Kembangkan Bisnis Melalui Instagram Paid Promote

Maryanto Saputra on Sep 20, 2021 in Information

Pernahkan kalian mendengar istilah tentang “Paid Promote” ? Paid Promote atau promosi berbayar adalah strategi memasarkan produk melalui pihak ketiga yang memiliki banyak followers. Mudahnya, dengan mempromosikan produk ke pihak ketiga, harapannya dari followers-nya ada yang tertarik untuk lebih mencari tahu atau membeli langsung produk yang ditawarkan. Konsep paid promote sudah dikenal semenjak zaman Twitter hingga kini ramai dimanfaatkan di Instagram.

Hal yang dilakukan sebelum menggunakan paid promote :

Kelola akun dengan baik.

Buatlah tampilan social media atau platform bisnis kalian se-menarik mungkin, mulai dari foto profil, deskripsi, dan informasi lainnya. Kalau di Instagram, buatlah tampilan feed Instagram kalian semenarik mungkin. Penyajian konten & visual yang menarik membuat para followers penasaran dengan bisnis kalian.

Pahami Target Market.

untuk yang satu ini memang perlu satu sesi ‘khusus’ karena rumitnya karakteristik audiens yang jelas unik satu sama lain. Sebenarnya objective yang perlu dipenuhi adalah bisa mencari tahu satu benang merah yang menyatukan audiens dengan karakteristik yang variatif tersebut untuk menjadi target audience yang tepat. Yang bisa kamu lakukan adalah memetakan dengan jelas karakteristik target audience yang potensial. Cari informasi sebanyak-banyaknya dengan mengkategorikan gender, usia, tempat tinggal, minat, hobi dan lainnya. Dengan pemetaan ini, selain bisa mempermudah pembuatan konten, pemilihan KOL pun bisa dilakukan dengan tepat.

Mencari Pihak Ketiga Yang Tepat.

Sekarang “apa saja bisa dijual” termasuk followers. Nah, pastikan pihak ketiga yang akan kalian ajak untuk Kerjasama memang memiliki pengaruh yang berarti. Jumlah followers yang tinggi tidak menjamin keasliannya. Hal yang bisa kamu lakukan adalah melihat interaksi antara pihak ketiga dengan audiencenya, melihat interaksi di konten yang mereka buat.

Promosi di waktu yang tepat.

Setelah Anda menemukan akun publik yang cocok, silakan tanyakan kapan jam post terbaik yang direkomendasikan pemilik akun publik. Biasanya waktu ramai dilihat ada pada Golden Time atau jam-jam berikut:

  • Jam 12.00 – 14.00
  • Jam 17.000 – 18.00
  • Jam 19.00 – 20.00

Selain jam tayang posting, Anda juga harus menentukan hari yang tepat. Sebagai contohnya, maksimalkan hari Jumat, Sabtu dan Minggu untuk paid promote. Promosilah lebih sering di hari-hari weekend karena biasanya orang-orang punya waktu senggang lebih banyak.

Gunakan Gambar atau Video Yang Menarik sebagai Media Promosi.

Jadi sebelum kalian menggunakan jasa paid promote, pikirkan dulu konten seperti apa yang ingin dipromosikan. Semisal kalian ingin paid promote di Instagram, maka visual konten menjadi kunci keberhasilan.
Jangan gunakan gambar yang biasa saja atau kualitasnya rendah.
Gunakan gambar yang menarik, mengundang perhatian dan berpotensi viral. Minimal, enak dilihat. Kalau bukan dengan foto/gambar, Anda juga bisa menggunakan video untuk promosi. Tapi perlu diingat, video untuk paid promote juga harus mengundang perhatian.

Beri Caption Yang Menarik.

Jangan sepelekan caption. Ini bisa jadi pelengkap foto/video yang akan kalian gunakan untuk paid promote. Gunakan story telling agar bisa menjual dengan cara yang halus & elegan.

Gunakan Hashtag Tertarget.

Ketika orang mencari sebuah produk, misalnya makeup, biasanya akan muncul hastag #skincare. Kalau orang tersebut klik #makeup dan muncul produk makeup, maka mereka akan melihat postingan tersebut. Dengan penggunaan hastag yang tepat dan tertarget, sebuah postingan bisa masuk ke hasil pencarian Instagram atau bahkan masuk TOP POST dan akhirnya postingan tersebut bisa dilihat lebih banyak orang.

Jadi, Paid promote merupakan salah satu cara untuk mempromosikan produk dengan memanfaatkan akun pihak ketiga yang memiliki banyak pengikut. Dibandingkan Endorse ke selebgram atau artis, paid promote bisa dilakukan dengan biaya yang sangat minim. Bahkan tak jarang, hanya dengan memberikan produk kita secara Cuma-cuma saja, kita sudah bisa melakukan paid promote tergantung dari akun yang kita pilih.

Untuk kamu yang punya website online sendiri, kamu dapat memudahkan customer melakukan transaksi pembayaran dengan layanan payment gateway. Sekarang, customer dapat menyelesaikan proses checkout mereka 24/7 dengan berbagai metode pembayaran sesuai kenyamanan mereka. Tentunya, jangan lupa memilih Payment Gateway yang sudah berizin dari Bank Indoneisa seperti DUITKU. Urusan transaksimu, biar DUITKU yang urus!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami 24/7 atau daftar untuk mulai saat ini juga.