Modal yang diperlukan untuk bisnis PPOB adalah satu set komputer beserta printer dan akses internet. Kamu juga perlu menyiapkan kertas untuk nota pembayaran dan melakukan deposit saldo. Biasanya, deposit awal bisa dilakukan minimal Rp 100 ribu saja. Jika dihitung kembali, modal yang diperlukan tidak terlalu besar. Meski membutuhkan komputer, spesifikasi komputer yang diperlukan juga tidak terlalu tinggi. Anda bisa memanfaatkan komputer bekas yang harganya bisa sekitar Rp 2 hingga 3 juta saja atau laptop yang sudah kamu memiliki sebelumnya.

  3. Menemukan Vendor yang Tepat
  4. Ada banyak vendor yang menawarkan jasa PPOB. Setiap vendor memiliki cara pelayanan dan penggunaan yang berbeda-beda. Kamu tinggal memilihnya sesuai kebutuhan atau yang kamu inginkan. Namun seharusnya mencari vendor dengan layanan yang lengkap dan mudah dioperasikan agar kamu tidak kerepotan nantinya.
    Dengan layanan yang menyenangkan dan cara penggunaan yang mudah, bisnis kamu akan jadi lebih mudah mendapatkan konsumen. Jangan hanya tergiur dari harga yang ditawarkan lebih murah dari vendor lain. Kamu harus benar-benar teliti dan mencari informasi sebanyak mungkin.

  5. Tentukan Lokasi
  6. Meskipun PPOB adalah bisnis online, kamu tetap memerlukan sebuah tempat untuk dijadikan toko atau kios yang melayani para pelanggan. Tak perlu menyewa ruko atau lahan yang besar, kamu bisa memulainya dari satu ruangan di rumah kamu. Jika memang memiliki modal lebih, kamu bisa menyewa ruko dengan lokasi strategis.

  7. Lakukan Promosi
  8. Tanpa promosi dan memperkenalkan usaha kamu, segala jenis bisnis tidak akan berjalan lancar. Termasuk bisnis PPOB ini juga meski berbentuk bisnis online. Salah satu cara promosi yang kini dinilai ampuh menjangkau banyak orang adalah dengan menggunakan media sosial. Kamu bisa memanfaatkan instagram, twitter, facebook, atau membuat website khusus untuk mempromosikan bisnis Kamu.

Tips Menjalankan Bisnis PPOB

Jumlah orang yang tertarik bisnis PPOB semakin banyak. Hal ini tak lain karena bisnis PPOB bisa dijadikan pendapatan pasif Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah melakukan tips dan trik khusus agar bisnis PPOB kamu bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Berikut tips yang bisa kamu lakukan agar sukses dalam bisnis PPOB :

  1. Sering Promosi
  2. Agar kamu bisa mendapatkan perhatian pasar, kamu harus lebih sering melakukan promosi. Promosi bisa dilakukan dengan membuat promosi atau iklan yang menarik dan unik agar bisnis kamu lebih mudah diingat orang. Lakukan promosi secara konsisten sampai mencapai target sukses yang kamu tetapkan.

  3. Perhitungan Modal
  4. Kamu perlu memperhitungkan total modal yang akan kamu keluarkan saat memulai bisnis kecil. Jangan sampai modal yang kamu keluarkan lebih besar daripada keuntungan yang didapatkan. Namun, kamu tidak harus selalu mengambil nominal keuntungan yang besar. Nominal keuntungan kecil asal banyak pelanggan juga bisa mendapatkan profit yang besar.

  5. Sediakan Banyak Opsi Pembayaran
  6. Pastikan layanan PPOB kamu bisa menerima pembayaran dari berbagai produk keuangan. Menyediakan banyak channel pembayaran, pelanggan kamu akan terasa dimudahkan dalam bertransaksi. Dengan cara ini, pelanggan akan lebih merasa nyaman dan puas saat menggunakan layanan kamu.
Di era yang semakin maju ini, sudah seharusnya kita dapat menyesuaikan dengan kebutuhan market. Mendapatkan pendapatan pasif lewat bisnis PPOB juga merupakan salah satu pemanfaatan teknologi yang menguntungkan. Otomasi proses pembayaran customer di PPOBmu dan sediakan pula opsi pembayaran yang beragam pada bisnismu dengan bergabung dengan payment gateway seperti Duitku.
Mengintegrasikan bisnis PPOB-mu dengan Duitku payment gateway akan memungkinkan untuk kamu bisa menerima pembayaran pelanggan baik melalui cara transfer, e-wallet, e-money dan masih banyak lainnya. Ribet? tentu tidak. Dengan Duitku kamu tidak perlu memiliki akun di semua payment channel satu-persatu. Cukup 1 akun Duitku, dan transaksi kamu akan menjadi semakin mudah, cepat dan tentunya aman.
Semua urusan transaksimu, biar DUITKU yang urus!
Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami 24/7 atau daftar untuk mulai saat ini juga.