Mengenal Kartu GPN (Debit Online) dan Keuntungannya

Duitku Admin on Mar 24, 2022 in Information

Istilah GPN (Gerbang Pembayaran Nasional) mungkin sering didengar masyarakat. Logonya tertera di hampir semua kartu debit/kredit yang merupakan suatu sistem pembayaran. GPN sendiri mulai dikenalkan ke publik pada tahun 2017 dan masih sangat eksis sampai sekarang. Nah, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan GPN dan benefit apa yang ditawarkan oleh GPN. Untuk mengenal kartu GPN (debit online) dan keuntungannya Anda bisa menyimak penjelasan berikut.

Apa Itu GPN?

GPN adalah sistem pembayaran yang memudahkan proses transaksi antar bank. GPN menggabungkan berbagai kanal pembayaran menggunakan mekanisme dan aturan tertentu. Tujuannya jelas, yaitu untuk mengintegrasikan kanal-kanal pembayaran secara nasional. Melalui kanal ini maka seluruh transaksi perbankan bisa akan terhubung dan terintegrasi satu sama lain.

GPN merupakan inisiasi dari Bank Indonesia. Sebelum adanya GPN, mesin bayar EDC (Electronic Data Capture) hanya bisa dipakai oleh satu jenis bank yang sama. Misalnya, jika Anda berbelanja barang di supermarket dengan metode non-tunai, maka Anda akan menggesekkan kartu di mesin EDC.

Sebelum GPN diperkenalkan, masing-masing bank punya EDC yang berbeda. Namun setelah GPN diperkenalkan maka pihak merchant cukup menyediakan satu EDC di toko mereka. Sebagai konsumen Anda tak perlu khawatir lagi dengan kendala saat bertransaksi. GPN membuka gerbang pembayaran untuk memudahkan setiap konsumen.

Sejarah Perkembangan GPN Hingga Sekarang

Untuk mengenal kartu GPN (debit online) dan keuntungannya, Anda perlu juga mengetahui sejarah dan perkembangannya. GPN pertama kali dirilis Bank Indonesia pada tahun 2017. Secara legal, GPN diresmikan tanggal 4 Desember 2017 di Jakarta. Landasan hukumnya ada pada peraturan Bank Indonesia No.19/8/PBI/2017, serta peraturan Anggota Dewan Gubernur No.19/10/PADG/2017.

Sistem GPN menyatukan kanal-kanal pembayaran untuk terintegrasi serta saling terhubung. Layanan ini bersifat nasional dan bisa dipakai oleh bank terkait yang memiliki logo GPN. Adanya debit online ini adalah bentuk nyata Lembaga keuangan yang ingin memudahkan proses transaksi di masyarakat. Sebab dengan adanya GPN ini, pembayaran bisa dilakukan secara online, secepat dan semudah seperti menggunakan Visa ataupun Mastercard.

Karena alasan ini, jumlah pengguna GPN semakin meningkat setiap waktu. GPN hadir bukan hanya memberikan pelayanan, tetapi juga memberi solusi atas berbagai kendala transaksi online. Bagi pemilik bisnis, hal ini tentu menjadi keuntungan tersendiri. Sebab, mereka bisa memberi pelayanan terbaik kepada konsumen yang berpotensi meningkatkan penjualan di kemudian Hari.

Perjalanan GPN di Indonesia sudah berlangsung lebih dari 20 tahun. Berbagai kajian terus dilakukan, hingga pada akhirnya ditemukanlah bentuk yang paling ideal di akhir 2017. Dengan adanya GPN, sistem pembayaran yang sebelumnya mengandalkan Visa dan Mastercard yang notabene adalah produk internasional, kini bisa dilokalisasikan dan sudah bersifat nasional. Bank Indonesia sendiri menerapkan aturan bahwa di tahun 2022 ini, masyarakat diwajibkan untuk memiliki kartu ATM berlogokan GPN.

Fungsi Kartu GPN

Pada bagian ini kita akan mengenal kartu GPN (debit online) dan keuntungannya yang dilihat dari segi fungsi. Ada 3 fungsi utama dari sistem pembayaran GPN, diantaranya:

  • Menyederhanakan Transaksi
  • Pertama, proses transaksi jadi lebih sederhana berkat adanya GPN. Ya, pemilik kartu debit kini bisa berbelanja di mana saja secara instan dan juga cepat. Selama EDC support dengan sistem GPN, maka proses transaksi bisa diselesaikan saat itu juga.

