7 Plugin WordPress Untuk Bantu Jualan Online

Duitku Admin on Jun 10, 2022 in Information

Seiring kemajuan teknologi, membuat jualan di toko online kini bukan lagi hal yang sulit. Ada banyak plugin WordPress menarik yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat toko online. Sayangnya, tidak semua orang tahu bahwa WordPress menawarkan banyak fitur menarik yang berguna untuk pembuatan toko online.

Hal yang perlu kamu lakukan hanyalah menginstal dan melakukan beberapa pengaturan. Meski demikian, kamu juga perlu memilih plugin yang cocok untuk kebutuhan toko online yang akan kamu bangun. Pemilihan plugin yang cocok tidak bisa kamu sepelekan. Sebab, salah memilih plugin bisa berakibat serius pada potensi penjualan yang dihasilkan lewat website.

Plugin WordPress Untuk Jualan Online

Ada banyak plugin WordPress yang berguna untuk membangun toko online. Kamu hanya perlu memahami cara menginstal dan melakukan pengaturan. Beberapa plugin WordPress yang bisa kamu gunakan untuk membantu kamu jualan online antara lain:

  1. WooCommerce

  2. WooCommerce adalah plugin e-commerce yang bersifat open source. Plugin ini diluncurkan pada tanggal 27 September 2011. WooCommerce banyak disukai pebisnis online karena menawarkan sejumlah kelebihan berikut :

    • WooCommerce gratis, dan perangkat lunak WordPress yang mendasarinya juga gratis.
    • WooCommerce bersifat open source sehingga siapapun dapat login, memodifikasi, atau memperluas kode.
    • WooCommerce user friendly sehingga bisa digunakan oleh siapa saja.
    • WooCommerce berfungsi di semua perangkat.

    WooCommerce juga menawarkan add-ons premium seperti plugin, ekstensi, tool keamanan, dan tema yang bisa diintegrasikan ke toko WooCommerce untuk meningkatkan fungsionalitasnya.

  3. Ecwid Ecommerce Shopping Cart

  4. Ecwid E-commerce Shopping Cart adalah platform e-commerce yang dikelola untuk menjual produk secara online. Plugin memiliki pengaturan yang mirip dengan WooCommerce. Namun, Ecwid E-commerce Shopping dapat digunakan di situs web mana pun, bukan hanya WordPress (termasuk Facebook, Instagram, Wix, Joomla, dan Weebly, antara lain).

    Plugin ini bersifat gratis dan fungsionalitasnya cukup untuk toko kecil dengan maksimal 10 produk. Untuk meningkatkan fungsionalitasnya, kamu juga bisa beralih ke paket berlangganan berbayar, dengan harga mulai dari US$ 15 per bulan.

  5. BigCommerce

  6. BigCommerce adalah plugin gratis yang mendukung kebutuhan perdagangan backend situs dan menggunakan WordPress untuk desain dan konten situs kamu. BigCommerce menyediakan fungsionalitas perdagangan yang lebih canggih dan memberikan pilihan desain yang menarik. Plugin ini menawarkan hosting web, integrasi payment gateway (termasuk solusi pajak, solusi pemasaran email, dan sejenisnya), dukungan pelanggan 24/7 melalui chat, telepon atau email.

    BigCommerce kini tersedia untuk pengguna WordPress dengan versi beta developer awal. Biasanya, plugin ini digunakan untuk toko online skala besar karena memiliki fitur pengelolaan multi channel dari satu control panel. Plugin ini juga mendukung trafik dan volume pesanan yang tinggi serta katalog yang lengkap.

  7. Easy Digital Downloads

  8. Jika kamu berencana menjual produk digital seperti ebook, buku audio, dan file PDF lainnya, Easy Digital Downloads merupakan plugin WordPress yang ideal untuk kebutuhan kamu. Meskipun WooCommerce menawarkan fungsionalitas yang ditargetkan untuk produk digital dan fisik, Easy Digital Downloads diciptakan khusus untuk memfasilitasi penjualan produk digital.

    Plugin ini disukai banyak orang karena gratis dan menyediakan akses ke fitur-fitur seperti manajemen pelanggan, kode diskon, dan manajemen keranjang belanja. Jika ingin mendapatkan fitur tambahan atau meningkatkan fungsionalitasnya, kamu bisa beralih ke paket berbayar dengan harga mulai, US$ 99 per tahun.

