5 Bisnis Online Menjajikan Tanpa Modal yang Cocok untuk Pemula

Duitku Admin on Jan 31, 2022 in Information

Saat ini bisnis online menjadi semakin mudah untuk dilakukan oleh siapa pun. Hal ini berbeda dengan zaman dahulu yang cenderung membutuhkan modal besar. Lokasi fisik pun tidak lagi menjadi satu-satunya opsi setelah masifnya perkembangan bisnis online, baik marketplace dan media sosial.

Kini, perkembangan teknologi yang canggih memungkinan Anda memulai usaha meski tanpa dana. Berikut adalah bisnis online menjanjikan tanpa modal yang cocok untuk pemula:

Dropshipper

Dropshipper merupakan sebutan untuk pelaku usaha dropship yang memasarkan dan menjual barang pada konsumen tanpa perlu menyetok barang dan cukup mengandalkan stok barang dari supplier.

Cara berbisnis online dropship adalah konsumen terlebih dahulu membeli barang yang diinginkannya lalu mentransfer uang dengan nominal yang sesuai harga barang dan mentransfernya ke rekening dropshipper. Kemudian, dropshipper membayar barang kepada supplier sesuai dengan harga dan biasanya biaya tersebut ditambah dengan ongkos kirim.

Salah satu hal wajib yang tidak boleh dilupakan seorang dropshipper internasional adalah pembayaran pajak importir. Meskipun berbasis online, Anda akan tetap dikenakan jenis pajak PPN dan PPh Final. Ketentuan pengenaan PPN itu berlaku untuk dropshipper dengan omzet lebih dari Rp4,8 miliar per tahunnya. Di mana PPN tersebut dipungut setiap kali transaksi dilakukan, baik ketika membeli barang dari produsen dan saat menjualnya kembali kepada konsumen.

Sebagai dropshipper, Anda juga harus mampu mengikuti perkembangan bisnis online dengan segala fitur sehingga bisa memaksimalkan keuntungan dan efisiensi transaksi bisnis.

Penulis Blog atau Website

Bisnis online menjanjikan tanpa modal berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah berbisnis sebagai penulis blog atau website. Profesi yang satu ini kini menjadi pekerjaan yang dipilih oleh banyak orang. Sebab, pekerjaan sebagai penulis umum dilakukan secara lepas (freelance) sehingga Anda dapat bekerja dengan fleksibel di rumah atau berpindah-pindah tempat sesuai dengan yang diinginkan.

Profesi sebagai penulis blog atau website termasuk dalam kategori bisnis online di bidang jasa. Cara kerjanya adalah menulis suatu topik tertentu yang kemudian secara khusus ditawarkan pada satu klien atau menawarkannya kepada berbagai klien yang kontennya sesuai dengan tema tulisan.

Jika kamu serius di dunia penulisan, pertimbangkan juga untuk membuat website portfolio blog sendiri. Kamu bisa mempertimbangkan brand seperti Jagoan Hosting yang menyediakan sarana untuk membuat website pribadi maupun blog.

Jagoan Hosting menyediakan hosting murah yang sudah dibekali dengan sistem manajemen konten (CMS) untuk memudahkan kamu sebagai penulis untuk memiliki website. Bahkan tanpa pengetahun koding, website dapat dibuat hanya dengan drag & drop.

Dengan memiliki website sendiri kamu juga bisa lebih cuan dengan memasang iklan di dalamnya.

Selain penulis blog atau website masih ada banyak sekali jenis profesi penulis yang bisa Anda geluti dalam rangka berbisnis online. Jenis-jenis profesi tersebut di antaranya adalah copywriter, technical writer, dan content writer.

Jasa Media Sosial

Jasa media sosial atau yang kerap disebut sebagai manajemen media sosial adalah rangkaian dan proses menciptakan konsep, penjadwalan, dan analisis konten yang nantinya akan diunggah pada berbagai platform media sosial. Untuk jasa yang satu ini dapat dilakukan sebagai individu dan juga perusahaan.

Apabila Anda memilih bisnis online social media management, maka pastikan mampu menangani berbagai aktivitas media sosial konsumen. Mulai dari membalas komentar, pengembangan strategi, dan strategi pemasaran jangka panjang.