  • Menjamin Keamanan Transaksi
  • Kedua, jaminan keamanan saat transaksi lebih terjaga berkat adanya GPN. GPN punya teknologi enkripsi khusus dengan lapisan keamanan tingkat tinggi. Potensi kejahatan oleh pihak tidak bertanggung jawab hampir tidak bisa dilakukan. Sebab, GPN sangat menjamin keamanan nasabahnya dan tetap menggunakan sistem PIN sebagai pelapis keamanan. Kalaupun terjadi penipuan atau kejahatan, mayoritas disebabkan oleh keteledoran pihak individu.

Keuntungan GPN Bagi Konsumen/Masyarakat Umum

Bagian ini akan fokus membahas tentang cara mengenal kartu GPN (debit online) dan keuntungannya dari sudut pandang konsumen/masyarakat umum.

  1. Transaksi yang Efektif dan Efisien
  2. Pertama, konsumen akan mendapat pengalaman bertransaksi yang lebih efektif dan efisien. Teknologi pada GPN menghubungkan kanal-kanal pembayaran pada satu gerbang yang sama. Hal ini jelas memudahkan proses transaksi, dimana Anda bisa berbelanja non-tunai di mana saja dan kapan saja. Selama ATM atau EDC punya logo GPN maka proses transaksi pun bisa dilakukan.

  3. Jaminan Keamanan
  4. Kedua, jaminan keamanan untuk konsumen lebih terjaga berkat adanya GPN. Ingatlah bahwa standar yang dimiliki GPN diawasi langsung oleh bank Indonesia. Jadi, baik protokol atau fiturnya pun tidak akan sembarangan. Data-data rawan milik konsumen akan dilindungi langsung oleh PIN yang bisa disesuaikan sendiri.

  5. Biaya yang Lebih Murah
  6. Karena mengintegrasikan berbagai kanal pembayaran, maka transaksi dengan GPN cenderung lebih murah. Anda yang bertransaksi di EDC berlogo GPN berpotensi menghemat lebih banyak uang. Apalagi, ada potensi mendapat merchant discount rate (MDR) yang bisa memotong tagihan administrasi Anda.

  7. Tidak Terbatas
  8. Terakhir, konsumen bisa memperoleh kesempatan bertransaksi secara tidak terbatas. Jadi, ketika Anda berbelanja dengan nominal besar ataupun kecil, maka sistem akan tetap memprosesnya sesuai permintaan.

Keuntungan GPN Bagi Pelaku Usaha

Kali ini kita akan mengenal kartu GPN (debit online) dan keuntungannya dari segi pelaku usaha. Beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh pelaku usaha antara lain adalah:

  1. Mengefisiensikan Penggunaan Mesin EDC
  2. Pertama, pemilik usaha bisa mengefisiensikan penggunaan mesin EDC. Merchant cukup menyediakan satu EDC saja untuk memproses semua kanal-kanal pembayaran. Meskipun berjumlah satu namun pemilik bisnis bisa memfasilitasi seluruh nasabah dari bank yang berbeda.

  3. Merchant Discount Rate yang Rendah
  4. Ingatlah Bahwa sistem GPN bersifat nasional. Hal ini membuat merchant discount rate-nya lebih rendah, jauh dibanding produk-produk internasional.

  5. Mencegah Risiko Penipuan
  6. Terakhir, upaya penipuan berkedok uang palsu bisa Anda minimalkan. Risiko penipuan semacam ini masih kerap terjadi di masyarakat. Namun berkat adanya GPN yang bersifat digital, celah-celah penipuan lewat uang palsu ini bisa Anda tutup rapat-rapat.

Setelah mengenal kartu GPN (debit online) dan keuntungannya, Anda mungkin tertarik menggunakannya untuk berbagai kebutuhan Bisnis. Nah, untuk mendapatkannya Anda bisa menghubungi perusahaan Duitku.com. Duitku menawarkan solusi pembayaran GPN yang bisa diintegrasikan ke dalam bisnis Anda. Selain GPN, Anda pun bisa menemukan produk payment gateway lainnya dengan penawaran harga yang berkompeten. Info lengkap tentang Duitku bisa di-check langsung di https://www.duitku.com/payment-gateway/.

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami 24/7 atau daftar untuk mulai saat ini juga.