  9. Cart66 Cloud

  10. Daya tarik Cart66 Cloud tidak terletak pada backend teknis yang rumit tetapi pada pengalaman front-end yang dapat diakses oleh mereka yang ingin memulai toko online tetapi tidak memiliki pengalaman dalam pengembangan web. Sebagian besar fungsi e-commerce yang diperlukan sudah ada di dalam plugin ini sehingga tidak perlu membeli ekstensi lebih untuk meningkatkan fungsionalitasnya. Cart66 Cloud cukup fleksibel untuk digunakan dalam berbagai pembayaran online yang seperti mengumpulkan donasi, menjual produk, membuat pembayaran berlangganan, dan banyak lagi.

  11. Jigoshop eCommerce

  12. Jigoshop e-Commerce adalah salah satu plugin open source yang dikembangkan untuk memudahkan pembuatan situs toko online. Plugin ini memiliki banyak fitur yang dibangun di atas fungsionalitas dasar proses sehingga mampu memberikan kinerja dan kemampuan penyesuaian yang maksimum. Jigoshop eCommerce memungkinkan toko online kamu memiliki kontrol penuh atas setiap aspek perdagangan dan sangat ideal untuk pemula yang belum terlalu berpengalaman dalam hal pengembangan web.

    Plugin ini diluncurkan pada tahun 2011. Jigoshop eCommerce adalah plugin e-commerce WordPress pertama yang dipasarkan. Sama seperti WooCommerce, kamu dapat menggunakannya untuk menjual berbagai produk digital dan fisik. Jigoshop gratis untuk digunakan dengan tema dan ekstensi berbayar yang tersedia.

  13. WP EasyCart

  14. WP EasyCart dibuat untuk orang-orang dengan kebutuhan sederhana, yang ingin meluncurkan toko online tanpa harus menghabiskan banyak uang atau waktu untuk mempercepat pengembangan web WordPress. Plugin ini menawarkan konfigurasi yang cepat dan tool yang mudah dipahami oleh siapapun.

    Selain gratis, kamu juga bisa memilih paket premium tahunan untuk mengakses fitur yang lebih canggih seperti Quickbooks yang berguna untuk bookkeeping. Plugin ini memiliki tampilan antarmuka yang simpel, juga mendukung untuk penjualan produk digital dan fisik. Kamu juga bisa menggunakan plugin ini untuk pengumpulan donasi.

Cara Memilih Plugin WordPress

Sebelum memilih plugin dan ekstensi yang akan mendukung toko online, kamu harus membangun fondasi yang kuat untuk situs web WordPress kamu terlebih dahulu. Ada dua elemen penting yang tidak boleh dilupakan saat memilih plugin, berikut elemen tersebut:

  • Kinerja
  • Secara teknis, kamu bisa membuat website toko online dengan memilih paket yang murah. Namun, plugin gratis biasanya memiliki kecepatan halaman yang buruk. Padahal, kecepatan halaman merupakan komponen penting dalam penjualan online.

  • Sertifikat SSL.
  • Seperti yang disebutkan, toko online memproses informasi pribadi dan keuangan, sehingga keamanan WordPress yang kuat adalah suatu keharusan. Sertifikat SSL menyediakan enkripsi yang berfungsi sebagai pengaman data antara host web dan server web.

Kemudian, untuk melengkapi website atau aplikasi jualan online kamu yang berbasis WordPress tersebut, kamu dapat menghubungkannya dengan payment gateway. Salah satu keuntungannya adalah website online kamu akan dapat menerima pembayaran dengan berbagai metode pembayaran seperti transfer bank, e-wallet, kartu kredit, pay later, hingga pembayaran melalui gerai retail. Salah satu payment gateway yang memiliki plugins untuk website berbasis WordPress di Indonesia adalah Duitku.

Hubungkan dengan cepat dan mudah sehingga memberikan fasilitas kepada customer kamu untuk berbelanja di websitemu! Apapun transaksinya, DUITKU jawabannya!

Siap untuk transaksi pertama?
Hubungi customer service kami setiap hari di jam 08.00 - 24.00 WIB atau daftar untuk mulai saat ini juga.