Konsultan

Konsultan adalah pekerjaan yang menyediakan jasa konsultasi untuk bidang-bidang keahlian tertentu, seperti akuntansi, pajak, hukum, pemasaran, dan lain-lain. Jika Anda memilih berbisnis online sebagai seorang konsultan, maka itu harus disesuaikan dengan tingkat pengalaman yang dimiliki. Selain itu, Anda pun perlu menyiapkan cara dan strategi untuk berbisnis di bidang konsultan yang digeluti untuk nantinya diimplementasikan sesuai dengan yang dikehendaki konsumen atau klien.

Saat mengambil langkah berbisnis sebagai konsultan online, Anda dapat memulainya dari klien yang kecil terlebih dahulu sambil memperluas jaringan pasar. Tidak perlu khawatir akan nasib usaha Anda untuk jangka panjang, sebab konsultan telah dikenal sebagai pilihan bisnis yang berpeluang memiliki profit tinggi.

Contoh bidang bisnis konsultan yang dapat Anda jadikan usaha adalah jasa konsultasi untuk perusahaan teknologi informasi, periklanan, pemasaran, manajemen risiko, manajemen sumber daya manusia, dan lain-lain. Lalu, untuk bisa menciptakan strategi yang tepat, Anda selaku konsultan harus melakukan riset terlebih dahulu. Dengan begitu, Anda bisa memberi insight untuk seluruh aspek, baik itu dalam pengetahuan, bisnis, dan alat yang berfungsi untuk mengevaluasi hasilnya.

Nah, sebagai konsultan online Anda dapat bekerja di mana pun dan kapan pun. Namun, sebelum menjadi konsultan online pastikan Anda mengetahui bidang yang digeluti dan rajin memperbarui ilmu yang berkaitan dengan dunia digital dan dapat mengikuti tren sesuai dengan perkembangan zaman.

Jasa Membuat Situs

Terakhir, bisnis online lainnya yang dapat dilakukan tanpa modal dan hanya mengandalkan jasa yang ditawarkan adalah jasa pembuatan website. Saat ini ada banyak sekali orang yang menggunakan internet untuk mendapat informasi dan hal itu yang mendorong bisnis atau perusahaan memiliki websitenya sendiri.

Membuat website bukan hal yang dapat dilakoni oleh semua orang. Tidak sedikit yang merasa bingung dan hanya ingin cara praktisnya saja. Oleh karena itu, hal ini dapat dimanfaatkan untuk Anda yang mempunyai skill membuat website.

Bisnis online yang satu ini mempunyai peluang mendapat banyak profit. Sebab, rata-rata satu website dibandrol dengan harga mulai dari 500 ribu rupiah hingga puluhan juta. Harga tersebut sesuai dengan fitur-fitur yang ditawarkan, seperti desain, jumlah halaman, statistik website, dan lain-lain.

Itu tadi sejumlah ide bisnis online tanpa modal yang cocok untuk pemula bisnis online. Jadi, ide bisnis mana yang akan Anda jalankan?

Jika Anda memilih usaha sebagai penyedia jasa pembuatan website, maka agar bisnis semakin komplet ada satu fitur yang tidak boleh ketinggalan, yaitu payment gateway. Sebab, adanya layanan payment gateway akan mempermudah segala proses pembayaran pada website dan Anda pun dapat lebih berfokus pada urusan bisnis yang lain.

Dengan payment gateway, Anda juga dapat menyediakan berbagai metode pembayaran untuk permudah transaksi konsumen. Satu payment gateway yang telah terdaftar di Bank Indonesia adalah Duitku. Metode pembayaran Payment Gateway Duitku menjadi win-win solution untuk kedua belah pihak, baik konsumen dan juga Anda selaku pemilik bisnis. Harga transaksi kaki lima dengan service bintang lima juga menjadi point plus payment gateway yang satu ini.

Duitku juga menyediakan berbagai macam metode pembayaran, mulai dari e-Wallet, QRIS, kartu kredit, virtual account, sampai dengan pembayaran melalui gerai retail. Yuk, segera integrasikan bisnis online Anda dengan Payment Gateway Duitku dan dapatkan manfaat, kemudahan dan kenyamanan transaksi bisnis demi keuntungan yang optimal.

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami 24/7 atau daftar untuk mulai saat ini juga.